Berantas SMS Penipuan yang Menggunakan Provider Indosat Ooredoo

Pernah menyebarkan nomor handphone di dunia maya? Baik untuk aktivitas jual beli online, profil di jejaring sosial, atau bahkan open milist. Kalau sudah seperti itu biasanya jadi target sms penipuan.

Tidak hanya berupa sms terkadang penipu nekat menelpon dengan mengatasnamakan keluarga, kepolisian, rumah sakit, dan macem-macem teknik penipuan yang dilancarkan.

Kalau sekarang ini beli kartu perdana atau simcard sudah diharuskan menggunakan KTP. Kalau dahulu seseorang bisa aktivasi sendiri, memasukan nomor identitas KTP, SIM, atau Passport palsu juga tidak akan dicek.

Baca juga: Cara Gratis Menggunakan SSL Berbayar

Belum lama ini saya pergi ke counter jual beli pulsa dekat rumah. Ternyata kalau Anda beli kartu perdana atau simcard baru maka diperlukan data seperti KTM, SIM, Passport, atau identitas diri lain seperti Kartu Pelajar.

Jadi Anda tidak lagi bisa melakukan aktivasi kartu simcard baru sendiri lagi. Hanya penjual kartu perdana atau simcard-lah yang dapat melakukannya. Regulasi ini cukup mengurangi sms-sms sampah dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Cara Kirim SMS di Android Melalui PC

Bayangkan dahulu mungkin Anda juga merasakan. Sehari bisa mendapatkan sms hingga lima, tujuh, sepuluh sms-sms sampah. Isinya mulai dari penawaran kartu kredit, pinjaman, asuransi, undian menang hadiah, papa minta pulsa, dan macem-macem. Hadeh. Kalau email enak bisa report to spam, terus langsung masuk ke folder atau kotak spam.

Kalau SMS bagaimana cara melaporkan ke providernya? Jika Anda menggunakan Indosat Ooredoo. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melaporkan sms penipuan tersebut:

Langkah-langkah untuk Melaporkan SMS Penipuan ke Pihak Indosat Ooredoo

1. Menghubungi Pihak Indosat Ooredoo Melalui Email

Menghubungi Pihak Indosat Ooredoo Melalui Menu Website Hubungi Kami Terkait SMS Penipuan

Menghubungi pihak Indosat Ooredoo melalui menu website resmi Hubungi Kami terkait sms penipuan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melaporkan sms penipuan yang masuk ke HP Anda, yaitu melalui menu hubungi kami yang tertera pada menu di website resmi Indosat Ooredoo.

Anda perlu memasukan data-data identitas diri Anda seperti nama, alamat, email, dan seterusnya. Jangan lupa pada bagian subjek isikan “Lapor SMS Penipuan” dan sertakan isi sms penipuan pada pesan.

Atau bisa juga melalui email berikut ini: [email protected]

2. Melaporkan SMS Penipuan Melalui *123*262#

Laporkan SMS yang berisikan penipuan melalui *123*262#

Laporkan SMS yang berisikan penipuan melalui *123*262#

Cara berikutnya yaitu Anda bisa melaporkan sms-sms sampah yang berisikan penipuan melalui *123*262# tinggal Anda ketik saja nomor tadi seperti Anda ingin menelpon seseorang atau cek pulsa di *388#.

Setelah Anda memasukan nomor *123*262# selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan nomor si penipu. Setelah itu Anda akan mendapatkan SMS dari pihak Indosat dengan nomor 262.

Isi pesannya yaitu “Untuk tindak lanjut laporan Anda, kirimkan isi pesan sms yang Anda laporkan ke 262. Untuk membatalkan pelaporan SMS ke 262 dan ketik RESET. Terima kasih“.

Baca juga: Mengambil nomor 3 three yang hilang

Balas SMS ke 262 yaitu berisi SMS dari sang penipu agar laporan Anda ditindak lanjuti oleh Indosat Ooredoo, tinggal Anda lakukan forward ke nomor 262 saja isi sms yang Anda terima.

Setelah laporan diterima, Anda akan mendapatkan pesan balasan yang berisi “Pelanggan Yth. Terima kasih atas laporan yang Anda sampaikan dan selanjutnya akan kami tindak lanjuti”.

3. Gabung di ICity Indosat Ooredoo untuk Melaporkan SMS Penipuan

Manfaatkan komunitas online Icity Indosat Ooredoo

Manfaatkan komunitas online Icity Indosat Ooredoo

Informasi terkait hal serupa bisa dapat Anda laporkan melalui komunitas online ICity Indosat Ooredoo. Jika Anda memiliki saran, ide, atau solusi terkait layanan Indosat. Anda bisa sampaikan pada forum online ICity Indosat Ooredoo.

Anda bisa bergabung dan mendaftarkan diri di sana. Jika Anda menjadi member yang aktif dan banyak memberikan postingan bermanfaat. Anda bisa menjadi member Terasyik atau member Pemberi Solusi. Id member yang masuk kategori tadi akan dipampang pada halaman depan forum ICity Indosat Ooredoo.

Demikian ketiga cara yang dapat Anda lakukan untuk melaporkan sms-sms yang berisi penipuan ke pihak operator. Semoga bisa menjadi solusi untuk Anda. Baca tips lainnya seputar smartphone Android di halaman berikut.

Artikel lainnya yang mungkin Anda suka:

  1. Cara Mengetahui Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) Melalui Search Engline Google
  2. Bagaimana Cara Unprotect Worksheet Excel yang di Password
  3. Pindahkan Media WhatsApp Ke SDCard
  4. Tingkatkan Keamanan Gmail Anda Sekarang Juga
  5. Melindungi Gambar di WhatsApp dari Para Pengintip
  6. Simpan Banyak Password Pakai LastPass Aja
  7. Tips Agar Alamat Email Bisa Dipergunakan Sepanjang Usia Anda
  8. Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan
  9. Cara Mengatasi Peringatan Deteksi Virus Palsu
  10. Mode Incognito Tidak Menjadikan Anda Anonim

Apakah tulisan tentang tips melaporkan sms penipuan ini bermanfaat untuk Anda? Jika iya, mohon bantu sebarkan tulisan ini melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path untuk teman-teman Anda.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Situstarget.com (The Target Community)? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Gratis. 🙂