Beberapa Software Perencanaan Keuangan yang Dapat Membantu Anda dalam Mengelola Keuangan, baik untuk Pemula Hingga Mahir

Suatu keberhasilan bisa dicapai karena adanya perencanaan yang matang. Jika Anda ingin berhasil dalam hal finansial, tentu Anda harus membuat perencanaan sejak dini.

Perencanaan keuangan dapat Anda lakukan dengan menetapkan target terlebih dahulu, misalnya target pensiun. Setelah mengetahui target, Anda baru menetapkan jumlah uang yang harus ditabung atau diinvestasikan tiap bulannya.

Baca juga: Tempat Beli Emas Batangan yang Terpercaya

Kemudian, Anda mencatat uang yang masuk dan uang yang keluar, agar arus keuangan dapat dikontrol dengan lebih mudah. Saat ini, Anda bisa dibantu oleh software perencanaan keuangan untuk mengelola finansial dengan lebih mudah dan praktis.
Berikut ini adalah software perencanaan keuangan yang bisa Anda operasikan melalui komputer, laptop, dan ponsel pintar.

Aplikasi Perencanaan Keuangan #1 : Money Lover-Money Manager

Ingin aplikasi perencana keuangan yang lengkap tapi mudah digunakan? Aplikasi Money Lover-Money Manager bisa menjawab kebutuhan Anda tersebut.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk telepon seluler berbasis Android, Windows Phone, dan iOS, serta dapat Anda operasikan melalui komputer atau laptop. Untuk mengunduh aplikasi ini, silakan berkunjung ke moneylover.me.

Di website tersebut akan tersedia tautan untuk mengunduh aplikasi sesuai sistem operasi dari komputer dan gawai Anda. Aplikasi yang didesain dengan warna dominan hijau-putih dan berlogo celengan babi ini, memudahkan Anda untuk mengatur transaksi saat ini dan masa depan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat kembali transaksi dari bulan-bulan sebelumnya. Transaksi yang Anda catat akan digolongkan menjadi utang dan piutang, pengeluaran, dan pemasukan.
Baca juga: Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Masing-masing jenis transaksi tersebut akan dibagi lagi menjadi bermacam-macam kategori. Misalnya transaksi pengeluaran terdiri dari makanan & minuman, transportasi, tagihan, dan sebagainya.

Keberadaan kategori ini memudahkan Anda untuk mencatat transaksi dengan detail. Selain kategori, Anda juga bisa menambahkan keterangan untuk tiap transaksi, seperti cara pembayaran berupa uang tunai atau melalui rekening bank, nama orang yang bertransaksi dengan Anda, dan jenis kegiatan/acara.

Semua transaksi dapat Anda catat menggunakan bahasa dan mata uang yang Anda inginkan. Selain fitur pencatatan transaksi, aplikasi ini juga menawarkan fitur grafik.

Fitur ini akan menampilkan grafik pengeluaran, pemasukan, dan pemasukan bersih dari periode yang Anda tentukan.

Baca juga: Ingin menjalankan bisnis bersama teman, perhatikan hal-hal berikut ini dulu!

Dengan melihat grafik, Anda akan mengetahui progres dari pengelolaan keuangan Anda. Ada juga fitur anggaran yang membatasi pengeluaran Anda untuk tiap kategori transaksi. Jika pengeluaran Anda telah melewati anggaran yang ditetapkan, akan muncul pengingat.

Fitur yang tidak kalah menarik adalah fitur tabungan. Fitur ini berguna untuk merencanakan tabungan masa depan, misalnya tabungan pendidikan atau tabungan pensiun.

Selain itu, ada fitur acara yang memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah uang yang Anda keluarkan untuk suatu acara tertentu.

Masih banyak fitur lain yang memperlengkapi aplikasi ini, seperti pengingat tagihan, kurs mata uang, pencarian ATM dan bank terdekat, penghitungan suku bunga, dan kalkulator tip.

Benar-benar aplikasi yang lengkap namun tetap mudah digunakan oleh Anda yang awam dengan dunia keuangan.

Aplikasi Perencanaan Keuangan #2 : AceMoney Lite

AceMoney Lite pada dasarnya adalah aplikasi yang memiliki fungsi serupa dengan Money Lover-Money Manager. Bedanya, aplikasi ini hanya dapat dioperasikan di komputer atau laptop, baik dengan sistem operasi Windows maupun Mac.

Aplikasi ini juga lebih cocok untuk mengatur keuangan rumah tangga dan usaha kecil. Dengan menggunakan AceMoney Lite, Anda bisa membuat laporan keuangan dengan mudah tanpa harus memahami teori tentang akuntansi.

Laporan keuangan dapat ditampilkan dalam bentuk statistik dan diagram, untuk memudahkan Anda melihat kinerja keuangan.

Jenis transaksi dan kategori yang tersedia pun jauh lebih lengkap daripada Money Lover, yaitu sejumlah 100 kategori, sehingga pencatatan transaksi Anda akan menjadi lebih detail dan spesifik.

Baca juga: Tips Investasi Dinar Emas untuk Pemula

Selain itu, ada juga fitur untuk menghitung investasi yang Anda miliki, seperti saham. Sama seperti Money Lover, AceMoney Lite juga memiliki fitur pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai tagihan rutin yang harus dibayar saat jatuh tempo.

Anda juga dapat menetapkan anggaran untuk tiap kategori transaksi, agar pengeluaran dapat lebih terkontrol. Meskipun fiturnya lebih lengkap, ukuran perangkat lunak ini cukup ringan, yaitu hanya sebesar 3,66 MB.

Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi website http://www.mechcad.net/. Perangkat lunak ini juga tersedia untuk versi profesional, yang bernama AceMoney (tanpa Lite).

Perbedaan pada versi berbayar hanya terdapat pada jumlah akun yang dapat dibuat. Untuk versi gratis, jumlah akun hanya dibatasi sebanyak 2 buah.

Aplikasi Perencanaan Keuangan #3 : Uang Ku-Expense Tracker

Aplikasi buatan produsen Indonesia ini cukup diminati oleh masyarakat, terbukti dari rating di Google Playstore yang bagus dan sering direkomendasikan oleh berbagai situs.

Aplikasi ini hanya bisa diunduh oleh ponsel dengan sistem operasi Android. Ukurannya sangat ringan, hanya sekitar 3 MB, sehingga tidak memberatkan kinerja ponsel Anda.

Desain aplikasi dibuat simpel dan user friendly, sehingga Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menjadi terbiasa.
Karena merupakan aplikasi buatan Indonesia, tentu Anda bisa mencatat transaksi dengan bahasa Indonesia dan menggunakan mata uang Rupiah.

Baca juga: Anda Ingin Investasi Emas? Hati-Hati Emas Palsu!

Tidak hanya itu saja, beberapa fitur juga diciptakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Misalnya saat Anda mencatat pembelian pulsa, pada aplikasi sudah terdapat pilihan operator pulsa yang ada di Indonesia sehingga Anda tinggal memilih.

Selebihnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara Uang Ku dengan dua aplikasi sebelumnya. Tetap ada fitur pencatatan transaksi, fitur untuk menetapkan anggaran pengeluaran, dan fitur pengingat tagihan saat jatuh tempo.

Dengan menggunakan ketiga software perencanaan keuangan di atas, kini kegiatan mengelola finansial tidak lagi sulit dan bisa dilakukan oleh semua kalangan. Semua orang bisa mencapai keberhasilan finansial dengan merencanakan keuangannya sejak dini. Asal ada niat, Anda pasti bisa!