Saat Work From Home, saya jarang menggunakaan internet dari HP, lebih sering menggunakan internet dari modem Mi-Fi dengan kartu Tri. Kebetulan internet Tri di tempat saya sinyal dan kecepatannya lebih baik daripada Telkomsel.

Awal bulan WFH, saya lupa mematikan paket data di iPhone, saat dicek pulsa Telkomsel terkuras habis. Di bulan kedua, akhirnya saya memutuskan untuk mematikan fitur mobile data.

Anehnya saat dicek pulsa Telkomsel tetap berkurang. Padahal tidak ada layanan konten berbayar maupun NSP yang diaktifkan pada nomor tersebut.

Alhasil saya telepon ke CS Telkomsel dan melakukan Googling, berikut ini beberapa cara mengatasi pulsa yang tersedot otomatis untuk kartu Telkomsel:

1. Lupa Mematikan Mobile Data

Salah satu kekurangan dari Telkomsel yaitu saat mobile data di HP aktif, meskipun kamu tidak memiliki kuota atau paket data internet, pulsa akan tersedot otomatis.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, paket internet Telkomsel harganya juga mahal. Kalau kamu lupa beli kuota internet, maka akan ada potongan sebesar Rp120/20 KB. Isi pulsa Rp. 100.000,- bakal lenyap tanpa terasa.

Apa lagi kalau kamu menggunakan aplikasi yang berjalan dibelakang otomatis seperti WhatsApp, Facebook, dst. menggunakan pulsa reguler, siap-siap semua pulsa bakal lenyap seketika.

Kalau kamu lebih sering menggunakan WiFi, jangan lupa matikan fitur mobile data. Lakukan juga poin ketiga ya!

2. Konten Berbayar dan NSP

Penyebab lain mengapa pulsa Telkomsel terpotong otomatis adalah karena kamu menggunakan konten berbayar dan NSP.

NSP adalah layanan berbayar yang mempersonalisasikan nada tunggu nomor Telkomsel kamu dengan lagu tertentu, kalau standarnya kan cuma Tut… Tut… Tut… Nah kalau pakai NSP diganti dengan lagu-lagu hits gitu.

Nah kalau konten berbayar jenisnya banyak, misalnya saja SMS tausiah harian, ramalan zodiak, dst. Setiap kali menerima SMS, pulsa akan terpotong otomatis atau bisa juga bayarnya bulanan.

Cara memberhentikan konten berbayar atau NSP ini, dengan melakukan panggilan dengan kode USSD berikut *121*9#. Untuk memastikan semua konten berbayar telah dinonaktifkan, kamu juga bisa telepon ke CS Telkomsel.

3. Sewa GPRS Telkomsel

Meskipun kamu mematikan fitur mobile data, tetapi tidak mematikan fitur sewa GPRS Telkomsel. Pulsa tetap akan terpotong otomatis. Pada kasus saya yang terjadi adalah dipoin ketiga ini, yaitu tidak mematikan fitur GPRS Telkomsel.

Hilangnya tidak banyak sekitar Rp. 100 (seratus perak) tetapi setiap hari! Jadi ya bakal berkurang terus pulsanya meskipun saya tidak menggunakan layanan internet dari Telkomsel, tidak pakai SMS, maupun telepon.

Nah cara mematikan fitur GPRS Telkomsel ini mudah, tinggal masukkan kode USSD *363*212# dan lakukan panggilan. Setelah fitur sewa GPRS Telkomsel ini dinonaktifkan. Pulsa tidak akan terpotong otomatis lagi.

Namun perlu diingat, kalau kamu ingin menyalakan paket internet kembali, maka fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu atau paket internet tidak akan bekerja seperti sedia kala. Aktifkannya dengan menekan kode UUSD berikut *363*213#.

4. Cek Daftar Riwayat Transaksi di MyTelkomsel

Aplikasi yang wajib diinstal untuk pengguna kartu Telkomsel adalah MyTelkomsel, dengan aplikasi ini kamu bisa mengetahui daftar riwayat transaksi yang baru saja kamu lakukan.

Kalau misalnya terpotong karena poin ketiga mungkin nominalnya tidak terlalu besar, akan tetapi kalau nominalnya lebih dari itu kamu harus curigai ada sesuatu yang aneh dan perlu segera diambil tindakan.

Cara melakukan pengecekannya ada dua, pertama melalui fitur last transaction. Buka aplikasi MyTelkomsel setelah itu pilih menu Account > klik pada tulisan last transaction. Kamu akan mendapatkan informasi nominal pulsa yang terpakai.

Cara berikutnya yaitu dengan melihat My Historyfitur ini akan memberitahukan seputar layanan dari paket internet yang kamu gunakan itu apa saja, kapan waktu pembeliannya, berapa biaya yang dikeluarkan, dan kode transaksi.

Cara melihat My History pada aplikasi MyTelkomsel yaitu buka menu Account > pilih My History > lalu lihat daftar riwayat yang sekiranya mencurigakan. Jika ada yang janggal, jangan sungkan untuk menghubungi CS Telkomsel.

5. Telepon CS Telkomsel

Jika dari keempat poin di atas, ternyata tidak dapat membantu menyelesaikan masalah pulsa yang berkurang sendiri tanpa sebab yang jelas. Mungkin kamu memerlukan analisa lebih lanjut dari pihak Telkomsel.

Kamu bisa menghubungi mereka di nomor 188 untuk pengguna kartu Telkomsel, bisa juga dengan nomor berikut 0807 1811 811 (dengan biaya telepon lokal), atau di nomor berikut +628110 000 333 (untuk mereka yang saat ini di luar negeri).

Tidak ingin keluar biaya saat menghubungi pihak CS Telkomsel kamu bisa juga menggunakan layanan email mereka pada [email protected]. Kalau urusan seperti ini jangan pernah masuk melalui Asisten Virtual Telkomsel.

Chat sama bot kemungkinan besar tidak akan menyelesaikan masalah. Kecuali kalau kamu mau tahu tetang fitur yang ada di Telkomsel atau mau tahu perihal biaya, atau info promo. Chat sama bot bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Kesimpulan

Pulsa yang berkurang sendiri untuk kartu Telkomsel dapat disimpulkan karena beberapa hal berikut ini:

  1. Mobile Data yang lupa dinonaktifkan.
  2. Kamu mengikuti program konten berbayar atau NSP.
  3. Tidak mematikan fitur sewa GPRS Telkomsel yang dipotong harian.
  4. Adanya transaksi yang mencurigakan setelah dicek di aplikasi MyTelkomsel.
  5. Ada hal lain yang menyebabkan pulsa terpotong secara otomatis.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, yuk sharing jika kamu masih mengalami kendala seperti pulsa yang terpotong otomatis tanpa sebab. Mungkin ada hal lain yang perlu pembaca lain dan saya ketahui.

Bagikan juga tulisan di atas melalui Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Telegram, dan Line ya. Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Blog.Situstarget.com? Kamu bisa subscribe melalui link berikut ini.

4.2 5 votes
Bantu berikan rating untuk artikel Ini...