Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana mendapatkan SSL Murah dari Perusahaan Hosting Lokal. Bagi Anda yang bergelut di dunia e-commerce pasti tidak asing dengan kata SSL (Secure Socket Layer). Salah satu metode yang mengamankan jaringan komunikasi antara client dan server. Sehingga terhindar dari pembajakan arus informasi data sensitif ke tangan-tangan jahil dedemit maya. Apakah penting penggunaan SSL ini untuk e-commerce?

Tentu saja sangat penting. Mengapa? Karena pada lalu lintas yang tidak dienskripsi, ada kemungkinan-kemungkinan arus informasi data sensitif seperti misalnya data perbankan atau kartu kredit, dapat “dikupingi” atau dapat “diintip” oleh dedemit maya. Apa tujuan dari menguping dan mengintip informasi data sensitif tadi bagi mereka? Tentu saja, mereka ingin mencuri data-data sensitif Anda seperti kartu kredit, agar mereka bisa menggunakan informasi tersebut untuk jual-beli barang atau jasa dengan informasi dari kartu kredit Anda.

Harapannya informasi tentang pentingnya dari penggunaan SSL ini bisa diterapkan ke website e-commerce teman-teman semua. Kan klo misalnya kita pakai SSL perlu membeli dedicated IP? Keluar biaya lagi dong? Klo Anda sudah berada di tempat penyedia hosting yang modern maka Anda sudah tidak memerlukan dedicated IP, hosting yang mendukung SNI (Server Name Indentification) tidak memerlukan dedicated IP. Sehingga Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk sewa IP Address. Namun apabila perusahaan penyedia hosting Anda belum mendukung fitur SNI, Anda perlu menyewa IP untuk melakukan hal tersebut.

Saya mencoba menghimpun informasi tentang SSL Murah dari penyedia hosting lokal ini untuk Anda, apabila Anda menemukan yang lebih baik dari saya. Mohon rekomendasikan penyedia SSL tersebut kepada kami melalui kotak komentar di bawah artikel ini. Namun syaratnya harus penyedia SSL di Indonesia, dengan kemudahan pembayaran (artinya tidak mewajibkan pembayaran melalui kartu kredit dan paypal saja), serta perusahaan yang memang dengan reputasi yang baik. Jika memang ada, saya akan membuatkan review untuk pembaharuan data.

1. Hosting Terbaik Penyedia SSL Murah

Membeli SSL Murah dari Perusahaan Hosting Lokal Terbaik via yonatanschultz.com

Membeli SSL Murah dari Perusahaan Hosting Lokal Terbaik via yonatanschultz.com

Dimulai dari yang pertama, penyedia hosting terbaik dari Masterweb.com adalah salah satu perusahaan penyedia layanan jasa hosting yang memberikan harga miring untuk layanan SSL, domain, dan hosting. Perusahaan hosting pertama kali saya mengorbitkan blog saya yang bernama situstarget.com melalui bantuan layanan dari Masterweb. Alasan mengapa Anda memilih Masterweb sebagai mitra Anda adalah Masterweb memberikan dukungan penuh terhadap website Anda dengan merespon dengan baik setiap permintaan atau komplain Anda.

Masterweb juga merupakan perusahaan penyedia hosting Indonesia yang terbaik dan nomor #1 di Indonesia. Banyak klien-klien mereka yang berasal dari kepemerintahan, perusahaan-perusahaan swasta, dan kalangan blogger profesional mempercayakan website dan domain mereka kepada Masterweb. Domain dari situstarget.com pun saya beli melalui Masterweb, ada banyak diskon untuk domain berekstensi dot com, dot net, dot org, dan masih banyak lagi lainnya. Coba mampir ke websitenya dan Anda pelajari. 🙂

2. Hosting Terfavorit Penyedia SSL Murah

Mendapatkan SSL Murah Comodo via Comodo.com

Mendapatkan SSL Murah Comodo via Comodo.com

Selanjutnya di posisi kedua, ada perusahaan hosting terbaik yang terkenal dengan keramahannya yaitu IDWebHost. Saya mempercayakan beberapa website saya berada dalam pengawasan IDWebHost. Domain dari Komunitas Emas dan Perak Indonesia yaitu GoldSilver.or.id, saya mempercayakan domain tersebut pada IDWebHost.

Sebagai informasi tambahan bahwa Komunitas Emas dan Perak Indonesia GoldSilver.or.id dibuat sebagai salah satu wadah bagi masyarakat Indonesia yang masih awam atau belum terlalu paham tentang investasi emas dan perak. Sehingga membutuhkan wadah pembelajaran online yang di mana bisa diakses dari manapun dan kapanpun, yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang investasi emas dan perak, guna menghindari investasi bodong yang merajalela saat ini. Tidak hanya emas dan perak yang dibahas di Forum Online tersebut, tetapi juga tentang logam mulia. Adapun anggotanya berasal dari para praktisi, pemula, dan penjual-pembeli logam mulia dari seluruh Indonesia.

Pelayanannya dari IDWebHost terbilang sangat ramah dibandingkan perusahaan penyedia hosting lainnya. Proses aktivasi domain dan hosting juga cepat.  Dalam pemesanan SSL Certificate, Anda perlu menghubungi tim dari IDWebHost. Sayangnya pada server sharedhosting mereka belum mendukung fitur SSL. Adapun salah satu SSL Certificate yang murah dan bisa Anda cari yaitu Comodo. Comodo merupakan perusahaan yang mengeluarkan sertifikat SSL yang terbilang cukup murah. Bagi Anda para startup bisnis e-commerce tidak ada salahnya untuk mencoba SSL dari comodo ini. Ketika bisnis Anda sudah besar, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti SSL yang lain, dengan validasi perusahaan atau organisasi 😉

3. Hosting Termurah Penyedia SSL Murah

Mendapatkan SSL Certificate Murah dari Hosting IIX via nocser.net

Mendapatkan SSL Certificate Murah dari Hosting IIX via nocser.net

 Nah bagi Anda yang baru memulai bisnis dengan modal yang terbatas. Jangan khawatir ada kok perusahaan penyedia jasa hosting, domain, dan penyedia SSL Certificate yang ramah di kantong. Hostingnya juga mulai dari Rp. 10.000,- per bulan! Wuih bisa hemat banget ya? Siapakah perusahaan penyedia hosting yang berbaik hati memberikan harga yang murah itu? Namanya adalah Dracoola Hosting. Beberapa website saya, saya percayakan ada di sana. Selain harganya yang murah, pelayanan dari mereka itu asik.

Sekedar berbagi pengalaman saja, jika kita mengalami kesulitan atau kendala. Jangan sungkan untuk bertanya dengan Customer Support mereka. Jangan kaget juga klo bahasa mereka itu anak muda banget! Misalnya mereka akan memanggil Anda dengan istilah gan, yang berasal dari kata juragan. Bisa dibilang bahasanya anak kaskus banget hehe. Mereka juga siap bantu Anda ketika Anda punya permasalahan dengan hal-hal teknis soal website.

Nah jika Anda ingin membeli SSL Certificate, Anda bisa menghubungi mereka melalui tiket. Oh ya ada biaya tersendiri untuk Dedicated IP ya. Klo di atas saya sarankan untuk membeli sertifikat dari Comodo. Klo di Dracoola mereka menawarkan SSL Certificate dari RapidSSL. Harga SSL-nya bagaimana? Tenang, soal harga di Dracoola Hosting selalu ramah di kantong! 😀

Kesimpulan

Semakin berkembangnya bisnis e-commerce, perlu didukung dengan peningkatan sarana dan prasarana website penyelenggara e-commerce itu sendiri. Salah satunya dengan penambahan fitur keamanan dengan menggunakan SSL pada website e-commerce. Bertujuan untuk melindungi komunikasi antara client dan server dari penyadapan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Semakin besar dan berhasilnya suatu web e-commerce bisa menjadi magnet tersendiri bagi customer maupun orang-orang nakal yang ingin berbuat jahat. Maka kesadaran akan pentingnya keamanan dari suatu situs atau web perlu diperhatikan dengan benar. Dalam kata lain, disamping pemilik website meningkatkan omzet penjualan, di lain sisi seorang pemilik website juga perlu memikirkan keamanan website yang dikelolanya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. 🙂