Sebagian dari kita pasti pernah membuat atau membantu organisasi baik dalam kegiatan sekolah, kampus, atau lingkungan rumah sebuah proposal suatu kegiatan acara tertentu bukan? Di dalam proposal biasanya ada latar belakang atau sejarah, lalu tujuan, agenda, dan seterusnya. Anda sudah lebih expert tentang ini.

Pengalaman saya sendiri dalam pembuatan proposal sponsor ketika ingin membuat suatu event dengan kapasitas peserta 150-200 orang membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu untuk membuat proposal. Sedangkan acaranya sendiri diselenggarakan hanya berkisar kurang dari 5 jam saja.

Adapun salah satu fungi dari proposal yaitu Term of Refference. Sehingga memudahkan kita untuk melaksanakan event dan menyukseskan penyelenggaraannya. Eventnya cuma satu hari tetapi pembuatan proposal bisa berminggu-minggu. Sekarang terkait dengan hidup, apa Anda sudah membuat proposal hidup Anda?

Event yang satu hari saja harus dibuat dengan bersungguh-sungguh, masa hidup yang cuma satu kali kita tidak membuatnya? Maka sudah sepatutnya kita membuat proposal hidup kita agar kita mengetahui arah, perencanaan, dan tujuan hidup kita kedepan. Pada artikel-artikel berikutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat proposal hidup. Bagi para pembaca yang sudah membuat proposal hidup Anda dapat berbagi tips melalui kotak komentar di bawah artikel ini atau hubungi saya via twitter di @dedeobi 🙂