Tabungan Joint Account Perbankan Cocok Bagi Mereka yang Sudah Punya Pasangan

Tidak sedikit dari sahabat saya yang wanita di kampus, bercita-cita setelah lulus ingin melanjutkan sebagai wanita karir di perusahaan-perusahaan besar milik negera maupun swasta. Mereka juga sama dengan para pria, ingin menggapai karir sebaik mungkin, jabatan, gaji, dan seterusnya.

Dahulu sempat saya bertemu dengan salah satu dosen favorit saya di rumah beliau, ada pesan yang sampai hari ini saya ingat. Beliau berkata: “Semakin tinggi posisi karir, pendidikan, jabatan, golongan, atau pangkat seorang wanita. Ia akan semakin sulit untuk “dikendalikan”, oleh suaminya. Kecuali, bagi mereka yang belajar agama.”

Baca juga: 9 kebiasaan buruk mengatur keuangan yang perlu Anda tinggalkan

Kebetulan yang berbicara itu dosen senior di kampus saya, beliau pun adalah seorang wanita. Jleb ya. Tapi seperti itulah beliau. Kalau berbicara langsung ke poin utama, jleb di hati, dan selalu ontime. Kebetulan beliau pernah di militer, menjabat sebagai GM dan posisi penting lainnya di beberapa perusahaan swasta.

Sungguh saya sangat berterimakasih kepada Allah SWT telah dipertemukan dengan beliau. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, keberkahan atas usia beliau, dan senantiasa menjaga dan memberikan kemudahan di setiap urusan yang beliau lakukan. Aamiin. 🙂

Back to topic…

Setelah menikah tabungan joint account bisa menjadi solusi untuk beberapa hal dan kondisi tertentu. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa manfaat dari tabungan joint account yang menjadi salah satu produk perbankan:

1. Tabungan Joint Account dapat Dipergunakan untuk Tabungan Masa Depan

Tabungan Joint Account bisa digunakan untuk tabungan masa depan

Tabungan joint account bisa digunakan untuk tabungan masa depan

Sebelum Anda membuka tabungan joint account bersama pasangan Anda. Sebaiknya Anda membuat perencanaan bersama terlebih dahulu. Kira-kira tabungan ini akan diperuntukan tabungan terkait dalam hal apa?

Misalnya tabungan untuk aset produktif (membeli rumah, mobil, modal usaha sampingan, dst), atau bisa juga dijadikan sebagai tabungan dana darurat, bisa juga tabungan untuk merencakan kegiatan liburan di hari libur nasional beberapa bulan atau tahun mendatang, atau bisa juga menjadi tabungan untuk kuliah.

Misalnya salah satu pasangan atau keduanya ingin melanjutkan studi kuliah yang sempat terhenti sementara. Lantas karena sudah berkeluarga dan bekerja. Ia mau kembali melanjutkan studi kuliah S2 atau S3-nya. Sampai saat ini ada kok mahasiswa yang bisa dibilang masuk usia senja masih melanjutkan S2 dan S3. Dan tidak ada yang salah soal itu.

2. Kartu Debit pada Tabungan Joint Account Apakah Benar-benar Diperlukan?

Apakah Anda harus menggunakan kartu debit pada rekening bersama (tabungan joint account)

Apakah Anda harus menggunakan kartu debit pada rekening bersama (tabungan joint account)


Kalau memang dipergunakan untuk masa depan, Anda dapat mempertimbangkan apakah kartu debit pada rekening bersama / tabungan joint account diperlukan atau tidak.
Baca juga: Tips membeli perhiasan emas murah pada saat pameran perhiasan emas
Bagi mereka yang sulit mengendalikan belanja diluar kebutuhan. Saya menyarankan agar Anda tidak membuat kartu debit. Sedikit repot memang apabila ingin transaksi cepat, tapi semoga ribet tadi mengurungkan niat Anda untuk belanja ini itu di luar kebutuhan yang seharusnya.
Baca juga: Uang Digital vs Emas Digital
Keuntungan kedua apabila Anda tidak membuat kartu debit, yaitu Anda tidak akan dikenakan biaya bulanan kartu oleh pihak bank. Terkait hal ini Anda bisa membicarakan dengan pasangan Anda, kira-kira apakah diperlukan atau tidak.

3. Tabungan Joint Account Dijadikan Sebagai Simpanan Dana Darurat

Tabungan dana darurat bisa diperoleh dari tabungan joint account

Tabungan dana darurat bisa diperoleh dari tabungan joint account


Jika Anda menginginkan tabungan dana darurat diperoleh dari tabungan joint account. Anda berdua bersama pasangan bisa menyisihkan berapa persen dari gaji untuk mengisi tabungan ini.
Misalnya ada keadaan darurat pada bulan ini. Anda mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.500.000,- untuk membayar biaya tertentu. Usahakan uang yang keluar dari tabungan ini, perlu Anda ganti di bulan berikutnya.
Jadi sederhananya Anda seperti meminjam pada tabungan Anda sendiri. Karena memang dipergunakan hanya untuk keperluan darurat saja. Jadi usahakan uang di tabungan kalau bisa terus bertambah bukan sebaliknya.

4. Tabungan Join Account juga Bisa Dipergunakan untuk Membayar Tagihan Rutin Bulanan Anda

Tagihan bulanan bisa otomatis dibayarkan melalui tabungan joint account

Tagihan bulanan bisa otomatis dibayarkan melalui tabungan joint account


Beberapa bank ada yang menyediakan fasilitas untuk membayar tagihan listrik, telepon, air, asuransi, kartu kredit dan seterusnya secara otomatis didebet melalui tabungan nasabah, jadi tidak ada kata telat bayar atau telat kena denda.
Baca juga: Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Kartu Kredit
Fasilitas ini juga ada di tabungan joint account. Anda bisa meminta kepada pihak bank agar tagihan yang bersifat rutin setiap bulan, langsung dibayar melalui uang yang ada di tabungan.

5. Tabungan Join Account untuk Berinvestasi

Tabungan joint account bisa dijadikan juga sebagai tabungan investasi bagi Anda dan pasangan

Tabungan joint account bisa dijadikan juga sebagai tabungan investasi bagi Anda dan pasangan

Nama lain dari tabungan joint account biasanya disebut dengan tabungan bersama, simpanan bersama, atau rekening bersama. Jadi di buku tabungan yang Anda dapatkan, ada nama Anda dan pasangan.

Begitupun ketika melakukan transaksi misalnya transfer. Pada layar monitor ATM akan terlihat nama Anda dan pasangan. Sebenarnya tabungan bersama ini mirip tabungan QQ.

Baca juga: Tabungan emas dari pegadaian

Bedanya tabungan QQ diperuntukan bagi nasabah di bawah umur 17 tahun. Meskipun saat ini pelajar bisa menabung di bank melalui produk perbankan tabungan untuk pelajar ada tersendiri. Mohon koreksi jika saya salah.

Tabungan joint account pada tahap pembuatan dibagi menjadi dua, yaitu or dan and. Contoh or misalnya melakukan penarikan uang Anda atau pasangan bisa mengambil uang tanpa perlu tanda tangan keduanya. Cukup salah satu saja.

Baca juga: Ingin kaya di usia muda? Investasi emas saja

Sedangkan and. Ketika ingin melakukan penarikan uang, diperlukan kedua tanda tangan dari Anda dan pasangan. Kurang lebih itu perbedaan antara or dan and. Selanjutnya pada poin kelima, tabungan ini bisa juga Anda pakai sebagai tabungan untuk investasi.

Bagaimana caranya? Tinggal Anda ikuti saja program penawaran dari pihak bank. Misalnya program deposito, reksadana, dplk, saham, obligasi, dan seterusnya.

Artikel menarik lainnya:

  1. Rupiah, Dollar, atau Emas Untuk Investasi Jangka Panjang?
  2. 5 Tips Aman Menyimpan Emas
  3. Hindari Pengiriman Emas dengan Cara Ini
  4. Harga Sewa Safe Deposit Box Bank BCA dan Bank Mandiri
  5. 10 Negara Ini Penghasil Emas Paling Banyak di Dunia


Bantu sebarkan tulisan ini di sosial media yang Anda miliki, baik di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda yang sudah dan mau akan menikah.
Daftarkan juga nama lengkap dan alamat email Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap minggunya tim kami akan mengirimkan artikel terbaru dari TheGold.Asia melalui alamat email yang Anda daftarkan.