Perkembangan dunia teknologi yang sangat pesat memiliki dampak yang sangat besar bagi pemanfaatan dunia digital. Perlu anda ingat kembali bahwa 10 tahun yang lalu saja belum banyak orang yang memiliki handphone atau smartphone yang terhubung langsung dengan jaringan internet untuk mengakses dunia digital.

Tetapi saat ini hampir semua orang bisa mengakses dan memanfaatkan dunia digital dengan mudah. Seperti yang anda ketahui bahwa hampir keseluruhan pengguna dunia digital berasal dari kalangan muda atau yang belakangan sering disebut dengan generasi millennial.

Generasi ini dianggap menjadi generasi yang paling kritis dan kreatif hingga saat ini. Sehingga dunia digital sudah marak digunakan sebagai salah satu lahan pekerjaan yang menghasilkan. Salah satu platform pada dunia digital yang banyak dimanfaatkan adalah WordPress.

WordPress sendiri pada awal kemunculannya diperuntukkan untuk orang yang suka menulis dan membuat karya desain. Saat itu orang-orang dengan mudah membuat karya asli berupa tulisan atau gambar yang dapat diunggah di WordPress sehingga hasil karya tersebut dapat dilihat oleh pengguna internat lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, WordPress saat ini telah digunakan sebagai platform bisnis berbasis online seperti toko online, laman review produk, laman seni desain grafis, fotografi, dan masih banyak lagi.

Sehingga anda perlu tahu bahwa 80% aktivitas pemuatan laman dimulai dari sebuah search engine atau mesin pencari seperti Google. Sehingga menerapkan taktik SEO yang tepat merupakan kunci utama dari cepat atau lambatnya laman WordPress anda untuk berkembang.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa trik penggunaan SEO yang benar dan mudah.

Cara Mudah Menerapkan SEO Yang Benar

SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti sebagai sebuah proses yang dapat berpengaruh pada tingkat visibilitas sebuah halaman website pada hasil pencarian di mesin pencari.

Cara kerja sistem SEO ini sendiri sebenarnya cukup sederhana dimana kata kunci yang anda terapkan pada postingan anda sangat berpengaruh. Misalnya saja anda mengunggah mengenai “ cara menjahit “ di laman website anda, maka tentunya anda menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan artikel tersebut.

Pemilihan kunci yang benar akan membuat artikel anda ditampilkan di daftar paling atas pada hasil pencarian. Tetapi menerapkan taktik SEO tidak semudah cara kerja sistem ini. Berikut beberapa cara memanfaatkan sistem SEO yang bisa anda terapkan dengan mudah, diantaranya :

1. Gunakan data yang paling sering dicari.

Cara ini merupakan taktik SEO yang paling mudah untuk diterapkan. Pada dasarnya anda hanya perlu mencari dan memanfaatkan kata kunci yang sedang hangat menjadi perbincangan pengguna internet.

Biasanya kata kunci yang sedang diperbincangkan akan muncul dengan sendirinya pada kolom pencarian di search engine anda seperti misalnya Google.

Perlu anda ketahui bahwa keberhasilan menggunakan cara ini akan memberikan dampak langsung bagi ketenaran website yang anda miliki. Para pembaca bisa saja langsung menghubungi email anda yang tertera di website atau membeli produk yang anda tawarkan melalui website.

Untuk menerapkan taktik SEO yang satu ini caranya sangat mudah dimana anda hanya perlu masuk ke website khusus untuk forum diskusi. Seperti misalnya Quora yang cara kerjanya hampir sama dengan Yahoo Answer.

Hanya saja diskusi pada forum ini jauh lebih besar dan jawaban yang diberikan juga beragam. Sehingga anda dapat mengetahui topic terhangat dan menjadikannya bahan tulisan untuk website yang anda miliki.

Hal tersebut tentunya akan mendatangkan traffic pengunjung secara otomatis. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan fitur AutoSuggest yang ada di Google untuk mempermudah mengetahui kata kunci yang sedang banyak dicari.

2. Mengoptimalkan Landing Page

Perlu anda ketahui bahwa ketika para pengguna internet mengetikkan beberapa keyword di mesin pencari seperti Google, maka kemungkinan besar mereka akan diarahkan kepada beranda sebuah website, halaman yang terkait dengan kata kunci, atau mungkin produk yang dicari.

Sehingga sangat penting untuk anda membuat dan mengoptimalkan kinerja landing page untuk meningkatkan ketenaran website anda sebagai salah satu taktik SEO yang sederhana.

Landing Page ini sendiri merupakan sebuah istilah khusus yang digunakan untuk sebuah halaman yang di mana hal-hal yang ingin anda promosikan melalui website ada di situ.

Sehingga ketika pengunjung mencari kata kunci yang serupa, maka kemungkinan besar akan langsung diarahkan ke landing page tersebut.
Keuntungan menggunakan taktik SEO yang satu ini adalah tentunya pengunjung anda akan lebih tertarik berkunjung ke website anda.

Karena mereka tidak perlu mengakses website dari beranda ketika membutuhkan informasi yang dimiliki oleh website anda. Untuk mengaplikasikan trik ini maka ada beberapa langkah mudah yang bisa anda terapkan.

Pertama adalah pastikan untuk menulis konten dengan minimal 2000 kata dimana biasanya akan mendapatkan tempat di daftar teratas pada mesin pencari.

Selain itu, anda juga juga perlu menggunakan meta deskripsi yang berisi semua kata kunci yang berkaitan dengan konten anda. Jika perlu sertakan testimony pada website atau pada landing page unggulan anda.

3. Tulis ulang konten terfavorit.

Seperti yang anda ketahui membuat sebuah konten tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebab ada proses yang harus anda lewati sebelum akhirnya mendapatkan sebuah ide yang biasanya dituangkan dalam bentuk tulisan atau artikel.

Sebelum menulis konten pastinya anda harus melakukan proses penelitian baik penelitian singkat ataupun dalam jangka waktu yang lama mengenai hal yang sedang ramai diperbincangkan, fakta-fakta dari sebuah topik bahasan, dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa konten menjadi salah satu senjata utama dalam sebuah website untuk mendatangkan traffic pengunjung yang tinggi. Sehingga anda perlu mengetahui taktik SEO yang biasanya digunakan dalam hal ini.

Salah satu taktik SEO yang paling mudah untuk anda terapkan adalah menulis ulang sebuah konten yang banyak disukai misalnya saja dari tutorial video, podcast, infografis, infokuliner, presentasi, PDF, dan lain-lain.

Bahkan seorang Jay Baer dari Convince & Convert mampu untuk membuat 8 konten baru dari 1 konten yang sama. Tentunya hal ini akan mendatangkan keuntungan bagi website anda.

Tetapi perlu diingat bahwa selalu pastikan konten yang anda tulis ulang paling tidak memiliki kualitas yang sama baiknya dengan konten yang lama.

4. Perbarui konten lama

Membuat sebuah konten yang baru memang bisa menempatkan halaman website dan konten yang anda tulis pada daftar teratas dalam hasil mesin pencari Google. Sebab beberapa tahun terakhir Google menambahkan fitur tanggal unggah konten dan memprioritaskan konten yang terbaru.

Hal tersebut diterapkan karena Google mengharapkan semua penggunanya selalu mendapatkan informasi terbaru. Ketika anda kesulitan untuk mencari ide konten terbaru dan membuat konten yang berbeda, maka anda bisa saja memperbarui konten lama yang merupakan salah satu taktik SEO yang paling digemari.

Seorang pemilik website yang bernama Brian Dean terbukti sudah berhasil menerapkan taktik ini sebab blognya selalu dikunjungi ratusan ribu pembaca setiap bulannya. Tetapi apabila diteliti lebih jauh, Brian hanya membuat sekitar 30 konten asli selama 5 tahun.

Hal itu berarti ratusan konten yang ada di blognya merupakan hasil pembaharuan konten. Untuk menerapkan taktik SEO ini caranya sangatlah mudah. Dimana anda hanya perlu memilih konten yang akan anda perbaharui, tambahkan meta deskripsi untuk mendatangkan traffic pengunjung, dan berikan informasi terbaru yang berkaitan dengan isi konten. Lalu langkah terakir adalah selalu perbaharui tanggal unggah konten anda.

5. Tambahkan beberapa konten unik.

Taktik SEO yang satu ini terbukti bisa memberikan kesuksesan bagi situs web yang sedang anda jalankan. Pada dasarnya untuk memiliki sebuah konten yang unik di halaman website anda memang tidak bisa diterapkan sesering mungkin. Sebab membuat sebuah konten saja perlu proses penelitian yang baik apalagi jika anda ingin memiliki sebuah konten yang unik dan berbeda dari halaman website lainnya.

Jika anda menggunakan WordPress maka teknik yang satu ini sangat mudah untuk diterapkan. Seperti yang anda ketahui bahwa pada halaman beranda WordPress akan tersedia kolom yang berisikan arsip-arsip anda dari berbagai kategori, tag, kata kunci, dan lain-lain.

Langkah selanjutnya untuk menerapkan taktik SEO ini adalah cukup dengan membuka laman “Kiriman” lalu klik “Kategori” dan pilih data yang ingin anda ubah. Setelah itu cukup lakukan pengeditan nama, deskripsi, dan penambahan kata kunci unik pada sebuah konten.

6. Memanfaatkan Latent Semantic Indexing.

Mungkin hingga saat ini banyak yang belum mengetahui kegunaan LSI atau Latent Semantic Indexing. LSI sendiri merupakan suatu sistem yang dipergunakan oleh Google sebagai mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap seluruh situs web yang ada di dunia.

Sehingga sistem LSI ini bukan hanya sekedar mendata kata kunci yang anda gunakan tetapi juga melakukan proses pemahaman terhadap kalimat yang anda gunakan sebagai pelengkap kata kunci.

Seperti misalnya anda ingin membahas mengenai perusahaan Apple. Ketika anda menggunakan kata Apple sebagai kata kunci di artikel yang anda buat, maka LSI belum memahami apakah yang anda maksud Apple sebagai buah atau sebagai sebuah perusahaan.

Ketika anda mulai mengembangkan artikel anda dengan menambahkan kata-kata penjelas seperti iPad, iPhone, iOS, dan lain-lain maka sistem LSI ini akan mengartikan konten anda sebagai sebuah bahasan terhadap Perusahaan Apple.

Selain memperhatikan kalimat pendamping kata kunci, LSI sebagai sebuah sistem canggih juga mengenali sinonim yang digunakan. Sehingga dalam menulis sebuah konten anda tidak perlu melakukan tindakan penulisan kata kunci yang terlalu banyak.

Hal tersebut justru akan membuat pengunjung website anda merasa kurang nyaman saat membaca konten anda. Tetapi perlu anda ingat juga untuk tidak terlalu terpaku pada sistem LSI, dimana yang terpenting adalah sebuah kualitas yang anda tawarkan melalui konten yang anda unggah pada website anda.

Hal tersebut merupakan poin yang paling penting dalam menerapkan taktik SEO yang baik.  Setelah mengetahui beragam taktik SEO yang mudah untuk anda terapkan, tentunya sekarang anda memiliki pemahaman yang jauh lebih baik dalam meningkatkan kinerja konten yang anda buat.

Demikian artikel ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.