Tutorial Tata Cara Gadai Emas di Bank Syariah Mandiri (BSM)

Bank Syariah Mandiri memiliki layanan berupa BSM Gadai Emas, yang bisa menjadi solusi bagi Anda pada saat membutuhkan uang cash. Prosesnya memakan waktu kurang lebih 15-20 menit saja.

Anda bisa berkunjung ke kantor cabang BSM yang terdekat dari lokasi Anda dengan membawa KTP dan logam mulia yang ingin Anda gadaikan. Ada ratusan pilihan konter layanan gadai dari Bank Syariah Mandiri.

Emas yang digadaikan bisa berupa emas batangan, koin emas dinar, dan emas perhiasan. Setelah sampai di kantor BSM Anda akan ditanya oleh satpam perihal kepetingan apa datang ke BSM.

Bilang saja ingin menggadai emas di BSM, jika tidak ada antrian Anda akan langsung di antar ke loket tempat gadai emas. Namun jika ada antrian, Anda akan diberikan kartu antrian.

Baca juga: Cara Beli Emas di Kantor Pegadaian

Setelah sampai di loket tempat gadai, pihak bank akan bertanya benda apa yang ingin Anda gadaikan? Objek gadai bisa berupa tiga benda yang telah saya sebutkan sebelumnya, yaitu perhiasan dan logam mulia.

Kalau Anda adalah seorang nasabah dari Bank Syariah Mandiri pada saat proses pencairan, uang tersebut bisa langsung ditransfer ke rekening Anda atau di ambil tunai secara langsung juga bisa melalui teller bank.

Tata Cara Gadai Emas BSM

Sebagai contoh Anda ingin menggadai koin emas dinar. Petugas bank akan melakukan pengecekan terhadap keaslian sertifikat emas, berat emas, dan kadar emas. Setelah itu Anda akan diberitahukan mengenai estimasi dana yang dapat Anda peroleh dari Bank Syariah Mandiri.

Adapun besaran nilai yang Anda terima telah ditetapkan oleh Bank Syariah Mandiri dengan mengikuti ketentuan dari aturan Bank Indonesia melalui mekanisme FTV (Financing To Value). Jadi ada perbandingan antara nilai pembiayaan yang akan Anda terima dengan nilai emas yang digadaikan kepada pihak bank.

Besaran FTV sebagai berikut:

FTV untuk Emas Perhiasan yaitu 85%
FTV Logam Mulia (Emas Batangan dan Koin Emas) yaitu 90%

Proses perhitungan ini dan soal biaya pemeliharan akan dijelaskan secara langsung oleh pihak bank. Anda akan ditanya apakah uang akan di ambil semua atau sebagian. Kalau memang sebagian cukup, Anda tidak perlu mengambil semuanya.

Toh juga ini bukan uang Anda kan? Karena Anda perlu mengembalikannya lagi.

Baca juga: 7 Kesalahan Berinvestasi Emas yang Sering Pemula Lakukan

Setelah itu jika sudah menyetujui berapa besaran nilai yang akan di ambil oleh Anda. Tahap berikutnya menandatangani form ikatan perjanjian dengan pihak bank. Anda juga akan diberikan surat bukti gadai emas, surat ini mohon dijaga dengan baik karena kalau hilang tidak bisa dibuat yang baru.

Anda juga harus mengembalikan surat bukti gadai emas ini kembali ke pihak bank. Jangka waktu gadai yaitu 4 bulan dan bisa diperpanjang atau digadaikan kembali jika sudah melunasi sebelumnya. Adapun biaya lain selain dari biaya pemeliharaan ada juga biaya administrasi.

Perhitungan simulasi dari gadai emas BSM dapat Anda ketahui melalui website resmi dari Bank Syariah Mandiri di halaman berikut ini. Semoga informasi mengenai tata cara gadai emas di BSM ini bisa bermanfaat untuk Anda. Simpel dan mudahkan? 🙂

Suka dengan tulisan di atas? Bagikan artikel di atas untuk teman-teman Anda di sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path dengan cara mengklik tombol share untuk masing-masing jenis sosial media.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog.situstarget.com? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Anda akan mendapatkan notifikasi setiap ada tulisan baru dari blog ini.