Kita sudah membahas tiga tips sebelumnya yaitu tentang bagaimana kita latihan pernapasan bisa mengurangi gerogi, selanjutnya kita juga telah membahas tentang bagaimana pentingnya persiapan dan latihan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita membuat film imajinatif untuk mengurangi rasa gerogi dalam diri.

Hari ini kita akan membahas bagaimana kita bisa mengurangi gerogi dengan menenak tombol 'ON' di diri kita. Seperti apa tombol on tersebut dan di mana kah letak tombol on itu? Mari simak artikel berikut ini.

Untuk mempermudah penjelasan yang dimaksud pada artikel ini, saya mencoba untuk memberikan gambar visual agar Anda lebih mudah mengetahui letak di mana tombol on itu berada, bagi Anda yang orang EFT (Emotional Freedom Technique) Anda pasti sudah familiar dengan titik di bawah ini:

Tombol ON untuk mengurangi rasa gerogi saat berbicara di depan umum

Tombol ON untuk mengurangi rasa gerogi saat berbicara di depan umum

Nah pada gambar di atas ada beberapa titik, lalu di manakah tombol on itu berada? Lihatlah tulisan Collar Bone. Nah di sanalah letak tombol ON yang saya maksud. Jika Anda gerogi, maka ketika di belakang panggung sebelum tampil cobalah untuk menekan-nekan daerah tersebut. Bisa juga dengan menggunakan tapping atau di tekan-tekan seperti biasa.

Sekarang cobalah pegang diri Anda di titik seperti di gambar pada Collar Bone. Rasakan ada seperti dua tulang menonjol di sana. Lalu coba Anda tekan-tekan pada bagian tersebut. Bisa dengan tehni tapping atau di totok-totok atau ditekan-tekan seperti biasa. Tombol ON ini akan mengurangi rasa gerogi ketika Anda ingin tampil berbicara di depan umum. Jika ada pembaca yang masih kebingungan di mana letak tombol ON, silahkan tinggalkan komentar di bawah artikel ini atau kontak saya via twitter di @dedeobi.

Sumber gambar: http://www.eftcanhelp.co.uk