Pelajari Teknik Hacking Secara Legal Melalui Channel Youtube

Peretasan selalu dianggap sebagai sesuatu yang rumit dan sulit untuk dipahami, tapi bukan berarti ilmu mengenai teknik hacking tidak bisa dipelajari.

Di zaman digital seperti sekarang ini, Anda pasti bisa mendapatkan informasi apa saja, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan peretasan sehingga hacking pun bisa dipelajari dengan lebih mudah.

Bila Anda baru belajar pemrograman atau justru berniat menjadi seorang hacker, ketahuilah bahwa ada banyak sarana yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

Anda dapat memasuki situs dan forum online khusus hacker untuk mendapatkan informasi. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke YouTube yang berisi channel-channel tentang hacking.

Ada cukup banyak kanal YouTube yang membahas mengenai peretasan, namun 7 kanal populer berikut ini sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Bukan hanya karena mereka sudah memiliki ribuan pelanggan, tapi juga karena konten video yang disajikan cukup berkualitas dengan materi yang dijelaskan secara terperinci.

Saat ini Situstarget.com juga memiliki Channel di Youtube lho. Nama channelnya yaitu Youtube Situstarget. Mari kita lanjutkan ke pembahasan.

1. Pentester Academy TV

Channel youtube yang membahas hacking secara legal

Kanal ini dibuat oleh Vivek Ramachandran yang merupakan seorang peniliti keamanan jaringan. Sampai sekarang Pentester Academy TV sudah memiliki belasan ribu pelanggan.

Kanal dari Vivek inipun cukup populer di YouTube dan sering menjadi tujuan utama bagi siapa saja yang ingin belajar peretasan.

Kanal Pentester Academy TV diketahui sudah mengunggah ratusan video selama beberapa tahun terakhir. Video-video tersebut memberikan informasi mengenai hal-hal berkaitan dengan ethical hacking yang merupakan peretasan legal.

Semua video hacking memiliki penjelasan yang rinci sehingga mudah dipahami dan diterapkan. Tak hanya teknik meretas, kanal ini juga menyajikan beragam video lainnya, mulai dari berita-berita terbaru mengenai peretasan hingga wawancara dengan ahli-ahli di dunia cyber.

2. Channel Youtube Hak5

Belajar ilmu hacking dari channel youtube secara legal

Hak5 juga termasuk kanal hacking yang sangat populer di YouTube. Dengan mengunggah ratusan video, Hak5 berhasil menggaet lebih dari 390 ribu pelanggan.

Apa yang membuat Hak5 populer? Selain gratis dan bisa diakses oleh siapa saja, semua tutorial hacking yang disediakan juga mudah dimengerti oleh hacker pemula.

Video-video di channel ini telah disusun rapi menjadi beberapa playlist, dan setiap playlist-nya membahas hal-hal berbeda seperti teknik hacking, tips untuk pemula, atau informasi seputar Linux.

Seperti channel lain yang juga membahas tentang peretasan, Hak5 turut menyajikan sejumlah video mengenai berita terbaru di dunia hacking.

3. Penetration Testing in Linux

Pentes menggunakan sistem operasi linux untuk serangan hacking

Seperti namanya, kanal YouTube yang satu ini berisi mengenai teknik-teknik peretasan yang berfokus pada sistem operasi Kali Linux.

Dengan teknik yang diajarkan, Anda bisa meretas jaringan atau situs dengan sangat mudah. Akan tetapi metode hacking ini hanya diperuntukkan untuk memeriksa tingkatan penetrasi dari suatu jaringan, situs, dll.

Ada banyak materi spesifik yang bisa dipelajari melalui channel yang sudah memiliki puluhan ribu subscriber tersebut, beberapa di antaranya adalah SQL Injection, Social Engineering Toolkit (SET), WPA/WPA2 wireless cracking, password cracking, dan masih banyak lagi.

4. Open SecurityTraining

Tips meningkatkan kemampuan hacking melalui channel youtube

Kanal YouTube selanjutnya yang bisa menjadi tempat belajar hacking adalah Open SecurityTraining. Kanal ini punya ratusan video dan sudah memiliki lebih dari 29 ribu subscriber.

Semua video disajikan secara jelas dan disusun rapi dalam beberapa playlist untuk memudahkan siapa saja yang ingin menontonnya.

Di kanal ini, banyak hal yang dibahas untuk menjadi materi pembelajaran hacking, mulai dari dynamic malware analysis, reverse engineering malware, reverse engineering software, hal-hal yang berkaitan dengan exploit, rootkit, web user identification, flow analysis & network hunting, dan masih banyak lagi.

5. DedSec

Belajar hacking untuk pemula dari kanal youtube

DedSec merupakan salah satu channel YouTube terbaik yang membahas segala teknik hacking secara legal. DedSec telah mengunggah ratusan video dan diikuti oleh puluhan ribu subscriber.

Kanal ini membagikan video teknik peretasan secara gratis dan murni bertujuan untuk pembelajaran. Di sini Anda bisa menemukan berbagai video dengan macam-macam materi, misalnya hal-hal yang berhubungan dengan Kali Linux, DoS/DDoS, sniffing/spoofing atau yang bisa disebut penyadapan, phising, pelacakan alamat IP, SQL attack, dll.

6. SSTec Tutorials

Tutorial hacking untuk pemula dari video youtube

SSTec Tutorials yang sudah diikuti oleh puluhan ribu pelanggan ini menyediakan beragam video tutorial untuk peretasan, khususnya untuk sistem operasi Kali Linux.

Bagi mereka yang masih pemula di dunia hacking, SSTec termasuk kanal terbaik dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena ada banyak tutorial Linux bagi para pemula.

Di sini Anda bisa menemukan beberapa tutorial tentang bagaimana cara melacak lokasi dan memata-matai seseorang dengan Kali Linux, cara memeriksa kerentanan sebuah situs, cara meretas perangkat Android, cara memasang toolkit yang berkaitan dengan aktivitas hacking di Linux, hingga skrip-skrip yang berhubungan dengan hacking.

7. Thenewboston

Kanal youtube yang membahas tutorial/panduan hacking

Kanal YouTube terakhir yang akan kita bahas adalah Thenewboston. Kanal ini sudah sangat populer di YouTube dan telah memiliki subscriber hingga lebih dari 1,8 juta orang.

Thenewboston sendiri sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar tentang coding dan pemrograman, apalagi semua tutorialnya disajikan secara jelas dan mudah dipahami.

Apa saja yang bisa dipelajari di sini? Thenewboston menyajikan beragam tutorial untuk Bootstrap, JavaFX, pemrograman C++, HTML5, PHP, React JS, Phyton, Linux, Windows, jaringan komputer, dan masih banyak lagi tutorial lainnya yang berguna bagi seorang programmer.

Menariknya lagi, Thenewboston juga menyediakan video tutorial untuk peretasan jaringan, caranya adalah dengan memanfaatkan ilmu pemrograman dan coding yang sudah mereka ajarkan. Jadi bagi Anda yang ingin belajar hacking, tak ada salahnya untuk mengunjungi channel yang berisi ratusan video tersebut.

Itulah beberapa channel YouTube yang membahas masalah peretasan sekaligus mengajarkan teknik hacking secara legal. Bila Anda sudah mempelajarinya dan mahir dalam hal peretasan, jangan lupa untuk berbagi dan menggunakan ilmu yang Anda miliki untuk tujuan yang positif.