Terminasi merupakan teknik mengembalikan keaktivan pikiran sadar seseorang, sebelumnya kita telah membahas bagaimana caranya untuk mengistirahatkan pikiran sadar.

Maka saat ini kita akan belajar bagaimana caranya untuk mengembalikan keaktifan pikiran sadar kita. Artinya kita men-switch dari keaktifan pikiran bawah sadar menjadi keaktifan pikiran sadar.

Teknik terminasi diperlukan guna mengembalikan pikiran Subjek/Client dari gelombang alpha atau theta menuju kondisi normal atau sebelumnya atau bisa juga kembali ke kondisi gelombang beta.

Tentang apa itu kondisi gelombang otak beta, alpha, theta, dan delta. Kita sudah membahasnya pada artikel sebelumnya yang berjudul: “Memahami kondisi trance pada hypnotherapy“.

Teknik terminasi pada proses hypnotherapy hampir mirip dengan proses pada teknik deepening. Namun, bedanya jika teknik deepening menggunakan hitungan mundur. Pada teknik terminasi pada proses hypnotherapy hitungannya adalah maju. Ada tiga step sederhana yang bisa Anda lakukan dalam teknik terminasi.

Pertama, informasikan kepada Subjek/Client bahwa sebentar lagi ia akan memasuki tahapan berikutnya yaitu terminasi. Anda bisa berkata kepadanya: “Baik, sebentar lagi, proses hypnotherapy akan segera berakhir.”

Kedua, lakukan hitungan maju. Ingat, deepening hitungannya mundur sedangkan pada termination atau terminasi hitungannya adalah maju. Contoh Anda dapat berkata kepada Subjek/Client: “Saya akan menghitung dari 1 hingga 5. Pada hitungan ke-5, Anda dapat bangun dalam keadaan perasaan yang sangat bahagia sekali, bersemangat, serta dapat membuka mata Anda kembali.

Ketiga, Anda dapat melakukan terminasi sambil ditambakan sugesti yang telah diucapkan sebelumnya pada saat proses pemrograman pikiran bawah sadar untuk memperkuat hasil yang diinginkan.

Contoh Anda dapat berkata kepada Subjek/Client: “Saya akan menghitung dari 1 hingga 5. Pada hitungan ke-5, Anda dapat bangun dalam keadaan perasaan yang sangat bahagia sekali, bersemangat, serta dapat membuka mata Anda kembali.

Satu, rasakan hari ini tubuh Anda seperti di-charge kembali rasa semangat dan perasaan gembira di dalam diri Anda. Dua, perlahan-lahan rasa sedih berubah menjadi rasa bahagia karena Anda mensyukuri setiap problematika yang Anda hadapi.

Tiga, Anda menyakini bahwa setiap masalah pasti ada solusinya, hari ini permasalahan yang dihadapi menjadikan Anda pribadi yang hebat dan luarbiasa.

Empat, baik luar biasa sekali. Sebentar lagi Anda akan terbangun dari kondisi relaksasi Anda saat ini. Kelima, Anda perlahan mulai dapat menggerakan tubuh Anda dari kaki, tangan, punggung, leher, dan kepala Anda. Sekarang Anda dapat membuka mata Anda perlahan.”

*Skrip di atas hanya sebagai contoh saja. Anda dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada sugesti yang diberikan pada saat terminasi juga dapat disamakan dengan sugesti sebelumnya pada saat pemrograman pikiran bawah sadar. Bagaimana sangat mudahkan mempelajari hypnosis? 🙂