Tema nulled pada WordPress adalah tema yang dijual berbayar, namun sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi tanpa menggunakan kunci lisensi, termasuk plugin nulled, keduanya dikategorikan sebagai software bajakan.

Istilah di Indonesia adalah tema dan plugin bajakan, sama seperti sistem operasi Windows bajakan. Tema dan plugin bajakan juga mengandung malware. Bahkan tidak hanya itu saja, ada unsur lain yang sama bahayanya.

Si pembajak bukan white angle yang memberikan tema dan plugin premium secara gratis, bahkan mereka lebih menguras resouce yang kamu miliki, dan yang hilang nantinya dari resource kamu lebih mahal dan berharga.

Jika kamu berpikir blog bisa terkenal dengan menggunakan tema atau plugin bajakan. Kamu salah besar. Blog dengan tema atau plugin bajakan sangat rentan mendapatkan penalti dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex.

Ibarat saat kamu membeli sebuah komputer baru, akan ada kartu garansi, dan dukungan penuh dari service center resmi. Di saat ada masalah dengan hardware, kamu bisa menukar atau memperbaikinya di service center resmi tanpa perlu khawatir.

Nah begitu juga dengan tema dan plugin yang original, jika kamu membelinya resmi. Kamu akan mendapatkan dukungan penuh dari pihak developer berupa update keamanan, fitur teranyar, support teknis, dst.

Sekarang apa saja resiko jika menggunakan tema nulled dan plugin bajakan?

1. Blog WordPress Menjadi Rentan Di Hack

Tema Nulled dan Plugin Ilegal Membuat Blog WordPress Rentan untuk Dihack
Tema dan plugin bajakan sebenarnya tidak 100% gratis, kamu perlu membayar mahal untuk itu. Tidak sedikit, tema nulled dan plugin ilegal disusupi oleh malware.

Malware ini yang nantinya akan mengeksploitasi server kamu, berusaha untuk mendapatkan akses root, lalu menjadikan server tempat hosting blog menjadi komputer zombie untuk penyerangan DDOS dan spam.

Tidak hanya itu, karena blog terindikasi mengandung malware. Oleh sebagian pengunjung situs web, mereka mendapat laporan dari program antivirus yang mereka gunakan, bahwa blog kamu tidak aman.

Hal ini akan direspon oleh browser, program antivirus, dan pengguna sebagai ancaman siber. Dari laporan tersebut, mesin pencari akan deindex blog kamu, sehingga semua listing artikel di mesin pencari akan hilang atau tidak ditemukan.

Jika kamu menggunakan Google Search Console, si Om Google akan menginformasikan perihal situs web kamu mengandung malware dan segera lakukan pembersihan. Jika sudah, baru bisa di submit ulang ke Google. Repot kan?

Perlu kamu ketahui bahwa tidak ada cara yang dapat meningkatkan keamanan blog WordPress kamu, selama plugin dan tema yang digunakan berasal dari software bajakan.

Terutama buat kamu yang menggunakan platform WordPress sebagai toko online, saat menggunakan tema dan plugin bajakan. Kemungkinan besar data diri beserta data customer terancam untuk dicuri atau disalahgunakan.

Saat mengaktifkan tema atau plugin, ada kode berbahaya (malicious code) yang bisa menginfeksi beberapa file penting seperti functions.php, .htaccess, wp-config.php, dll untuk membuka backdoor atau mengambil alih blog kamu.

2. Tidak Mendapatkan Bantuan Penuh

Plugin nulled dan tema wordpress bajakan tidak akan mendapatkan dukungan penuh dari pihak developer

Secara fitur mungkin kamu masih bisa menggunakan plugin dan tema bajakan secara gratis, namun tetap ada banyak batasan. Seperti kamu tidak akan mendapat pembaruan tema dan plugin, manakala ditemukan bug.

Berbeda dengan customer yang berbayar, mereka akan langsung bisa update plugin dan tema otomatis saat ada pembaruan. Sehingga bug yang ditemukan bisa segera di patch sebelum dieksploitasi oleh orang lain.

Beberapa tema dan plugin juga memiliki dokumentasi tersendiri, mulai dari cara setup paling dasar hingga yang paling rumit. Sayangnya dokumentasi cara penggunaan tema dan plugin premium tidak semua bisa dicari di Google.

Para developer juga menyediakan forum untuk diskusi online antar sesama pengguna layanan mereka, forum tersebut digunakan untuk sharing pengalaman selama menggunakan tema dan plugin, tips konfigurasi atau penyetingan, dst.

Forum dan dokumentasi tema dan plugin ini hanya dikhususkan untuk mereka yang menjadi customer mereka saja.

3. Performa SEO Turun Drastis

Tema dan plugin ilegal membuat performa SEO blog menjadi turun drastis
Ternyata bukan hanya malware seperti yang disebutkan pada poin pertama saja, faktor penyebab turunnya kualitas SEO dari sebuah blog yang menggunakan tema nulled atau plugin bajakan.

Umumnya tema WordPress bajakan disisipi sebuah link copyright dari si pembajaknya. URL si pembajak tadi akan tampil di halaman depan dari blog kamu.

Google akan menanggap blog kamu melanggar hak cipta orang lain karena terindikasi menggunakan tema nulled dan berafiliasi dengan si pembajak melalui link copyright tadi.

Dan bisa juga, jika yang punya hak cipta itu komplain ke Google. Blog kamu bisa dengan mudah di take down dari hasil penelusuran. Tidak berhenti di sana, malah tema nulled WordPress juga diselipi script iklan milik si pembajak.

Iklan itu nantinya akan tampil di laman muka blog kamu, pembaca blog tentu saja akan merasa risih, dan hal ini yang akan membuat bounce rate menjadi tinggi.

Si pembajak dapat penghasilan tambahan dari blog kamu, kamu cuma gigit jari.

4. Tema dan Plugin Tidak Bekerja dengan Baik

Plugin nulled atau tema bajakan kemungkinan besar tidak akan bekerja optimal dalam jangka waktu yang lama

Namanya juga tema WordPress nulled dan plugin bajakan, secara kode pemrograman sudah banyak diubah agar fitur kunci lisensi tidak dapat bekerja.

Perubahan yang dilakukan ini secara kualitas tidak dicek sama sekali, apakah tema dan plugin tetap bisa bekerja dengan baik atau akan muncul eror saat digunakan.

Mungkin saat ini terlihat baik-baik saja atau bisa bekerja dengan baik, namun pada saat ada pembaruan software seperti update WordPress, web server, PHP, MySQL, dst. Eror bisa saja terjadi.

Ketika muncul eror, kamu tidak akan bisa memperbaiki secara mandiri. Saat butuh support dari developer resmi, mereka juga tidak bisa bantu lantaran plugin dan tema yang kamu gunakan tidak original.

Karena masalah eror ini bisa menyita banyak waktu, tugas blogger yang tadinya bisa fokus ke proses produksi konten. Malah terganggu dengan eror yang disebabkan plugin dan tema WordPress nulled.

5. Plugin dan Tema Bajakan Bikin Rugi Orang Lain

Menggunakan tema dan plugin nulled membuat developer gulung tikar

Ketika seorang creator membuat produk digital, ada banyak waktu yang diperlukan mulai dari tahap perencanaan hingga implementasi. Sebuah produk yang berkualitas tidak dibuat dalam waktu satu malam.

Risetnya saja bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan, sampai pada akhirnya produk diputuskan untuk di develop. Perjalan panjang ini juga menghabiskan banyak sumber daya seperti finansial, tenanga, pikiran, dst.

Wajar jika sudah jadi produk tersebut, baru diberikan harga yang sesuai oleh si product owner terkait layanan produk atau jasa yang ditawarkan. Saat kamu menggunakan plugin bajakan atau tema nulled.

Hal ini akan berimbas pada sisi pendapatan si pemilik plugin dan tema premium. Tidak semua orang memiliki permodalan yang besar, ada customer yang beli satu produk mereka saja, bisa jadi sangat membantu keberlangsungan bisnis mereka.

Sebaiknya jika belum mampu untuk membeli tema atau plugin yang berbayar. Gunakan saja yang gratis terlebih dahulu. Jangan gunakan yang nulled atau yang bajakan.

Karena keberkahan bisnis juga ditentukan dari hal ini bukan?

6. Hilangnya Kekuatan Hukum

Plugin dan tema bajakan ini bisa digolongkan menjadi pencurian data, kehilangan data, dan distribusi materi secara ilegal.

Saat blog yang digunakan untuk tujuan komersil seperti untuk layanan bisnis, blog perusahaan, toko online, blog yang disertai dengan iklan yang pemiliknya mendapatkan penghasilan dari sana.

Si pemilik tema atau plugin premium, yang mengetahui bahwasannya ada blog dengan tujuan komersil namun menggunakan software bajakan. Blog tersebut bisa dijerat secara hukum, bahkan terkena denda karena melanggar hak cipta.

Plugin dan tema bajakan ini bisa digolongkan sebagai pencurian data, kehilangan data, dan distribusi materi secara ilegal. Akun adsense yang terkena demonetization bisa juga berasal dari hal ini.

Dari mana Google bisa tahu kalau blog tersebut menggunakan plugin atau tema WordPress bajakan? Tentu bisa dari bot, bisa juga dari laporan pelanggaran ads yang berasal dari pengunjung blog.

7. Solusi Alternatif untuk Tema dan Plugin Bajakan

Solusi untuk mereka yang menggunakan tema dan plugin wordPress bajakan

Tema dan plugin yang didapat dari situs penyedia software bajakan, sama sekali tidak aman. Sulit mengecek apakah ada file backdoor yang ditanam atau tidak, script ads yang disembunyikan, dan backlink yang mengarah ke situs bajakan, dll.

Kesemua resiko tersebut akan mempertaruhkan nilai SEO blog dan reputasi online bisnis kamu. Sebenarnya menggunakan tema dan plugin yang gratisan bisa jadi alternatif, yang bijak.

Gunakan tema dari sumber terpercaya, seperti situs WordPress.org. Kamu bisa search dengan keyword “tema WordPress gratis untuk toko online” atau “tema WordPress gratis untuk blog personal”, tinggal disesuaikan dengan niche blog kamu.

Pada situs WordPress.org tersedia plugin sebanyak 54.571 yang bisa digunakan secara gratis sebagai alternatif dari plugin premium. Tidak ingin instal banyak plugin? Gunakan saja plugin Jetpack.

Jika dirasa kamu memerlukan feature yang lebih canggih dan adanya hanya pada layanan premium. Belilah tema atau plugin dari situs terpercaya seperti Elegantthemes, UpdraftPlus, dan Automattic.

Saat ini pembayaran menggunakan bank lokal seperti Jenius, BNI, dan Mandiri juga bisa melalui Paypal. Tidak perlu memiliki kartu kredit untuk melakukan pembayaran tagihan di luar negeri.

Kesimpulan

Jika kamu mau menekuni blog untuk investasi jangka panjang dan menjadi bisnis yang sustain untuk waktu yang lama. Jangan pernah menggunakan tema nulled atau plugin bajakan.

Selain membuat blog rentan untuk dihack, dampak negatif dari penggunaan tema dan plugin bajakan sangat luarbiasa terkait nilai SEO blog kamu di mata mesin pencari. Terlalu besar resiko yang harus diambil.

Di luar sana ada banyak tutorial cara crack theme atau crack plugin WordPress. Namun percayalah, hal tersebut malah membuat theme atau plugin menjadi crash.

Gunakan saja tema dan plugin yang gratis atau cobalah mulai menabung untuk membeli lisensi tema dan plugin yang premium. Upgrade satu per satu sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Lisensi premium tersebut bisa menjadi aset digital untuk blog kamu kelak.

Jika kamu suka dengan tulisan di atas, bagikan artikel ini ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest. Klik tombol share untuk membagikan tulisan dan kamu bisa sharing dengan kami juga di Facebook, Twitter, dan Youtube.