Coding merupakan sesuatu kata yang mungkin sudah familiar di telinga kamu semua. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut menjadi bahasa masa depan.

Untuk melakukan pemrograman kamu membutuhkan coding guna menjalankan fungsi yang diinginkan. Kini belajar coding tidak mahal cukup melakukan selancar di dunia maya.

12 Situs Tempat Belajar Coding

Menguasai keahlian coding memungkinkan kamu untuk mendapatkan pengasilan ekstra karena kemampuanya dicari oleh banyak perusahaan. Berikut situs untuk belajar coding yang gratis dan murah.

1. Code Academy

Situs yang menawarkan tempat untuk belajar coding yang pertama yaitu code academy. Situs ini dapat di akses secara gratis.

Code Academy merupakan situs yang cukup populer di kalangan para pemula. Hal itu karena pengoperasianya cukup mudah.

Lebih dari 45 juta orang telah belajar di situs ini. Panduan yang dibuat cukup terperinci dan mudah untuk di pahami bagi pemula sekalipun.

Kamu dapat memilih kurikulum yang ingin dikuasai. Beberapa materi yang tersedia yaitu HTML dan CSS, Java script dan SQL Bash/Shell, Ruby, C++, maupun phyton.

Situs ini sangat mudah untuk di akses. Rasakan pengalaman belajar yang luar biasa menjadi seorang programer.

2. Tempat Belajar Coding di Coursera

Situs lainnya yang dapat kamu gunakan untuk belajar coding yaitu coursera. Situs ini sangat recomended untuk dijadikan referensi dalam belajar coding.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2012 ini merupakan salah satu perusahan nirlaba yang menawarkan berbagai kursus. Salah satunya yaitu tentang program pengkodingan.

Perusahaan teknologi pendidikan nirlaba ini menawarkan lebih dari 1.000 materi kursus. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan lebih dari 119 institusi pendidikan.

Hal tersebut membuat kursus yang diberikan lebih terakreditasi. Bahan ajaran yang diberikan juga valid dan terkini. Kamu dapat mengambil berbagai program untuk mendapatkan sertifikat resmi. Namun bagi yang tidak ingin membayar terdapat beberapa pengantar pemprograman yang gratis.

Kerjasama yang dijalin coursera cukup beragam. Beberapa lembaga pendidikan yang bekerjasama yaitu University of Toronto, Stanford, University of Washington, Vanderbilt dan lainnya.

3. edX

Apabila kamu ingin merasakan bahan ajar dari universitas ternama di bidang teknologi dapat mencoba untuk menggunakan situs edx. Di sana dapat ditemukan materi belajar kelas dunia.

edX merupakan salah satu platform pembelajaran online yang didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT University. Wow dua universitas kelas dunia.

Platform edX ini didirikan pada tahun 2012. Kamu dapat belajar program pengcodingan di sana dengan materi yang cukup mutakhir dan terkini.

Namun untuk mengakses materi di platform ini kamu harus membayar. Harga yang ditawarkan cenderung murah dan sangat terjangkau.

Kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar ilmu komputer yang merupakan mata kuliah wajib di Harvard University. Perlu diketahui bahwa materi tersebut gratis.

Pada saat ini edX telah bekerjasama dengan lebih dari 53 lembaga pendidikan. Kualitas dari materi coding sudah tidak diragukan lagi.

4. Udemy

Salah satu plafrom pembelajaran online lainnya yang dapat mengajarkan coding yang gratis dan murah yaitu udemy. Kamu dapat mendownload materi ajarnya secara gratis.

Beberapa materi yang disediakan memang berbayar, khususnya yang membutuhkan sertifikat. Namun banyak materi yang dapat diunggah secara gratis.

Udemy didirikan pada tahun 2010. Situs ini menyediakan ratusan bahan ajar. Puaskanlah dahaga ilmu pengetahuanmu dengan mengunjungi situs ini.

Kursus pemprograman gratis yang dapat di unggah melalui situs ini yaitu API, HTML, Phyton frameworks, + Payment dan CCS.

5. Agupie Ware

Agupie Ware merupakan salah satu pionir yang mengembangkan aplikasi secara independen. Lalu mereka melakukan berbagai survei ke beberapa lembaga pendidikan yang termuka di Amerika.

Mereka kemudian mengumpulkan berbagai bahan ajar tersebut. Lalu mereka membuat kurukulum yang serupa untuk dibagikan kepada khalayak secara gratis.

Beberapa lembaga pendidikan yang menjadi acuan yaitu MIT, Carnegie Mellon, Stanford, Columbia, dan Berkeley. Kualitas dari materi yang di tawarkan cukup baik.

Agupie Ware membagi 15 program yaitu tiga kelas pengantar, tujuh kelas inti, dan lima kelas pilihan. Kamu akan diberikan ilmu tentang pemrograman yang terperinci dan aktual.

Seorang programer tidak benar-benar membutuhkan ijazah untuk berkarya. Jadi, janganlah ragu untuk mempelajari segera.

6. Tempat Belajar Coding yang Terkenal yaitu Github

Belajar terlalu keras seringkali membuat kamu melupakan beberapa materi yang penting. Lalu kesulitan untuk mencari materi yang relevan dengan permasalahan.

Github dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang kamu alami. Situs ini akan menghubungkanmu dengan lebih dari 31 juta developer.

Kamu dapat melakukan kolaborasi, membangun perangkat lunak, maupun saling memberikan materi. Istilah ditempat ini yaitu coding camp dimana kamu dapat belajar dan berkolaborasi bersama.

7. MIT Open Courseware

Bagi kamu yang sudah mempelajari dan mengerti menagenai dasar-dasar pengkodingan dapat menaikan level ke yang lebih tinggi. Kunjungilah MIT Open Courseware untuk naik tingkat.

Di dalam MIT open courseware tidak menyediakan materi mengenai dasar pengkodingan. Kamu harus belajar di aplikasi maupun situs lainnya.

Di dalam situs tersebut memungkinkan kamu untuk membahas mengenai teori di balik proses coding. Hal itu akan memperkuat pemahaman di bidang pemrograman.

Situs ini dapat diakses secara gratis. Kamu dapat masuk ke dalam beberapa kelas yang tersedia di dalamnya. Beberapa kelas yang tersedia yaitu pengantar ilmu komputer, Java, Mat Lab, C++, dan lainnya.

Situs ini sangat recomended bagi kamu untuk belajar coding tingkat expert.

8. Hack.pledge

Untuk meningkatkan jejaring kamu dalam dunia pengkodingan, dapat menggunakan situs ini. Di hack.plegde berkumpul para master di bidang ini.

Hack.plegde merupakan wadah bagi setiap komunitas programer. Developer kelas atas terdapat di jejaring ini. Beberapa developer kelas atas yang bergabung di sini yaitu bit torrent dan bram cohen.

Kamu dapat berkolaborasi dan menyempurnakan karyamu di hack.pledge.

9. Code Avengers

Kamu yang memiliki anak usia 5 hingga 14 tahun dan sangat menyukai tentang proses pengcodingan dapat disalurkan ke code avengers. Disana anak akan dilatih mengenal proses coding.

Perusahaan yang berbasis di selandia baru ini menawarkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dijamin anak tidak akan bosan.

10. Khan Academy

Khan academy merupakan salah satu lembaga pembelajaan online yang gratis. Kamu dapat menonton berbagai video tutorial yang disediakan.

Beberapa materi yang di tawarkan yaitu pemrograman animasi menggunakan Javascript, pembuatan halaman web dengan HTML, dan CSS. Program yang diberikan sangat menyenangkan.

11. Free Food Camp

Di tempat ini kamu dapat mempelajari banyak hal seperti CSS3, Javascriptm databases, node.js, HTML5, dan lainnya. Semua itu dapat didapatkan secara gratis.

Kelebihan di sini yaitu kamu akan didampingi oleh komunitas yang profesional dan berpengalaman. Di sana dapat dilakukan sharing pengetahuan maupun kolaborasi dengan user lainnya.

12. Web Fundamentals

Web fundamentals merupakan salah satu web yang dibuat oleh google. Di sana kamu dapat menemukan banyak tutorial, meteri, dan info terbaru tentang pengkodingan.

Namun web ini hanya menyediakan materi untuk pengantar. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang baru terjun ke dunia pengkodingan.

Belajar coding saat ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dan buku text book yang sangat tebal. Kamu tinggal membuka situs di atas secara gratis dan pelajarilah semuannya.