Banyak orang yang menggunakan Facebook di Indonesia sendiri, masih salah mengartikan fitur tagging. Mungkin sebagian dari Anda ada yang mengalami hal seperti: Di-tag namun tidak ada informasi yang berkaitan dengan diri Anda.

Ada juga yang men-tag produk yang sayangnya kita sendiri tidak ada ketertarikan atas produk tersebut. Belum lagi yang autotag yang menampilkan foto-foto syur atau link promo. Biasanya akun Facebook semacam ini “dibajak” dengan menggunakan scripts tertentu.

Baca juga: Fake Login Facebook Tips Cara Menghindarinya

Belum lagi kalau ada notifikasi yang memberikan komentar ini dan itu di bawah postingan yang terdapat akun Facebook kita di dalamnya. Muncul di timeline syukur-syukur postingan yang memberikan manfaat. Lah kalau yang muncul postingan berbau pornografi, link promosi berunsur sara, dan hal-hal negatif lainnya gimana?

Mereka yang terkena jebakan betmen atau yang Facebook-nya dijailin. Mungkin kita tidak bisa langsung unfriend begitu saja. Wong mereka sendiri tidak tahu bagaimana akun Facebook-nya bisa memposting ini dan itu. Well, opsi unfriend itu adalah pilihan terakhir.

Kali ini kita akan coba meminimalisir agar timeline Facebook Anda bersih dari sampah (kegiatan spamming). Berikut ini kita bahas cara mengontrol agar timeline Facebook tidak tersusupi dengan konten-konten yang telah saya sebutkan di atas.

Fitur Tag Facebook Tidak Dapat Anda Non Aktifkan

Perlu Anda ketahui bahwa fitur tag facebook ini tidak dapat dinonaktifkan. Seseorang masih tetap bisa memberikan tag ke akun Facebook Anda tanpa izin.

Namun Anda bisa mengontrol tag postingan apa saja yang diperbolehkan muncul di timeline Facebook Anda. Pada saat seseorang men-tag akun facebook Anda. Orang lain bisa mengetahui hal tersebut dari postingan terkait.

Tidak hanya itu, seseorang bisa juga mencari siapa saja yang terkait dengan sebuah postingan tertentu yang sebelumnya akun Facebook Anda sudah di-tag oleh orang yang memposting.

Sebagai solusi agar seseorang tidak bisa mencari tag dari akun Facebook Anda. Gunakan fitur untag untuk menghapus postingan yang mengaitkan dengan akun Facebook tersebut.

Solusi lain yaitu jika memang postingan tersebut sangat menjengkelkan. Anda bisa mem-block dan unfriend orang yang melakukan tag ke facebook Anda. Ini sudah opsi terakhir lho ya. 🙂

Tips Mengontrol Postingan yang Muncul di Timeline Facebook Anda

Sekarang mari kita setting agar tidak semua tag muncul di timeline facebook kita. Klik menu Setting > selanjutnya pilih menu Timeline and Tagging.

Pada tulisan “Review posts friends tag you in before they appear on your Timeline?” beri nilai dan tanda centang pada enable. Ikuti seperti gambar di bawah berikut ini.

Cara agar Setiap Postingan yang Ada Tag Nama Facebook Anda agar Direview Terlebih dahulu Sebelum Muncul di Timeline Facebook Anda

Setelah mengaktifkan fitur ini, postingan seseorang yang telah men-tag nama akun facebook Anda ,tidak bisa langsung muncul di timeline facebook Anda.

Postingan tersebut harus Anda review terlebih dahulu dan dikonfirmasi, baru postingan tadi muncul di timeline facebook Anda. Jika seseorang men-tag akun facebook Anda, akan ada notifikasi dari Facebook.

Ada dua pilihan yaitu klik “add to timeline” untuk memunculkan postingan atau klik “hide” untuk menyembunyikan postingan dari timeline Facebook Anda. Sip, mudah bukan?

Kesimpulan

Tips di atas adalah cara bagaimana agar timeline Facebook Anda tetap bersih dan rapih. Aktifkan fitur di atas jika ada beberapa teman Anda yang masih salah mengartikan fitur tag akun Facebook ini.

Klik untag untuk menghapus nama akun Facebook Anda dari sebuah postingan. Atau klik unfriend dan block user jika kegiatan spamming yang dilakukan sangat menyebalkan. Semoga tips di atas bermanfaat! 😉