Cara Membuat Custom URL Channel Youtube dengan Nama Brand Sendiri

Yo yo yo whatsapp bro? Kembali lagi ke channel youtube terkece, teralay, terlebay. Lagi ngikutin gaya ngomong dari Atta Helikopter nih ceritanya. Kali ini saya mau bahas nih tentang tips nge-yutub yang mungkin kamu lagi cari.

Klo kamu sampai baca artikel ini, berarti kamu ada ketertarikan dengan dunia per-yu-tu-ban. Well, ga ada masalah dengan itu kok, karena saat ini youtube memang lagi populer dan trending di kalangan anak muda.

Mereka yang kreatif tidak hanya mendapatkan fans dari berbagai macam dunia. Tetapi juga mendapatkan uang dari Google Adsense untuk Youtube. Ya. Kamu bisa monetize channel yang kamu miliki di Youtube untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Saya belum bahas nih mengenai gimana cara menghasilkan uang dari Google Adsense, nanti bisa kita bahas bareng itu juga klo kamu mau dan butuh di blog ini. Klo kamu rasa perlu kita bahas, coba komen artikel di bawah ini dan bilang. “review dong om tentang adsense for youtube”.

Sekarang saya mau bahas hal yang sederhana dulu nih, karena pundi-pundi uang dari Youtube ga hanya soal adsense melulu. Ada yang lebih besar dari itu sebenarnya, yaitu dari endorsement dari brand perusahaan top dan besar.

Sekali bayar paid review bisa jutaan mungkin angkanya, hanya sekali post satu video saja itu. Nah untuk menuju tahapan ke sana. Kita perlu permak dahulu channel Youtube kita saat ini, agar terkesan profesional di mata viewer dan subscriber.

Udah tau belum bedanya viewer dan subscriber itu apa? Yuk kita bahas sedikit.

Viewer dan Subsriber Channel Youtube, Mereka Itu Siapa?

Viewer dan Subsriber Channel Youtube, Mereka Itu Siapa?

Viewer bisa dibilang adalah orang yang belum kenal sama sekali dengan channel Youtube kamu, sedangkan subscriber adalah viewer yang merasa bahwa channel Youtube kamu bermanfaat atau minimal ada value yang mereka butuhkan.

Sehingga yang tadinya mereka hanya nonton sekilas aja, jadi pelanggan setia yang melihat channel Youtube kamu setelah mereka menekan tombol subscribe (berlangganan).

Semakin kamu sering membuat konten video yang bermanfaat dan tepat sasaran. Maka konversi untuk merubah viewer menjadi subscriber peluangnya menjadi lebih tinggi. Ibarat penjual, sudah ketemu barang yang tepat untuk dijual ke orang yang membutuhkan.

Nah kenapa saya bahas hal ini, karena ada kaitannya dengan materi kita. Youtube mengharuskan para Youtuber atau content creator, untuk memiliki minimal 100 subscriber dahulu agar mereka bisa membuat custom URL channel Youtube dengan nama brand mereka.

Perbedaan antara URL Channel Youtube Biasa dan yang Sudah Di Custom

Bedanya apa sih antara custom URL Channel Youtube dengan nama brand sendiri dengan URL channel Youtube yang biasanya? Coba kamu akses URL alamat channel Youtube berikut ini yang sudah di custom dengan brand sendiri:

https://www.youtube.com/c/situstarget

dan bedakan dengan URL alamat channel Youtube yang belum di custom dengan nama brand:

https://www.youtube.com/channel/UCEpXmZaSVgSKsBmb8xUp7gw

Dari dua URL alamat channel Youtube di atas. Saya mau tanya beberapa pertanyaan berikut jika kamu sebagai viewer dan subscriber Youtube ceritanya nih:

  • Mana URL alamat channel Youtube yang terlihat lebih profesional?
  • Mana URL channel Youtube yang lebih terkesan autentik dengan brand tertentu?
  • Mana URL channel Youtube yang lebih mudah diingat oleh viewer dan subscriber?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan di atas kamu jawab, yaitu alamat channel Youtube yang pertama adalah jawabannya. Maka itu lah manfaat dari kamu memiliki channel Youtube yang alamatnya sudah di kustomisasi. Menarik kan?

Sekarang kamu sudah tahu nih manfaat memiliki url channel youtube yang di custom dengan brand sendiri. Lalu gimana cara membuatnya? Apakah sulit? Ngga kok, berikut ini persyaratannya:

  • Channel youtube kamu sudah memiliki minimal 100 subscriber
  • Usia dari channel youtube kamu sudah lebih dari 30 hari.
  • Kamu sudah upload channel icon dari Youtube kamu sendiri.
  • Kamu sudah upload channel art.

Cara Membuat Alamat Channel Youtube yang bisa Di Custom

1. Cara Mendapatkan 100 Subscriber Youtube Kurang dari Satu Minggu

Cara Mendapatkan 100 Subscriber Youtube Kurang dari Satu Minggu

Untuk mendapatkan subscriber Youtube 100 itu mudah sekali. Kamu masih punya Facebook? Coba cek berapa banyak teman di friendlist yang kamu miliki saat ini? Saya sendiri memiliki 5000 teman di Facebook personal.

Nah cara mendapatkan subscriber, ya kamu harus promosikan channel Youtube kamu ke teman terdekat dahulu. Info ke mereka klo kamu punya Youtube Channel yang bahas tentang hobi, jualan, atau apapun itu.

Saya sendiri pertama ajak teman dekat untuk subscribe Youtube channel yang saya miliki melalui Facebook Messenger, setelah itu mengajak teman dekat melalui kontak via whatsapp personal dan di group.

Teman kan banyak nih, bisa teman kuliah, teman sekolah, teman di kantor. Saudara, keluarga, teman satu hobi. Nah kamu manfaatkan jejaring sosial maupun media komunikasi whatsapp dan telegram untuk mempromosikan Channel Youtube kamu.

Paling efektif adalah saat kamu ngobrol dengan seseorang, yang kebetulan dia lagi megang smartphone. Langsung ajak dia dan infoin tentang channel Youtube kamu untuk subscribe. Ini yang paling efektif banget!

2. Channel Youtube Kamu Harus Sudah Berusia Minimal 30 Hari

Channel Youtube Kamu Harus Sudah Berusia Minimal 30 Hari

Klo ini yang ga bisa di apa-apain sudah ketentuan dari pihak Youtube, sambil menunggu 30 hari kalau channel youtube kamu masih baru. Kamu bisa sambil upload-upload video di channel yang baru itu.

Upload video bisa terkait siapa diri kamu, channel yang kamu buat itu mengenai apa isi konten kedepannya, value apa yang bakal kamu bagi ke viewer dan subscriber. Ini bisa kamu buat sebagai video introduction nantinya.

Intinya di 30 hari pertama kamu harus tahu untuk siapa konten video itu dibuat. Apakah untuk remaja, orang dewasa, semua kalangan usia, anak kecil kah? Bahasa seperti apa yang nantinya kamu gunakan, bahasa gaul? Semi formal? atau formal?

Lalu value apa yang kamu ingin bagikan ke viewer dan subscriber, seperti pengalaman hidup, ilmu pengetahuan, lifehack, motivasi, inspirasi, teknologi, atau daily vlog? Ini harus dipikirkan di awal agar tidak stuck nantinya saat mulai nge-Youtube.

3. Kamu Perlu Menambahkan atau Merubah Channel Icon untuk Channel Youtube Kamu

Kamu Perlu Menambahkan atau Merubah Channel Icon untuk Channel Youtube Kamu

Channel icon bisa foto kamu, klo isinya tentang daily vlog, standup commedy, atau konten yang bersifat personal. Channel youtube yang bersifat company brand, bisa logo atau foto produk kamu.

Caranya mengganti atau menambahkan channel icon youtube, cukup mudah tinggal kamu akses saja halaman berikut ini aboutme.google.com. Gambar yang kamu upload bisa menggunakan ekstensi file JPG, PNG, BMP, GIF, namun animasi GIFs belum mendukung untuk saat ini.

Kamu lihat di gambar di atas, ada dua gambar kan? Ada yang gambar screen layar dan ada yang gambar kopi. Keduanya bisa kamu ganti sesuai dengan kemauan kamu, namun jangan pernah mengunggah gambar selebriti, gambar telanjang, karya seni seseorang, dan gambar yang memiliki copyright seperti logo perusahaan orang lain untuk channel icon YouTube kamu.

Karena klo kamu tetep melakukannya bisa jadi channel YouTube kamu akan di banned. Setelah tahapan ketiga ini kamu lakukan, tinggal dua langkah lagi kamu bisa membuat custom URL channel Youtube.

4. Membuat dan Mengganti Channel Art Youtube

Membuat dan Mengganti Channel Art Youtube

Di bagian atas sebelah kanan dari gambar di atas ada sebuah tanda gambar kamera yang berwarna putih, kamu bisa klik gambar tersebut untuk mengganti channel art Youtube kamu.

Kamu bisa memanfaatkan gambar-gambar gratis yang dibagikan pada Pixabay, lalu kamu edit kembali dengan aplikasi yang bernama canva agar gambar lebih berwarna dan lebih hidup, tidak monoton.

Semakin kreatif gambar dari channel art Youtube kamu, di mata penonton dan subscriber ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena channel art Youtube bisa menggambarkan sebesarapa kreatif dan profesional kamu sebelum mereka memutuskan untuk menonton video-video yang ada di Channel Youtube kamu.

Nah buat kamu yang masih kesusahan untuk mengganti atau menambahkan channel art Youtube, berikut video tutorialnya:

5. Saat Keempat Poin Telah Terpenuhi Saatnya Kamu Klaim Channel Youtube Kamu

Saat Keempat Poin Telah Terpenuhi Saatnya Kamu Klaim Channel Youtube Kamu

Cara klaim URL kustomisasi untuk alamat channel Youtube kamu yang perlu kamu lakukan yaitu:

  • Login dahulu di Youtube dengan menggunakan Laptop / Komputer.
  • Pilih Setelan > Setelan Lanjutan
  • Akan ada pemberitahuan “You’re eligible for a custom URL” jika keempat syarat di atas telah kamu penuhi
  • Selanjutnya pilih “Get a custom URL”. Kamu bisa sekarang custom URL alamat channel Youtube kamu.
  • Saat muncul persetujuan, tinggal agree saja, lalu pilih change URL.

Selamat! Sampai di poin kelima ini berarti kamu sudah berhasil membuat kustomisasi URL channel Youtube kamu dengan brand kamu sendiri.

Setelah URL channel Youtube kamu berhasil di custom dengan nama brand sendiri. Sekarang saatnya kamu lebih rajin lagi mempromosikan channel Youtube kamu ke teman-teman dekat kamu maupun ke forum-forum online.

Sekarang sudah lebih Pede, karena URL kamu lebih kece dan terlihat pro, bukan lagi Youtuber kaleng-kaleng yang menggunakan URL channel yang susah diingat. Yuk sharing pengalaman kamu bikin custum URL channel Youtube di bawah artikel ini.

Jangan lupa di share ya artikel ini jika kamu rasa bermanfaat. Klik tombol share untuk membagikan tulisan di atas ke Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram.

Mungkin ada teman kamu sesama vlogger yang butuh info ini.