Cara Aman Menyimpan Emas di Brankas Rumah Tanpa Rasa Cemas

Melanjutkan tulisan sebelumnya yang berjudul Brankas Murah untuk Di Rumah. Kali ini saya membahas bagaimana tips aman menyimpan emas di brankas rumah. Rumah memang bisa jadi tempat yang paling aman dibandingkan di bank sekalipun apabila Anda memiliki lingkungan yang mendukung.
Bahkan baginda Rasulullah pun mengingatkan kita untuk “membeli” lingkungan di sekitar rumah terlebih dahulu sebelum membeli rumah secara fisiknya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan logam mulia misalnya emas atau perak di rumah kurang lebih seperti ini:

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah Anda Terlebih Dahulu

Perhatikan tetangga di sekitar rumah Anda

Perhatikan tetangga di sekitar rumah Anda Photo Credit: GraciousNeighbor via Compfight cc


Bagi mereka yang baru saja pindahan rumah ke lingkungan yang baru dan belum memiliki ikatan yang kuat dengan tetangga di sekitar rumah. Saya sarankan untuk menunda terlebih dahulu menyimpan logam mulianya di brankas yang disimpan di rumah.
Meskipun Anda tinggal di perumahan dengan sistem keamanan yang tinggi, cluster, dan seterusnya. Trust me, dekat dengan tetangga itu juga merupakan salah satu cara agar rumah kita terhindar dari kemalingan atau tindak kejahatan lainnya. Jika Anda sudah tinggal lama di rumah Anda saat ini dan memiliki hubungan baik dengan tetangga di sekitar, serta ada sistem keamanan tambahan seperti satpam perumahan ini jauh lebih baik.

2. Tidak Ada Salahnya Anda Memasang CCTV di Rumah

Pasang CCTV di Rumah bisa jadi pilihan yang baik

Pasang CCTV di Rumah bisa jadi pilihan yang baik Photo Credit: Moody Kell via Compfight cc


Saat ini banyak sekali kita melihat di facebook, berita televisi, atau bahkan koran sekalipun, telah banyak kasus kejahatan yang terungkap berkat bantuan dari alat CCTV atau kamera pemantau/pengawas. Jika memang dibutuhkan tidak ada salahnya Anda juga memasang CCTV di rumah Anda.
Lokasi yang dipantau biasanya teras, ruang tamu, garasi atau tempat parkir, dan ruang kerja pribadi rumah. Pastikan lokasi tempat penyimpanan brankas di rumah juga dipantau oleh CCTV. Berarti ditambah ini sudah tiga poin yang kita bahas, yaitu tetangga, satpam perumahaan, dan CCTV di rumah. Selanjutnya ke tempat penyimpanan brankas itu sendiri.

3. Simpan Brankas di Lokasi yang Aman dan Terjangkau

Simpan brankas di tempat yang aman dan "terjangkau" oleh Anda.

Simpan brankas di tempat yang aman dan “terjangkau” oleh Anda. Photo Credit: cvorhisphoto via Compfight cc


Pikirkan juga lokasi tempat penyimpanan brankas di rumah. Pastikan lokasi tempat penyimpanan itu adalah tempat yang aman. Misalnya Anda simpan di dalam lemari pakaian atau di bawah kolong tempat tidur. Selain Anda memikirkan lokasi yang aman untuk menyimpan brankas di dalam rumah.  Pada saat keadaan genting/darurat misalnya kebakaran, gempa bumi, dan seterusnya. Proses evakuasi brankas juga perlu diperhatikan.
Jangan sampai karena tidak terjangkau oleh Anda sehingga menyulitkan proses evakuasi barang-barang berharga milik Anda. Contoh yang sulit terjangkau misalnya simpan brankas di atas loteng rumah atau bunker bawah tanah, dan seterusnya. Berat dari brankas itu sendiri umumnya berkisar antara 29Kg hingga 150Kg tergantung dari ukuran, jenis material brankas, dan lain-lain. Tulisan sebelumnya saya sudah membahas tentang brankas ideal untuk rumahan.

Bagikan tulisan ini juga di Facebook, Twitter, Google Plus, WhatsApp, dan Line yang Anda miliki. Siapa tau ada rekan Anda yang ingin menyimpan logam mulia di brankas rumah, bisa dapat sedikit tips bermanfaat dari tulisan ini.