Kategori: Tips Tekno

Tips dan Trik Windows 10 yang Jarang Orang Ketahui

Beberapa tips dan trik Windows 10 ini masih jarang orang ketahui lho, padahal fitur tersembunyi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kamu selama bekerja.

Windows 10 selalu mendapat update dan mendapat fitur baru, dan sebagian orang masih belum mengetahui kehadiran fitur-fitur tersebut. Inilah 10 trik Windows 10 tersembunyi yang belum banyak diketahui.

Windows 10 sendiri memiliki banyak perubahan sejak pertama kali dirilis, dan sebagian membawa fitur-fitur Windows 8 dan Windows 8.1. Sebagian juga merupakan fitur lama Windows 7, namun dengan tampilan dan pengaturan yang berbeda.

Fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan produktivitas. Apalagi bagi pengguna yang selalu bekerja di depan komputer, trik-trik rahasia ini mampu membantu pekerjaan agar lebih cepat dan efektif diselesaikan.

Lalu apa saja trik-trik atau fitur-fitur tersembunyi tersebut?

1. Membuka Start Menu dengan Tampilan Baru

Windows 10 membawa Start menu dengan tampilan yang baru. Namun ada satu fitur di balik Start menu yang lebih sederhana, yakni menu Windows+X.

Menu ini dapat diakses dengan menekan Logo Windows+X pada keyboard secara bersamaan.

Bagi pengguna yang ingin versi sederhana dari Start menu, menu Windows+X merupakan pilihan yang tepat.

Menu ini juga diakses lebih cepat karena merupakan menu klik-kanan dari logo Windows yang berada di Taskbar.

Pada umumnya, menu ini menampilkan sebagian menu dari Control Panel, opsi shutdown, dan menu penting lainnya termasuk untuk membuka PowerShell.

Menu PowerShell sendiri dapat diubah menjadi menu Command Prompt apabila kamu tak menyukai PowerShell.

Klik-kanan Taskbar, dan pilih Taskbar settings.

Pada “Replace Command Prompt with Windows PowerShell in the menu…”, klik tombolnya dan pastikan statusnya “Off”.

Maka, Command Prompt akan muncul di menu Windows+X.

2. Jalan Pintas ke Desktop

Windows memiliki fitur untuk mengakses desktop lebih cepat dengan mengklik tombol yang berada di pojok kanan bawah. Di Windows 10, tombol ini berada di sebelah kanan tombol Action Center.

Ini bukanlah fitur baru. Fitur ini juga hadir di Windows 7, namun Windows 10 juga membawanya dan sebagian orang belum mengetahui fitur ini.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa “mengintip” desktop ketimbang me-minimize semua window atau jendela. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan memindahkan kursor mouse ke tombol tersebut.

Secara default, fitur ini mungkin saja belum aktif, dan kamu bisa mengaktifkannya di Settings > Personalization > Taskbar. Pada “Use peek to preview the desktop”, pastikan status tombolnya “On”. Jika tidak, klik sekali agar menjadi “On”.

3. Trik Windows 10 Pada Windows Search

Windows 10 membawa Windows Search yang dapat digunakan untuk mencari file, menu Control Panel, atau apa pun yang berada di sistem Windows. Di Windows 10, fitur ini memiliki tampilan terpisah dari Cortana, dan kinerjanya dapat dipercepat.

Kamu bisa mempercepat kinerja Windows Search dengan melakukan perubahan di Settings > Search > Searching Windows. Pilih mode Enhanced.

4. Me-minimize Semua Jendela di Windows 10

Fitur ini bukanlah fitur lama. Kamu juga bisa melakukannya di Windows 7. Fitur ini memungkinkan kamu me-minimize semua jendela/window dengan menggoyangkan title bar pada satu jendela aktif yang ingin, sehingga hanya jendela aktif tersebut akan yang akan tetap muncul.

Klik-tahan pada title bar (yang sejajar dengan tombol minimize, maximize, dan close). Lalu goyangkan dengan mouse secepat mungkin.

Maka semua jendela kecuali jendela yang digoyangkan akan di-minimize.

5. Fitur Slide To Shutdown

Windows 10 memiliki satu fitur bawaan Windows 8 yang bernama Slide to Shutdown. Seperti namanya, fitur ini digunakan dengan menggulir layar untuk melakukan shutdown.

Fitur ini lebih cocok digunakan untuk perangkat layar sentuh, namun tetap dapat digunakan dengan mouse.

Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu melalui cara berikut. Masuk ke desktop. Klik-kanan dan pilih New > Shortcut.

Lalu masukkan alamat ini sebagai target:

%windir%\System32\SlideToShutDown.exe

Simpan shortcut. Lalu buka shortcut tersebut.

Gulir layar dari sisi atas ke bawah untuk mematikan komputer.

6. Mengaktifkan Fitur God Mode di Windows 10

God Mode merupakan satu fitur yang berfungsi untuk mengakses semua pengaturan Control Panel dalam satu folder.

Trik rahasia Windows 10 mungkin tidak begitu diperlukan bagi pengguna pemula, namun bagi pengguna yang ingin mengakses pengaturan Control Panel lebih cepat, trik ini sangatlah berguna.

Membuat fitur ini sangatlah mudah. Masuk ke desktop. Klik-kanan dan pilih New > Folder.

Lalu beri nama folder tersebut dengan kode ini:

GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

Setelah itu, buka folder untuk membuka “God Mode”.

7. Virtual Desktop

Windows 10 memiliki fitur yang memungkin pengguna untuk membuat lebih dari satu desktop. Hal ini sangatlah berguna bagi pengguna yang berniat multi-tasking dengan program-program yang berbeda-beda, namun mengerjakannya dalam waktu yang sama.

Kamu bisa membuat virtual desktop baru dengan mudah di Windows 10. Tinggal klik tombol “Task View” yang berada di Taskbar.

Klik New desktop.

Lalu klik nomor desktop yang ingin kamu buka, misalnya “Desktop 2”.

8. Mengakses Virtual Desktop dengan Lebih Cepat

Kamu juga bisa berpindah-pindah virtual desktop dengan lebih cepat menggunakan keyboard shortcuts. Keyboard shortcut ini sangatlah berguna bagi pengguna yang ingin multi-tasking secara maksimal.

Tekan Logo Windows, CTRL, dan panah kiri/kanan secara bersamaan untuk berpindah-pindah virtual desktop. Panah kiri berarti virtual desktop sebelumnya. Panah kanan berarti virtual desktop setelahnya.

Tombol kombinasi ini hanya bekerja untuk aplikasi atau jendela aktif yang terakhir dibuka pada virtual desktop tersebut.

9. Mengubah tampilan Command Prompt

Command Prompt dapat diubah tampilannya sesuai keinginan pengguna. Kamu bisa mengubah tampilan Command Prompt dari warna, layout, font, dan lainnya di Windows 10.

Untuk mengubah tampilan Command Prompt, kamu perlu membukanya terlebih dahulu.

Buka Command Prompt dengan mencarinya di Start menu.

Klik-kanan dan buka Properties.

Di sinilah tempat di mana kamu bisa mengubah tampilan Command Prompt sesuai keinginan. Kamu juga bisa mengubah bagaimana Command Prompt melakukan copy dan paste.

10. Menyembunyikan Notifikasi Agar Lebih Produktif

Windows 10 memiliki fitur Action Center yang menjadi tempat di mana notifikasi muncul. Mirip seperti notification center pada Android. Di Windows 10, kamu bisa menyembunyikan notifikasi yang muncul di pojok kanan bawah layar untuk meningkatkan produktivitas.

Menyembunyikan notifikasi bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa melihat notifikasi. Kamu masih bisa melihat dan mengatur notifikasi yang muncul di Action Center. Metode ini hanya menyembunyikan notifikasi yang melayang saja.

Fitur ini bernama “Focus Assist”. Jika dinyalakan, notifikasi melayang tidak akan muncul. Jika dimatikan, maka notifikasi melayang akan tetap muncul seperti biasa, yang di waktu kerja, bisa saja menurunkan produktivitas karena fokus berkurang.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Action Center dengan menekan Logo Windows+A. Atau klik tombolnya di pojok kanan bawah.

Klik Expand untuk melihat tombol-tombol di Action Center.

Klik Focus Assist untuk menyalakan fitur tersebut, sehingga notifikasi melayang tidak akan muncul.

Kamu juga bisa mengatur cara kerja fitur ini. Klik-kanan pada “Focus Assist”. Lalu pilih Go to Settings.

Pilih Priority untuk memilih menampilkan notifikasi melayang pada aplikasi prioritas, yang bisa diubah dan disesuaikan di bagian bawah halaman Settings-nya.

Pilih Alarms only untuk mematikan semua notifikasi melayang dan hanya menampilkan alarm saja.

Windows 10 memiliki banyak fitur dan trik baru yang belum banyak diketahui orang. Trik Windows 10 ini mungkin dapat membantu produktivitas dan membuat pekerjaan di depan komputer menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan.

Berbagi
Dipublikasikan oleh
Robi Erwin Setiawan