Investasi Dinar Emas untuk Pemula

Koin emas dinar belakangan ini banyak digemari sebagai instrumen untuk berinvestasi. Mata uang zaman nabi ini memiliki nilai yang sangat menggiurkan.

Satu koin dinar nilainya bisa mencapai dua juta rupiah. Maka tidak mengherankan jika banyak orang mulai mencoba peluang investasi koin emas ini, tidak terkecuali anak-anak muda.

Baca juga: Kelebihan Emas Dinar Dibandingkan Mata Uang Kertas

Mengingat investasi merupakan urusan jangka panjang yang melibatkan harta benda seseorang, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal-hal penting, seperti pengelolaan modal dan tujuan berinvestasi agar di kemudian hari kemungkinan mengalami kerugian bisa dikurangi.

Berikut ada beberapa tips bermanfaat bagi para pemula yang berniat untuk investasi dinar emas untuk pemula:

1. Tips Pertama dalam Investasi Dinar Emas, yaitu Menentukan Tujuan Investasi

Tentukan apa tujuan Anda berinvestasi koin emas dinar via liputan6.com

Tips pertama dalam investasi dinar emas untuk Pemula, yaitu Menentukan apa tujuan Anda berinvestasi koin emas dinar via liputan6.com

Banyak orang yang ingin berinvestasi semata-mata karena tergiur akan keuntungan yang akan didapat. Hal tersebut memang wajar, namun alangkah baiknya jika kita dapat menetapkan tujuan investasi.

Tetapkan target dan strategi yang harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi dinar emas. Cari tahu juga harga koin emas dinar yang sesuai dengan kantong Anda sebelum memutuskan untuk membelinya sebagai modal investasi.

2. Jangan Terpengaruh Fluktuasi Harga Koin Emas Dinar

Fluktuasi harga koin emas dinar termasuk dinamika berinvestasi emas via bursanom.com

Fluktuasi harga koin emas dinar termasuk dinamika berinvestasi emas via bursanom.com

Harga dinar mengikuti laju harga emas dunia yang bisa naik turun dalam jangka waktu tertentu. Namun, bukan berarti Anda harus khawatir akan rugi. Fluktuasi harga merupakan risiko dari dinamika investasi.

3. Pastikan Anda Membeli Koin Emas Dinar yang Bersertifikat

Pilihlah koin emas dinar yang memiliki sertifikat yang diakui secara internasional via cikarangdinar.com

Pilihlah koin emas dinar yang memiliki sertifikat yang diakui secara internasional via cikarangdinar.com

Membeli dinar bersertifikat merupakan hal yang sangat penting bagi Anda yang serius dalam berinvestasi dengan koin emas ini. Sertifikat yang dimaksud adalah sertifikat cetakan PT. Antam yang mana merupakan unit bisnis pemurnian logam mulia.

Dengan adanya sertifikat resmi, Anda bisa dengan mudah menjual dinar tersebut tanpa terseret kasus seperti investasi bodong dan Emas Palsu yang belakangan ini marak terjadi di Indonesia. Sertifikat juga bisa dijadikan sebagai alat untuk pengikat trust antara penjual dan pembeli koin emas dinar.

Baca juga: Alasan Investasi Bodong Subur di Indonesia

Sertifikat di gambar di atas layaknya seperti mata uang, sulit untuk dipalsukan. Koin Emas Dinar yang dikeluarkan dengan standar pabrikan dalam hal ini PT. Antam juga sulit untuk dipalsukan. Sangat mudah sekali mengetahui koin emas dinar itu asli atau palsu. Namun kita akan bahas pada lain kesempatan ya.

Sebenarnya yang mengeluarkan koin emas dinar tidak hanya PT. Antam, ada beberapa jenis dinar dan dirham yang beredar di masyarakat luas, saya pernah membahasnya pada artikel berikut ini: Jenis Koin Dinar dan Dirham di Indonesia.

4. Gunakan Dana ‘Dingin’ untuk Investasi

Gunakan dana nganggur untuk berinvestasi koin emas dinar via muharramuntukberau.com

Investasi dinar emas untuk pemula yang terakhir, yaitu Gunakan dana nganggur untuk berinvestasi koin emas dinar via muharramuntukberau.com

Investasi biasanya dilakukan dalam jangka waktu panjang. Anda membutuhkan waktu paling tidak satu tahun untuk dapat menikmati hasilnya.

Baca juga: Tips Menabung Emas untuk Pelajar

Hal tersebut juga ditentukan oleh fluktuasi harga emas dinar yang bisa saja naik, tetap, atau bahkan turun. Untuk berinvestasi, ada baiknya jika Anda menggunakan dana khusus di luar biaya hidup Anda.

Dana tersebut bisa dari tabungan atau sisa biaya hidup Anda perbulannya. Artikel ini juga memiliki kaitannya dengan tulisan saya sebelumnya yang berjudul Porsi Pembagian Antara Nabung dan Investasi.

Nah, itulah tadi beberapa tips menarik yang bisa Anda terapkan sebelum memulai investasi dinar emas. Selamat mencoba!

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda? Jika iya, mohon bantu sebarkan juga tulisan ini di sosmed yang Anda miliki melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dan LinkedIn.