Tips membeli hosting web berkualitas dari Blog The Target Community ini bisa Anda jadikan indikator sebelum membeli layanan hosting dari perusahaan yang menyediakan hosting website. Saya akan bagikan pengalaman saya dari tahun 2009 hingga tahun 2015 ini dalam membeli hosting di Indonesia.

Kebetulan saya termasuk orang yang suka coba-coba hal yang baru. Meskipun pernah juga dikecewakan dengan perusahaan hosting yang memberikan harga murah dan ternyata dengan fasilitas layanan hosting yang murahan juga. Ada juga perusahaan hosting yang memberikan harga layanan hosting yang mahal tetapi tetap mengecewakan juga.

Ya serbasalah, hingga saat ini saya menemukan perusahaan hosting yang menurut saya pas. Pas dalam arti performa hosting, layanan atau support yang diberikan tiap kali ada masalah, pas juga sama kemampuan kantong, pas kenal juga sama pemiliknya, dan pas-pas lainnya.

Nah sebelumnya saya pernah mengulas top perusahaan hosting web di Indonesia. Itu bisa juga Anda jadikan referensi bagi Anda untuk hosting website. Jika kurang saya akan ulas lebih jauh lagi.

Pertama, siapkan addon tambahan di browser Anda, yaitu WOT (Web Of Trust). Addon tersebut nantinya sangat berguna sekali untuk mengetahui review para nettizen tentang web dari perusahaan hosting yang akan Anda pilih. Itu bermasalah atau tidak, ada indikatornya. Pilihlah perusahaan hosting yang website mereka memiliki indikator berwarna hijau. Bukan merah atau kuning ya.

Kedua, Anda bisa mengecek dari domain mereka para perusahaan hosting tersebut. Apakah memiliki ranking yang baik di Alexa Rank. Anda bisa melakukan komparasi beberapa web hosting sejenis untuk mendapatkan siapa di antara mereka yang memiliki Ranking tertinggilah yang Anda pilih.

Ketiga, Anda bisa mengajukan dan survey kecil-kecilan dan bertanya di forum-forum IT, seperti forum The Target Community, Kaskus, Indowebster, dan seterusnya tentang perusahaan hosting yang Anda maksud apakah bagus atau tidak. Rata-rata member senior di sana akan memberikan saran menurut pengalaman mereka masing-masing kepada Anda.

Keempat, lihat indikator ranking bisnis perusahaan mereka. Jika Anda menggunakan layanan hosting dari perusahaan-perusahaan hosting di Amerika. Anda dapat mengecek akreditasi dari perusahaan yang terkait, melalui website yang bernama www.bbb.org.

Kelima, Anda perlu mencobanya sendiri untuk menilai kinerja dari suatu perusahaan hosting baik atau tidak. Karena namanya pengalaman adalah guru terbaik. Sehingga dari poin ketiga yang katanya-katanya dapat Anda eliminir dengan pengalaman Anda sendiri dalam menggunakan layanan hosting dari perusahaan yang terkait.