Pernikahan Sebagai Babak Baru Kehidupan 

Bagi anda yang sudah beranjak dewasa serta memiliki kemapanan dalam hal karir maupun kedewasaan, maka mungkin inilah saat yang  paling tepat untuk anda mulai memikirkan jenjang selanjutnya di dalam kehidupan.
Hal yang wajib anda pikirkan adalah mengenai menapaki babak baru di dalam hidup anda seperti menikah dengan seseorang yang anda cintai.
Memang bagi sebagian besar orang menikah bukanlah hal yang mudah dan diperlukan persiapan yang sangat matang.
Karena pada umumnya di zaman ini orang tua pihak wanita akan menuntut dan akan lebih merestui anak perempuannya untuk menikah dengan lelaki yang mapan secara ekonomi.
Meskipun terkesan sangat duniawi tentunya hal tersebut memang tidak bisa disalahkan sebab tanpa materi yang mencukupi kehidupan rumah tangga pun akan mudah diterpa berbagai macam masalah yang diakibatkan kurangnya kecukupan ekonomi.
Bahkan tak jarang perceraian yang terjadi sebagian besar karena masalah ekonomi di dalam rumah tangga.
Oleh karena itu pria masa kini lebih memilih menikah setelah menyelesaikan jenjang pendidikan di perguruan tinggi dan memiliki penghasilan tetap.
Sebab tak dapat dipungkiri jika setelah menikah banyak sekali hal-hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan agar sepenuhnya siap di dalam menjalani babak kehidupan yang baru.
Salah satu hal yang perlu dipersiapkan setelah melakukan pernikahan adalah beli rumah pribadi yang tentunya tidak bisa sembarangan diputuskan.

Persiapan Penting Sebelum Pernikahan

Sebelum mengetahui tips membeli rumah yang aman dan tepat untuk anda yang baru menikah, maka ada baiknya jika anda mengetahui beberapa hal yang wajib anda persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan.
Sehingga kehidupan anda setelah menikah dapat berjalan dengan lancar dan anda dapat segera merundingkan untuk membeli rumah yang baru bersama pasangan anda.
Hal pertama yang harus anda dan pasangan anda persiapkan dengan baik adalah terkait dengan restu orang tua dari kedua belah pihak.
Banyak sekali pasangan yang dimabuk asmara dan berencana untuk segera melangsungkan pernikahan terkadang lupa untuk meminta ijin kepada orang tua masing-masing.
Sehingga orang tua pun menjadi kaget dan cenderung tidak mengijinkan pernikahan sang anak apalagi jika dari awal kedua belah pihak orang tua tidak mengetahui dengan baik seperti apa hubungan asmara sang anak.
Oleh karena itu ketika anda benar-benar sudah menemukan tambatan hati yang tepat dan menjalani hubungan asmara secara serius maka mulailah mengenalkan pasangan anda kepada orang tua anda.
Mengajak kedua orang tua anda untuk makan malam bersama anda dan pasangan juga tidak ada salahnya.
Justru hal tersebut akan mempererat hubungan emosional dan kedekatan antara kedua orang tua anda dan pasangan anda.
Sehingga ketika hubungan antar keluarga inti sudah terjalin dengan baik maka ijin dan restu akan lebih mudah didapatkan ketika anda menyampaikan niat untuk menikahi pasangan anda.
Setelah mendapatkan ijin dan restu orang tua dari kedua belah pihak, maka hal yang harus dibicarakan dengan pasangan anda selanjutnya adalah mengenai pengaturan keuangan di dalam rumah tangga anda nantinya.
Sebagian besar pasangan saat ini masih saja melupakan seberapa pentingnya diskusi mengenai pengaturan keuangan ini.
Padahal pada faktanya kasus permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga sering kali didominasi karena masalah ekonomi.
Seperti misalnya yang bekerja dan berpenghasilan hanya dari pihak suami saja sedangkan istri berperan sebagai ibu rumah tangga, maka sudah sepatutnya jika anda sebagai seorang suami berbicara jujur kepada istri mengenai penghasilan bersih anda.
Sehingga anda dan istri akan lebih mudah mengatur pembagian keuangan anda. Hal yang perlu anda ketahui jika setelah menikah maka kebutuhan-kebutuhan hidup yang harus anda penuhi dan persiapkan akan lebih banyak dibandingkan saat anda masih lajang.
Tahapannya dimulai ketika anda harus memiliki dana untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam hal pangan sehari-hari.
Kemudian beberapa biaya operasional lainnya seperti misalnya membayar tagihan listrik kontrakan anda, membayar biaya kontrak perbulan atau pertahun, membayar tagihan air, dan menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk ditabung.
Masalahnya saat ini terkadang banyak pasangan yang lupa betapa pentingnya menyisihkan sebagian besar pendapatan untuk ditabung.
Tabungan ini nantinya dapat menjadi salah satu dana anda untuk beli rumah pribadi dan persiapan biaya anak anda.

Tips Membeli Rumah Bagi Pasangan Muda

Setelah mengetahui berbagai macam hal yang harus anda persiapkan sebelum menikah, maka selanjutnya akan dibahas mengenai berbagai macam tips yang tepat dan benar bagi anda untuk mulai membeli rumah baru bagi keluarga kecil anda :
1. Kesiapan diri secara finansial
Tips membeli rumah pertama yang harus anda pertimbangkan sebelum mulai memilih rumah impian anda.
Bagi anda yang telah memiliki tabungan awal selama masa sebelum anda menikah maka memiliki rumah mungkin tidak terlalu sulit untuk anda wujudkan.
Sebab saat ini sudah banyak rumah yang dijual dengan DP yang lumayan terjangkau.
Langkah pertama yang harus anda ambil adalah mulai memutuskan bersama pasangan anda mengenai seberapa besar penggunaan uang tabungan anda yang akan anda gunakan sebagai budget awal untuk pembayaran DP rumah.
Salah satu kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh pasangan muda di dalam membeli rumah pribadi adalah menghabiskan keseluruhan tabungan yang dimiliki hanya karena menginginkan rumah yang diimpikan sejak lama walaupun budget yang dibutuhkan cenderung besar.
Padahal menyisakan sebagian tabungan anda sangatlah penting agar anda selalu siap siaga terhadap pengeluaran yang tak terduga.

2. Membuat rekening tabungan khusus

Langkah selanjutnya atau tips membeli rumah selanjutnya yang harus anda lakukan ketika sudah memisahkan budget atau dana khusus untuk membeli rumah baru.
Saat ini masih banyak pasangan muda yang bahkan tidak menyadari betapa pentingnya pembukaan rekening khusus untuk tabungan yang terpisah dengan dana yang diperuntukan untuk rumah baru.
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ketika memutuskan untuk membeli rumah pribadi yang baru maka anda harus membagi tabungan anda menjadi dua prioritas utama.
Pertama penggunaan sebagian tabungan untuk biaya DP rumah dan pembayaran cicilan untuk melunasi rumah.
Dan yang kedua adalah uang tabungan yang diperuntukkan untuk hal-hal yang tak terduga atau tabungan anak di masa mendatang.
Seperti yang kita ketahui bahwa membeli rumah langsung secara lunas pada suatu waktu tidak dapat dilakukan oleh semua orang sebab anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengumpulkan uang.
Padahal di sisi lain rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang secepatnya wajib untuk anda penuhi.
3. Memilih tipe rumah yang sesuai dengan keinginan
Hal yang harus anda lakukan setelah anda mengambil langkah dan keputusan yang benar dalam hal financial atau keuangan rumah tangga anda.
Maka tips membeli rumah selanjutnya yang wajib anda pikirkan dan rundingkan bersama istri adalah memilih rumah yang cocok untuk anda dan pasangan.
Banyak orang atau pasangan muda yang tidak menyadari bahwa memilih rumah harus didasari oleh berbagai macam pertimbangan yang penting.
Pertimbangan pertama adalah pilihlah rumah dimana DP atau down payment yang sesuai dengan budget yang sudah anda siapkan terlebih dahulu.
Di mana nantinya anda akan memiliki beberapa pilihan rumah di berbagai wilayah di kota anda yang sesuai dengan dana yang anda miliki.
Pertimbangan selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah mengenai jarak rumah dari tempat kerja anda dan juga pasangan.
Ketika memungkinkan maka pilihlah rumah yang letaknya strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kegiatan atau tempat anda bekerja.
Sebab rumah yang letaknya terlalu jauh dari pusat keramaian cenderung memiliki beberapa resiko tambahan untuk anda.
Pertama anda akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak dalam hal biaya transportasi seperti bahan bakar kendaraan atau biaya kendaraan umum karena letak rumah anda yang jauh.
Selain itu rumah yang terlalu jauh dari pusat keramaian atau kegiatan masyarakat cenderung lebih rawan terhadap tindakan kriminalistas seperti misalnya perampokan.
Pertimbangan terakhir yang harus anda pikirkan bersama pasangan mengenai kelayakan dari bangunan rumah yang akan anda beli.
Ada baiknya memang jika dana anda mencukupi belilah rumah yang merupakan bangunan baru sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kerusakan pada rumah yang akan anda beli.

4. Perencanaan pengeluaran operasional rumah tangga

Wajib anda rencanakan setelah anda dan pasangan anda mengetahui besarnya biaya yang harus anda siapkan untuk membayarkan down payment atau uang muka pembelian rumah.
Sebab tips membeli rumah yang satu ini meskipun terdengar remeh namun memiliki peranan yang penting.
Mungkin di zaman yang serba modern ini masih banyak pasangan yang lupa untuk melakukan pencatatan keuangan harian, bulanan atau tahunan.
Padahal pencatatan keuangan ini sangat berguna sebagai salah satu media untuk memonitoring pola kebutuhan rumah tangga harian anda.
Bayangkan saja bila anda sudah memutuskan untuk menyisihkan sebagian dana yang diperuntukkan untuk pembayaran uang muka rumah.
Namun anda lupa untuk menghitung dan merencanakan biaya operasional pemenuhan kebutuhan harian rumah tangga.
Hal yang bisa terjadi adalah anda dengan tidak sadar atau secara sadar terpaksa mengambil uang tabungan pembayaran rumah karena kebutuhan rumah tangga yang membludak.
Oleh karena itu memiliki pencatatan mengenai pengeluaran harian kebutuhan rumah tangga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.
Tahapan pertama dalam melakukan tips ini dengan benar sangatlah mudah. Ketika anda sudah memisahkan rekening antara rekening bank untuk pemenuhan kebutuhan harian dan rekening tabungan pembayaran rumah.
Maka anda hanya perlu membatasi pengeluaran kebutuhan rumah tangga harian pada hal yang pokok saja.
Hal pokok tersebut seperti misalnya belanja kebutuhan pangan mingguan, pembayaran tagihan listrik, air, telepon bulanan, dan pengeluaran tak terduga yang dimana jumlahnya tidak lebih dari pendapatan harian anda.
Dengan begitu maka uang tabungan untuk membeli rumah baru akan tetap aman dan kebutuhan harian anda tetap terpenuhi dengan baik.

5. Mulai mencari penghasilan tambahan

Tampaknya menjadi tips membeli rumah selanjutnya yang wajib anda laksanakan. Seperti yang anda ketahui bahwa membeli rumah bagi pasangan muda yang baru saja menikah bukanlah hal yang bisa diwujudkan dalam jangka waktu yang singkat.
Setidaknya begitulah sebagian besar tahapan yang harus dilewati bagi pasangan suami istri dimana yang penghasilannya masih terbatas dengan penghasilan maksimal yang sudah ditetapkan di masing-masing wilayah.
Pada umumnya di dalam sebuah rumah tangga, prialah yang memiliki kewajiban untuk mencari nafkah.
Sehingga pihak istri berperan sebagai ibu rumah tangga sepenuhnya tanpa memiliki penghasilan.
Banyak sekali pasangan muda diluar sana yang pesimis untuk bisa memiliki rumah secepat mungkin karena pola pendapatan tersebut.
Namun anda khususnya para istri tidak perlu khawatir sebab saat ini banyak sekali pekerjaan yang bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Pekerjaan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka usaha online shop dimana anda hanya perlu menjualkan barang dari distributor tanpa perlu memiliki produk pribadi.
Sistem tersebut dinamakan dropshipper atau reseller dimana anda bisa menjualkan barang dari distributor sesuai dengan harga yang anda inginkan.
Pekerjaan selanjutnya yang dapat anda coba adalah membuka usaha catering Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat di zaman modern ini merupakan masyarakat yang konsumtif.
Oleh karena itu membuka usaha sederhana sangatlah menjanjikan untuk bisa memiliki penghasilan tambahan.
6. Melakukan investasi sederhana sedini mungkin
Salah satu sumber pemasukan rumah tangga lainnya. Mungkin mencari penghasilan tambahan merupakan tips membeli rumah yang tidak bisa dilakukan oleh semua orang.
Sebab terkadang aktivitas sehari-hari yang terlampau padat bisa menjadi penghambat untuk anda karena terkadang tugas utama saja seringkali tidak terselesaikan.
Apalagi jika ditambah dengan kegiatan lainnya, yang justru bisa saja pekerjaan tambahan tersebut menjadi terbengkalai dan tidak terurus.
Tak dapat dipungkiri jika di zaman ini sudah tersedia berbagai macam jenis investasi yang sangat cocok dan aman bagi anda yang pemula di dalam dunia bisnis tersebut.
Jenis investasi pertama yang dapat anda coba adalah investasi pada bidang saham. Salah satu anggapan yang masih umum ada dimana investasi jenis ini apalagi yang berhubungan dengan saham hanya bisa dilakukan oleh perusahaan dengan modal yang besar.
Pandangan tersebut tentunya salah sebab di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia sekolah pasar modal yang memang mengajak para generasi muda untuk mulai berinvestasi di dunia saham.
Sebab dengan modal ratusan ribu rupiah anda sudah bisa membeli sebuah saham yang nantinya bisa anda jual ketika harga saham tersebut mengalami kenaikan.
Jenis investasi lainnya yang bisa anda coba adalah dengan investasi emas yang cenderung lebih aman dan mudah untuk dilakukan.
Proses investasinya pun sangat mudah dimana anda hanya perlu membeli emas batangan yang murni atau perhiasan yang terbuat dari emas saat harga emas mengalami penurunan.
Selanjutnya saat harga emas naik anda bisa menjual sebagian emas yang anda miliki. Dengan begitu anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan secara mudah dan cepat.

7. Evaluasi keuangan secara berkala

Salah satu tips membeli rumah yang wajib anda lakukan bersama pasangan anda. Setelah membuat perencanaan keuangan secara matang kemudian melakukan berbagai tahapan pengaturan keuangan dalam jangka panjang.
Evaluasi secara berkala ini memiliki manfaat yang sangat berguna agar pembelian rumah baru bisa segera terlaksana.
Sebenarnya tidak ada waktu tertentu untuk melakukan evaluasi ini karena anda bisa melakukan evaluasi bulanan, evaluasi per enam bulan atau bahkan evaluasi setahun sekali.
Jika anda melakukan evaluasi keuangan setiap bulan maka hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pola pengeluaran rumah tangga anda perbulannya dan berapa besarnya bagian penghasilan yang tertabung setiap bulan yang digunakan untuk membayar uang muka rumah.
Jika pola pengeluaran dan pendapatan anda masih dirasa kurang efektif maka anda bisa membuat perencanaan yang baru secepatnya.
Sedangkan evaluasi yang dilakukan per enam bulan sekali pada umumnya untuk melihat seberapa besar dana yang terlah terkumpul untuk membayar uang muka rumah yang akan anda dan pasangan anda beli.
Namun tak jarang pasangan muda lebih memilih melakukan evaluasi keuangan setahun sekali dimana sebenarnya hal tersebut terlalu lama dan kurang tepat.
Karena evaluasi yang dilakukan dengan jarak waktu yang lama justru akan menyulitkan anda dalam memperbaiki beberapa kesalahan dalam pengaturan keuangan rumah tangga anda.

8. Mempertimbangkan lingkungan rumah

Tips membeli rumah selanjutnya yang perlu anda dan pasangan anda pikirkan bersama-sama.
Meskipun pengaturan dan perencanaan keuangan merupakan hal yang tidak dapat diabaikan sebagai tahapan awal di dalam membeli rumah yang baru.
Ada baiknya setelah anda menemukan rumah yang sesuai dengan dana yang anda miliki, maka jangan lupa untuk mengecek rumah secara langsung.
Melakukan survey secara langsung dan meneliti bangunan rumah yang akan anda beli tentunya merupakan hal penting yang tidak bisa anda tinggalkan.
Rumah hunian yang berkualitas baik tidak dapat dipungkiri juga akan memberikan dampak yang positif bagi anda dan keluarga kecil anda.
Hal pertama yang harus anda teliti adalah mengenai lingkungan rumah. Lingkungan dalam hal ini terbagi menjadi dua hal yakni lingkungan alam dan lingkungan sosial.
Rumah hunian yang baik haruslah berada pada kawasan yang masih menjunjung tinggi kebersihan lingkungan.
Terlebih jika dilengkapi dengan taman di kawasan perumahan yang akan anda beli, tentunya taman yang ada akan menciptakan udara yang lebih bersih.
Selain itu lingkungan sosial yang ramah dan saling tolong-menolong juga merupakan salah satu indikasi dari masyarakat yang baik.
Oleh karena itu di dalam membeli rumah bukan hanya masalah kecukupan dana anda saja namun juga masalah kenyamanan.
Karena rumah merupakan aset jangka panjang yang wajib anda rawat dan tidak bisa anda tinggalkan begitu saja.

9. Pilih tipe bangunan sesuai kebutuhan

Tips membeli rumah selanjutnya yang tidak boleh anda lupakan Setelah menemukan calon rumah hunian yang cocok dengan anda dari segi kualitas lingkungannya.
Maka pastikan bahwa rumah yang anda inginkan memiliki tipe bangunan yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar pasangan muda adalah menginginkan rumah yang besar.
Padahal ukuran sebuah rumah bukanlah segalanya sebab semakin besar rumah maka biaya perawatan yang dibutuhkan juga semakin tinggi.
Pada umumnya ada beberapa tipe rumah yang sangat cocok untuk keluarga baru yakni mulai dari rumah tipe 21, tipe 36, dan tipe 45.
Rumah tipe 21 merupakan tipe rumah awal dan paling minimalis dibandingkan dengan dua tipe lainnya dimana rumah dengan tipe 21 sangat cocok bagi anda pasangan suami istri yang ingin fokus pada karir dan hubungan asmara anda terlebih dahulu tanpa memiliki anak.
Sebab rumah tipe 21 hanya memiliki satu kamar tidur, satu ruang tamu minimalis, satu dapur, satu kamar mandi, dan dilengkapi dengan taman depan serta taman belakang yang sederhana.
Sedangkan rumah dengan tipe 36 dan 45 sangat cocok bagi anda pasangan muda yang telah memiliki buah hati dan berniat untuk mengembangkan ruangan pada rumah anda di masa yang akan mendatang.
Sebab rumah dengan tipe tersebut biasanya memiliki dua atau lebih kamar tidur yang dilengkapi dengan ruang kumpul keluarga. Serta memiliki lahan tambahan yang bisa difungsikan sebagai garasi kendaraan anda.
10. Sisihkan dana untuk perabotan rumah
Hal kecil lainyya yang tidak bisa anda dan pasangan anda lupakan di dalam tips membeli rumah bagi pasangan muda.
Tidak dapat dipungkiri jika menemukan rumah idaman yang disertai dengan lingkungan dan bentuk bangunan yang pas dan cocok dengan selera anda dan pasangan anda bukanlah perkara yang mudah.
Dibutuhkan ketekunan dan kegigihan yang sangat kuat untuk melakukan survey berbagai rumah dengan sabar.
Perlu anda ingat bahwa rumah memiliki fungsi yang sangat esensial dan penting bagi kehidupan anda yakni tempat anda berlindung sehari-hari, tempat melakukan berbagai aktivitas bersama keluraga, hingga tempat yang cocok untuk bersantai.
Oleh karena itu anda perlu untuk menyisihkan sebagian besar dana yang anda miliki untuk melengkapi perabotan pada rumah baru anda.
Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa kelengkapan perabotan di rumah anda tentunya akan menambah kenyamanan anda.
Perabotan rumah tangga yang wajib untuk anda miliki seperti misalnya tempat tidur, peralatan mandi, peralatan memasak, dan yang terpenting adalah peralatan kebersihan rumah.
Oleh karena itu jangan terlena untuk menghabiskan seluruh tabungan anda demi memiliki rumah hunian yang megah.
Jangan lupa untuk selalu menyisakan sebagian dana yang anda miliki untuk membeli perabotan rumah.

11. Pilih rumah yang masih memiliki ruang untuk dikembangkan

Sangatlah penting bagi kenyamanan keluarga anda. Salah satu hal yang sangat penting untuk selalu anda ingat adalah rumah merupakan salah satu aset terbesar dengan sifat penggunaan yang jangka panjang.
Di dalam membina sebuah keluarga pasti seiring berjalannya waktu akan terjadi beberapa perubahan pada keluarga anda.
Salah satunya adalah kehadiran buah hati sehingga pastinya anda membutuhkan ruangan baru pada rumah hunian anda.
Salah satu ruangan yang paling dibutuhkan adalah kamar pribadi untuk anak. Oleh karena itu memilih tipe rumah yang masih memiliki ruangan untuk dikembangkan menjadi tips membeli rumah selanjutnya yang sangat penting.
Namun perlu diingat bahwa sebenarnya bagi anda yang membeli tipe rumah 21 yang merupakan rumah teguhkan prinsip anda untuk tetap membeli rumah sesuai dengan dana yang anda miliki.
Meskipun rumah yang anda beli paling minimalis, anda tetap bisa mengembangkan rumah anda seiring dengan berjalannya waktu.
Seperti yang anda ketahui bahwa rumah dengan tipe tersebut hanya memiliki satu kamar tidur yang tentunya tidak akan mencukupi ketika anda sudah memiliki anak.
Oleh karena itu anda dapat mengakalinya dengan merombak bagian taman belakang menjadi kamar tambahan untuk anak anda.
Renovasi rumah juga akan lebih mudah dilaksanakan jika anda menggunakan kendaraan roda dua sebab ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan kendaraan anda tidak terlampau besar.

12. Memanfaatkan jasa developer jika dirasa perlu merupakan salah satu tips membeli rumah yang dapat anda coba.

Meskipun melakukan berbagai macam pertimbangan, perencanaan, dan survey sebelum membeli rumah merupakan hal yang menarik untuk dilakukan.
Namun hal tersebut tentunya akan menyita waktu dan tenaga anda apabila anda memiliki tuntutan sebagai seorang karyawan yang harus bekerja penuh dari pagi hingga sore.
Namun sebagian besar pasangan muda saat ini cenderung ragu untuk menggunakan jasa developer karena memang banyaknya kasus penipuan yang terjadi.
Tetapi sebenarnya menggunakan jasa developer akan sangat membantu anda dan pasangan anda untuk mendapatkan rumah hunian yang benar-benar sesuai dengan anda.
Pihak developer nantinya akan memberikan berbagai macam pilihan hunian yang sesuai dengan dana yang anda miliki dan cara pelunasan pembayaran yang anda kehendaki.
Setelah itu pihak developer juga nantinya akan mengurus semua surat-surat penting terkait dengan kepemilikan tanah dan bangunan.
Anda tidak perlu khawatir sebab transaksi pembelian rumah yang memanfaatkan jasa developer hanya akan terjadi antara anda, pihak notaris, dan developer itu sendiri.

13. Pilih developer yang terpercaya

Tips membeli rumah yang juga wajib anda pahami untuk dapat mengetahui ciri-ciri dan karakteristik developer yang terpercaya dan berkualitas.
Namun memang tidak semua developer apalagi di zaman ini bisa langsung anda percayai.
Salah satu hal yang bisa anda jadikan sebagai indikasi developer yang terpercaya dan berkualitas adalah mengenai rekam jejaknya selama menyediakan jasa tersebut.
Anda dan pasangan anda sebagai seorang klien tentunya memiliki hak penuh untuk bertanya dan mengetahui proyek-proyek atau kerja sama yang sudah pernah dilakukan oleh developer tersebut.
Selain mengetahui riwayat developer tersebut salah satu cara mudah untuk mengetahui kualitas dari developer adalah developer tersebut sudah memiliki nama atau review klien yang cukup baik.
Bahkan tidak ada salahnya apabila anda memilih developer yang sudah go public dan banyak dikenal oleh masyarakat luas.
Hal tersebut semata-mata hanya untuk memilih developer yang memang benar-benar terpercaya.
Hal selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai indikasi developer yang terpercaya dan berkualitas adalah mengenai komitmennya di dalam memberikan layanan kepada klien.
Pada umumnya developer akan menawarkan berbagai macam fasilitas tambahan seperti misalnya fasilitas rekreasi, fasilitas pusat perbelanjaan, dan lain-lain yang dapat anda nikmati apabila anda setuju membeli properti yang ditawarkan.
Developer yang baik dalam hal ini akan memastikan kliennya bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan dengan melakukan komunikasi atau kunjungan berkala.

14. Mengetahui tipe KPR

Sebelum membeli rumah yang baru juga merupakan tips membeli rumah yang wajib anda ketahui.
Seperti yang kita ketahui bahwa membeli sebuah rumah memang bukanlah hal yang mudah sebab kita harus menyediakan sejumlah dana yang besar karena rumah merupakan salah satu aset dengan nilai yang cukup tinggi.
Oleh karena itu tak jarang banyak pasangan muda yang membeli rumah dengan cara melakukan cicilan untuk melunasi pembayarannya.
Tipe kredit rumah yang paling aman dan paling banyak digunakan adalah KPR pembelian.
Dimana dalam hal ini anda akan mengajukan peminjaman sejumlah dana kepada bank yang sudah anda percaya sebelumnya.
Kemudian untuk melakukan pelunasan pembayaran rumah hunian anda, anda diwajibkan untuk membayar cicilan rumah secara berkala dan rutin.
Sementara bentuk fisik sertifikat rumah anda untuk sementara akan disimpan oleh pihak Bank sampai anda melunasi cicilan anda.
Namun jika anda dan pasangan anda terlanjur menggunakan seluruh tabungan yang anda miliki untuk membeli rumah hunian maka anda tetap bisa mengajukan kredit.
Kredit itu dinamakan dengan KPR multiguna atau refinancing, dimana rumah hunian yang anda miliki akan dijadikan sebagai jaminan agar anda dapat meminjam sejumlah uang kepada pihak bank.

15. Pilih tipe KPR sesuai dengan kebutuhan

Wajib untuk anda lakukan sebagai langkah tips membeli rumah yang tepat.
Bagi anda yang berniat untuk membeli rumah dengan cara melakukan cicilan untuk melunasinya maka anda wajib untuk mengetahui pertimbangan yang paling tepat di dalam memilih tipe cicilan yang tepat sesuai dengan pendapatan yang anda miliki.
Sebab di era yang serba modern ini tidak dapat dipungkiri jika harga rumah hunian setiap tahunnya akan semakin meningkat.
Berdasarkan data yang diperoleh di Indonesia sendiri rumah hunian KPR setiap tahunnya akan terus mengalami kenaikan harga sebanyak 10% pertahunnya.
Oleh karena itu menggunakan KPR yang tepat sangatlah penting untuk anda lakukan.
Banyak yang masih tidak mengetahui dan salah kaprah ketika misalnya ketika anda menggunakan jasa developer anda tidak bisa mengambil atau membeli rumah dengan sistem cicilan.
Padahal ada salah satu jenis kredit yang sangat mudah dan juga sudah bekerja sama baik dengan pihak developer maupun pihak bank peminjam.
Kredit yang dapat anda gunakan dalam hal ini adalah kredit kepemilikan rumah dengan jenis pembelian.
Dimana anda tetap bisa memanfaatkan jasa developer dan juga meminjam dana dari pihak bank.

16. Up to date harga rumah terbaru

Sebaiknya anda pahami dan terus cari tahu sehingga anda melakukan langkah yang tepat di dalam tips membeli rumah.
Memang salah satu tahapan ketika anda akan membeli rumah adalah melakukan perencanaan yang maksimal dan benar-benar sesuai dengan dana yang anda miliki.
Anda wajib untuk mencari informasi valid dan terpercaya serta up to date mengenai kisaran harga rumah di wilayah anda.
Sebab tak dapat dipungkiri jika semakin hari harga tanah akan semakin mahal. Bahkan kenaikan harga tanah pertahunnya bisa mencapai 30% di beberapa kota premium seperti misalnya DI Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan lain-lain.
Oleh karena itu di dalam melakukan perencanaan pengumpulan uang muka pembayaran rumah anda tidak bisa menggunakan pertimbangan jangka pendek.
Sebab salah satu masalah yang sering terjadi pada pasangan muda adalah kesalahan di dalam memperkirakan harga rumah yang akan dibeli.
Seperti misalnya anda dan pasangan menikah pada tahun 2018, kemudian anda telah mendapatkan rumah yang benar-benar cocok untuk keluarga kecil anda.
Namun dengan pendapatan yang anda miliki, anda menargetkan baru bisa membeli rumah dan mengumpulkan dana uang muka selama 2 tahun ke depan.
Pada faktanya dalam jangka waktu 2 tahun itu rumah yang akan anda beli sudah mengalami kenaikan harga bahkan hingga diatas 50%.
Oleh sebab itu pastikan anda mengetahui dengan benar kisaran harga rumah dan kenaikannya pertahun.
Agar pada saat perencanaan pengumpulan uang muka tidak terjadi kesalahan yang merugikan.

17. Pertimbangkan program cicilan tanpa riba

Tips membeli rumah yang tepat bagi anda yang hendak melakukan cicilan rumah tanpa terkena dosa riba.
Namun pada faktanya karena sebagian besar penduduk Indonesia menganut agama Islam maka masih banyak yang takut untuk menjalani program KPR ini ketika akan membeli rumah.
Karena pada faktanya program KPR yang masih banyak ditawarkan dan terlihat paling memungkinkan adalah melalui pinjaman yang disediakan oleh pihak bank.
Dimana setiap melunasi cicilan perbulan akan ada biaya tambahan seperti bunga dimana hal tersebut termasuk riba di dalam agama Islam dan menjadi sesuatu yang diharamkan.
Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pembelian properti dalam hal ini rumah hunian yang khusus dikembangkan oleh developer berbasis syariah.
Pada umumnya memang jangka cicilannya cenderung lebih lama bahkan bisa mencapai 10 tahun.
Namun di dalam pembayaran cicilannya tidak ada penerapan biaya tambahan lain seperti misalnya bunga, sehingga aman dari praktik riba.
Cara lain yang bisa anda terapkan selain memilih developer berbasis syariah adalah pembelian rumah dengan skema pembayaran bertahap.
Di mana jangka pembayarannya paling lama hanya sekitar 2 tahun dan setiap bulannya anda harus membayarkan sejumlah dana tanpa ada tambahan bunga untuk melunasi rumah yang anda beli.
Cara terakhir jika anda benar-benar ingin terhindar dari dosa riba adalah dengan membeli rumah menggunakan metode pembayaran secara lunas.

18. Pahami persyaratan umum pengajuan kpr

Tips membeli rumah selanjutnya yang perlu anda ketahui selain memilih kredit kepemilikan rumah tanpa praktik riba yang merugikan.
Bagi anda yang merupakan pasangan keluarga baru maka pada umumnya jumlah uang muka atau down payment yang dibebankan tidak terlalu berat yakni sekitar 20% sampai dengan 30%.
Selain itu persyaratan yang dibutuhkan juga seharusnya tidak berbelit-belit. Syarat awalanya anda wajib untuk menyertakan dokumen seperti KTP, kartu keluarga, rekening tabungan, dan NPWP.
Kemudian bagi anda yang bekerja sebagai pegawai maka anda juga hanya wajib menyertakan surat keterangan kerja dan slip gaji anda.

19. Menggunakan jasa developer syariah

Hal ini menjadi salah satu tips membeli rumah yang penting jika anda ingin benar-benar terhindar dari riba.
Hal selanjutnya yang perlu anda ketahui mengenai sistem kredit kepemilikan rumah yang berbasis syariah adalah ciri-ciri developer atau pengembang properti yang benar-benar menerapkan sistem syariah.
Ciri utama yang paling bisa anda amati adalah dimana developer tersebut tidak mengadakan kerja sama cicilan dengan bank manapun.
Karena di Indonesia sendiri sebagian besar bank masih menerapkan sistem bunga dimana hal tersebut termasuk ke dalam riba.
Pada umumnya developer syariah benar-benar berdiri atas sumber daya dari beberapa investor dimana hasil keuntungannya juga dibagi secara syariah.
Hal selanjutnya adalah developer tersebut tidak akan menerapkan pembayaran sejumlah bunga atau denda kepada anda.
Sehingga cicilan yang anda bayarkan murni hanya untuk melunasi rumah yang anda beli dimana jumlah total pembayaran yang anda bayarkan tidak bertambah.

20. Mengetahui ciri khas utama developer syariah

Hal yang juga penting karena selain ciri di atas maka ada salah satu ciri khas utama developer yang benar-benar berbasis syariah, yang dapat anda amati dengan mudah sehingga hal ini juga menjadi tips membeli rumah yang sangat penting untuk anda ketahui.
Saat cicilan rumah anda macet dan anda sudah tidak mampu membayarnya lagi maka pihak developer tidak akan melakukan penyitaan dan mengusir anda.
Sebaliknya pihak developer akan mendorong anda menjual rumah tersebut agar anda tetap bisa melunasi hutang anda.
Terlebih lagi pihak developer bahkan akan membantu anda mencarikan pembeli agar rumah anda cepat terjual.

21. Pertimbangkan apartemen

Sebagai salah satu hunian yang bisa anda miliki jika anda benar-benar tidak mampu untuk beli rumah yang baru bagi keluarga kecil anda maka membeli apartemen menjadi pilihan yang cocok.
Karena saat ini sudah banyak tersedia unit apartemen dengan harga terjangkau.
Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika membeli unit apartemen adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan hunian.
Selain itu anda juga sudah bisa menikmati fasilitas lainnya yang tersedia pada gedung apartemen seperti misalnya tempat olahraga, kolam renang, taman kecil, dan lain-lain.
Di mana ketika anda memiliki rumah maka fasilitas tersebut tidak bisa anda dapatkan.
22. Melakukan pertimbangan yang tepat 
Tips membeli rumah selanjutnya adalah anda juga wajib untuk memikirkan pertimbangan yang tepat ketika anda dihadapkan akan pilihan untuk membeli apartemen atau rumah.
Pertama adalah mengenai lokasi kedua jenis hunian tersebut, pastikan anda memilih lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat kegiatan seperti misalnya pusat perkantoran anda, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.
Lokasi yang strategis juga tentunya akan memudahkan anda di dalam melakukan mobilitas kegiatan sehari-hari.
Pertimbangan selanjutnya lebih kepada aspek kepraktisan dimana ketika anda memilih membeli unit apartemen maka biaya yang anda keluarkan untuk perawatan hunian akan jauh lebih murah dibandingkan dengan perawatan rumah pribadi.

23. Keuntungan memiliki apartemen

Anda pertimbangkan sebagai tips membeli rumah selanjutnya yang patut untuk anda ketahui.
Pertama adalah ketika anda membeli rumah hal tersebut juga berarti anda telah membeli sebuah lahan.
Sehingga anda bebas untuk menentukan desain dan tema dari rumah yang anda miliki serta bebas untuk mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan anda.
Selain itu rumah juga lebih mudah untuk dijual kembali dibandingkan dengan unit apartemen.
Lebih jauh lagi anda sebagai pemilik rumah akan merasa lebih aman karena memiliki dua legalitas hukum yakni kepemilikan rumah dan tanah.
Sehingga tidak akan ada pihak yang bisa mengganggu hunian anda di masa yang akan mendatang.
24. Jangan libatkan emosi
Tips membeli rumah selanjutnya yang wajib untuk selalu anda terapkan pada saat melakukan pertimbangan ini.
Karena emosi dan keinginan sesaat justru dapat memperbesar potensi penyesalan yang akan anda alami di kemudian hari.
Tak dapat dipungkiri jika menyatukan pikiran menjadi satu dari dua individu yang berbeda memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan.
Oleh karena itu di saat melakukan diskusi mengenai hunian keluarga di masa depan, hendaknya anda dan pasangan anda benar-benar memilih hunian yang sesuai dengan prioritas dan kebutuhan keluarga kecil anda di masa yang akan mendatang.

25.Kontrol perilaku konsumtif

Tips membeli rumah yang paling penting dan harus anda lakukan setelah mengetahui berbagai macam hal mengenai perencanaan financial dan juga program pelunasan pembelian rumah.
Memang di zaman yang serba modern dan berkembang dengan cepat ini berbagai macam produk mulai dari produk pakaian, perhiasan, dan teknologi terlihat semakin menggiurkan.
Sehingga hal tersebut secara ampuh mengubah gaya hidup sebagian besar masyarakat saat ini menjadi masyarakat yang konsumtif.
Sangat mudah tergiur untuk membeli barang-barang yang baru diluncurkan di pasaran. Celakanya lagi kebiasaan konsumtif tersebut telah mempengaruhi berbagai macam kalangan dari beragam profesi dan usia.
Sehingga salah satu dampak yang paling sering dirasakan adalah hidup yang penuh dengan hutang akibat selalu membeli barang baru dengan sistem kredit.
Tentunya hal tersebut akan sangat merugiakan pasangan muda yang baru menikah jika tidak bisa mengontrol pola hidup konsumtif ini.
Pada dasarnya kebutuhan manusia terbatas pada tiga kebutuhan dasar yang utama yakni papan, pangan, dan sandang.
Sehingga kita harus benar-benar menyadari bahwa tiga kebutuhan tersebutlah yang sejatinya harus kita penuhi.
Ketika kebutuhan akan pangan dan sandang sudah ada, maka saatnya bagi kita untuk mengumpulkan dana demi memenuhi kebutuhan papan dalam hal ini memiliki rumah pribadi.
Oleh karena itu cobalah untuk tidak menjalani gaya hidup yang konsumtif dan sisakan hanya 10% dari pendapatan anda untuk biaya rekreasi yang sebenarnya sudah lebih dari cukup.
Dengan begitu anda tetap bisa beli rumah yang baru yang akan sangat bermanfaat bagi perkembangan keluarga kecil anda.
Hal terpenting yang perlu anda perhatikan adalah selalu memenuhi kebutuhan yang menjadi prioritas keluarga anda.
Serta tidak mengembangkan keperluan operasional anda untuk hal-hal yang tidak penting. Dengan demikian artikel ini semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.
Jika anda rasa artikel ini bermanfaat untuk anda bagikan ke teman-teman anda. Klik tombol share untuk membagikan tulisan ini untuk anda bagikan di Facebook, Twitter, LinkedIn, G+, dst-nya. Semoga artikel ini juga bermanfaat untuk teman-teman anda. 🙂