Saat ini sudah banyak bermunculan anak muda yang tidak hanya berstatus sebagai pelajar tetapi juga sebagai seorang studentpreneur. Mereka adalah kumpulan anak-anak muda yang memiliki visi jangka panjang dan mencoba membangun kerajaan bisnis mereka semuda mungkin.

Adapun bisnis yang dijalankan oleh para pelajar beraneka ragam sesuai dengan passion mereka. Tentunya jika mereka menjalankan suatu bisnis, ada profit atau keuntungan yang akan mereka dapatkan. Sangat disayangkan apabila hasil yang di dapatkan hanya ditabung di bank.

Kali ini kami akan membahas bagaimana caranya agar seorang pelajar baik pada tingkat SMP dan SMA atau bahkan mahasiswa dapat memiliki tabungan emas. Kunci dari keberhasilan menabung emas dengan penghasilan yang pas-pasan yaitu dengan mendisiplinkan diri, berpikir jangka panjang, serta meminimalisir pengeluaran yang bersifat konsumtif.

Jika tiga hal tadi kamu bisa jalankan. InsyaAllah menabung emas menjadi mudah untuk kamu lakukan. Ada setidaknya dua hal yang bisa kamu lakukan untuk memiliki emas ( Tips Menabung Emas untuk Pelajar ).

1. Menabung Rupiah Lalu Membeli Emas

Menabung Rupiah Lalu Membeli Emas via ugasplatinum.com

Menabung Rupiah Lalu Membeli Emas via ugasplatinum.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memiliki tabungan dalam bentuk emas yaitu dengan menabung rupiah, lalu jika sudah cukup terkumpul uangnya untuk membeli 1 gram emas, segerakanlah untuk membeli emas. Harga kisaran emas saat ini sekitar kurang lebih Rp. 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah).

Kamu bisa menabung dengan kapasitas keuangan yang kamu miliki. Jadi misalnya kamu bisnis online shop, lalu mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah). Atau uang jajan kamu dalam satu hari ternyata sisa Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per bulan mei 2015. Sisakan uang lebih yang kamu miliki itu untuk kamu tabung terlebih dahulu dalam bentuk rupiah.

Dalam kurun waktu tertentu jika tabungan kamu sudah mencukupi 1 gram emas. Maka segeralah beli emas tersebut. Ingat, pada saat kamu membeli emas itu untuk investasi jangka panjang ya. Seperti untuk kamu yang ingin kuliah dengan biaya sendiri 5 tahun kedepan atau kamu yang ingin mempersiapkan dana untuk menikah 10 tahun lagi, membeli rumah untuk jangka waktu 15 tahun lagi, dan seterusnya.

2. Memiliki Emas dengan Cara Mencicil

Cara Menabung Emas dengan Mencicil via taman-emas.blogspot.com

Cara Menabung Emas dengan Mencicil via taman-emas.blogspot.com

Cara kedua yang kamu bisa lakukan untuk memiliki emas adalah dengan cara mencicil. Berbeda dengan tahap pertama pada tahap kedua kita akan menggunakan layanan dari pihak lain. Misalnya perbankan atau pegadaian. Adapun syarat untuk mencicil emas rata-rata seperti ini: Memiliki KTP, berusia 21 tahun ke atas, dan memiliki pendapatan baik melalui profesional maupun wiraswasta.

Sebelum benar-benar memilih opsi kedua, ada baiknya juga kamu mempertimbangkan soal biaya yang akan timbul seperti biaya titip atau biaya administrasi bulanan. Selain itu juga perhatikan jika ada kemungkinan naiknya harga emas selama masa cicilan. Bagi pelajar SMP atau SMA mungkin belum bisa untuk opsi yang kedua ini ya. Mereka yang mahasiswa dan berstatus sebagai seorang studentpreneur bisa menggunakan opsi pertama dan kedua.

Dari dua pilihan di atas, mana pilihan yang ingin kamu ambil untuk menabung emas? Kedua pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bagi kamu yang sudah mulai menabung emas selamat ya. Bagi yang belum, tenang aja. Mendingan telat hari ini dan memulainya sekarang, daripada tidak melakukannya sama sekali. Selamat berinvestasi emas. 🙂