Tips Mengamankan Akun Facebook dari Serangan Hacking Ilegal

Facebook adalah jejaring sosial yang menurut sebagian orang tidak hanya menjadikan akun facebook-nya sebagai tempat untuk menjalin komunikasi tetapi juga untuk kegiatan bisnis atau usaha.

Kegiatan usaha mulai dari jualan online, beriklan di facebook, ber-networking dengan para pengusaha di seluruh penjuru kota yang ada di Indonesia maupun yang berada di luar negeri, membangun brand, dan lain-lain.

Meksipun hanya digunakan sebagai media komunikasi saja misalnya. Ada berapa teman yang terhubung dan telah menjadi bagian dari daftar pertemanan Anda? Jawabannya mungkin ya banyak.

Belum lagi grup atau fanspage yang memberikan inspirasi melalui video tutorial atau sekedar tulisan. Ini juga aset penting lainnya. Terkadang kita bisa mengetahui informasi terkini melalui topik pembahasan di grup atau fanspage.

Baca juga: Pengguna Yahoo Wajib Baca Tulisan Ini (Yahoo Diretas!)

Catatan notes yang Anda buat di akun pribadi ini juga bisa dibilang sebagai aset digital. Banyak juga public figure yang memanfaatkan notes facebook untuk membangun personal branding-nya.

Beberapa hal di atas mungkin hanya sedikit manfaat yang bisa saya tuliskan pada artikel ini. Sebagian mungkin sepakat bahwa mengamankan akun facebook itu adalah hal yang wajib untuk dilakukan mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari jejaring sosial yang satu ini.

Sekarang mari kita bahas tips mengamankan akun facebook agar terhindar dari serangan hacking ilegal. Istilah lainnya menghindari agar akun facebook tidak dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

#1 Tips Mengamankan Akun Facebook : Aktifkan Fitur Login Alerts

Jika Anda mengaktifkan fitur yang satu ini maka setiap kali ada orang yang login dengan akun Anda. Facebook secara otomatis memberitahukan Anda tentang aktivitas login dari akun facebook Anda melalui alamat email.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Klik Security Setting > Login Alerts > Beri centang pada Get notifications. Setelah itu pilih alamat email yang akan ditujukan untuk pemberitahuan mengenai hal ini dan klik tombol save.

#2 Tips Mengamankan Akun Facebook : Aktifkan Fitur Login Approvals

Setelah Anda mengetahui ada orang yang setiap kali mengakses akun Anda dari pemberitahuan tim facebook. Poin kedua ini adalah setiap yang login dengan akun facebook Anda harus disetujui terlebih dahulu oleh Anda.

Sebelum mengaktifkan layanan yang satu ini pastikan Anda sudah mendaftarkan nomor handphone aktif di akun facebook Anda. Setiap kali ada orang yang mengakses akun facebook dari komputer, smartphone, atau browser baru maka wajib memasukan kode sekuriti dari tim facebook.

Cara mengaktifkan fitur ini yaitu klik Security Setting > Login Approvals > Beri tanda centang pada Require a login code to access my account from unknown browsers. Setelah itu tekan tombol save untuk menyimpan.

#3 Tips Mengamankan Akun Facebook : Aktifkan Fitur Code Generator

Istilah lain dari 2FA (2step authentication) yang dipergunakan oleh si Mbah Google. Jadi meskipun seseorang berhasil mengetahui password dan alamat email dari akun facebook Anda.

Ia tidak bisa langsung mengakses akun facebook Anda begitu saja karena ada lapisan keamanan tambahan. Lapisan keamanan tambahan ini mirip dengan yang nomor kedua, hanya saja poin ketiga menggunakan aplikasi semisal Authy atau Google Authenticator.

Adapun langkah-langkah mengamankan akun facebook dengan menggunakan code generator ada di video berikut ini.

Ketiga cara di atas sangat efektif guna meminimalisir pindahnya hak akses akun facebook Anda ke tangan orang lain yang tidak memiliki izin atau wewenang untuk mengakses akun facebook yang Anda miliki.

Catatan penting adalah selalu jaga nomor handphone dan smartphone Anda. Jangan sampai hilang atau tidak aktif keduanya, karena berhubungan dengan lapisan keamanan tambahan di facebook yang baru saja diaktifkan.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai pembahasan kali ini. Mohon kirimkan pertanyaan atau masukan Anda di kotak komentar di bawah tulisan ini. Bagikan juga tulisan ini ke teman-teman facebook Anda ya. 🙂