Cara Menghemat Listrik agar Tagihan Tidak Membengkak dan Cara Mudah Mengecek Tagihan Listrik Anda

Kebutuhan pokok yang tidak bisa dielakkan di abad ini adalah listrik. Listrik menjadi energi yang terus menerus dibutuhkan karena manusia sudah bergantung padanya.

Sebelum adanya keberadaan listrik, manusia menggunakan energi lain untuk membantu kehidupan sehari-hari.

Saat ini tidak ada orang yang hampir tidak bisa hidup tanpa adanya listrik. Berbagai inovasi dilakukan untuk membuat manusia mempermudah kehidupan.

Teknologi-teknologi yang terus dihasilkan terus membutuhkan energi listrik. Ini cukup memberi tanda bahwa listrik sudah menjadi urat-nadi kehidupan manusia.

Bisa anda bayangkan, seandainya listrik tidak pernah hadir dalam kehidupan kita saat ini, maka kita akan mendapati dunia yang gelap gulita. Dan kita mungkin akan merasa sulit untuk menjalani kehidupan.

Baca juga : 7 Aplikasi Kantor Alternatif Sebagai Pengganti Microsoft Office untuk OS Windows

Selain itu, karena sebagai salah satu sumber daya yang menjadi tulang punggung kehidupan manusia yang tidak bisa dielakkan, tak jarang orang menggunakannya dengan boros.

Hal tersebut bukan tanpa resiko loh. Karena toh pembangkit listrik di Indonesia masih didominasi dengan memanfaatkan energi sumberdaya alam yang terbatas jumlahnya dan yang tidak dapat diperbaharui dalam kurun waktu yang singkat.

Dengan demikian kita mesti pintar untuk menghemat dan memanage penggunaan listrik dengan seksama.

Berikut ini akan saya jelaskan untuk mengecek listrik dan tips-tips menghemat listrik. Untuk itu anda sekalian harus bersedia untuk membaca seksama sampai selesai artikel yang sudah saya susun sedemikian rupa ini.

Kenali Jenis Listrik di Rumah Anda

Hal paling utama dikenali di rumah, adalah apakah jenis instalasi yang ada pasang. Pertama anda harus memastikan bahwa instalasi yang terpasang adalah listrik prabayar.

Listrik prabayar adalah sejenis dengan model pembayaran ala pulsa. Model ini mirip sekali dengan pengisian pulsa.

Sehingga seandainya pulsa anda sudah habis akan terdengar bunyi yang menandakan listrik akan habis. Di Indonesia, baru berlangsung 2010. Sehingga sistem ini memang terbilang baru.

Kedua adalah model pembayaran listrik pascabayar. Model ini dilakukan setiap bulan sekali. Kita akan membayar setelah satu bulan pemakaian.

Cek Listrik via Gaget

Cara ini dianggap paling mudah. Karena anda cukup memiliki telepon pihak customer service PLN. Dalam cek tagihan listrik ini anda cukup memakai panggilan ke nomor 123.

Namun anda harus ingat bahwa anda mesti mencamtukan kode daerah anda. Semisal kode daerah anda adalah (021)-123. Tarifnya pun cukup kecil dan tarifnya pun sama sebagai telpon normal lainnya.

Cek Tagihan Listrik juga Bisa Melalui SMS

Kita memang sedang dimanjakan dengan kemudahan layanan. Sekarang pun untuk mengecek tagihan listrik bisa menggunakan SMS.

Di sini, kita disuguhkan dengan dua pilihan. Pilihan pertama ialah cek dalam kurun waktu satu bulan. Sedangkan pilihan kedua adalah tagihan secara continue. Yang kedua ini sama artinya dengan model langganan.

Caranya mudah tinggal ketik SMS melalui format PLN [spasi] ON [spasi] ID pelanggan PLN anda kirim 8123. Atau SMS melalui format REK [spasi] ID pelanggan dan kirim ke 8123.

Cek Tagihan Listrik Bisa Juga Lewat Website

Sekarang bisa mengecek tagihan listrik dengan mudah dengan website. Dengan website tersebut, rasa was-was yang timbul seketika hilang.

Karena kita dengan mudah dapat melihat di website resmi. Saat ini mengecek tagihan listrik bukanlah suatu kesulitan yang berarti.

Baca juga : Review Paket Internet 4G Termurah di Indonesia

Berbagai layanan sudah memudahkan kita untuk terus memantau berapa yang harus diogoh dari saku kita untuk membayar tagihan listrik.

Nah dengan begitu, kita menjadi tahu bahwa tagihan listrik kita membengkak atau tidak. Kita sudah seharusnya memanage pengeluaran kita terkait penggunaan listrik.

Untuk itu kita mesti tahu cara ampuh untuk mengerem pengeluaran listrik agar tidak boros. Cara pengecekannya bisa melalui situs pln di www.pln.co.id.

Berikut tips-tips atau cara agar kita bisa menghemat penggunaan listrik:

1. Cabut semua kabel yang tidak digunakan untuk menghemat listrik

Anda mesti mengetahui jika setiap kabel yang nempel di listrik mesti di cabut. Hal ini disebabkan karena ketika sedang tidak digunakan, semua kabel baik untuk tivi maupun handphone anda, akan menyedot listrik yang ada.

Anda mungkin tidak begitu percaya bahkan tidak memiliki kesadaran akan hal tersebut, namun bila membiarkan kabel tetap menancap bukanlah cara cerdas menghemat penggunaan listrik.

Listrik akan terus mengalir dalam kabel dan energi tersebut menjadi sia-sia tidak terpakai. Dengan begitu, anda juga harus menanggung uang akibat penggunaan yang sia-sia itu.

Dan akhirnya akan membengkakkan pengeluaran anda. Sehingga semestinya anda harus memerhatikan rumah anda agar tidak ada kabel yang tetap menancap.

2. Sistem pulsa juga bisa menghemat tagihan listrik PLN anda

Siapa sangka menggunakan dengan sistem pulsa akan menghemat pengeluaran anda. Kita mungkin tidak mengetahui kalau model ini bisa menghentikan pembengkakan pengeluaran kita dalam hal listrik.

Hal ini disebabkan ketika pulsa listrik sudah kosong atau habis, anda akan mengetahui bunyi. Anda menjadi tahu dan mawas diri untuk menggunakan listrik karena anda sudah membelinya dengan model pulsa.

Pulsa yang anda beli itu, menjadi seberapa besar anda boleh menggunakan listrik. Dan ketika pulsa listrik anda sudah habis, maka secara otomatis jaringan listrik ke rumah anda akan habis.

Sistemnya pun sudah sama dengan model pembelian pulsa yang ada di gadget anda. Ini menjadikan anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan listrik.

3. Gunakan lampu secukupnya, matikan yang tidak perlu

Lampu bisa menyedot listrik banyak. Orang terbiasa teledor menyalakan lampu lalu lupa untuk mematikannya. Dalam hal ini kita harus sadar bahwa lampu yang tidak dimatikan saat kita tidak menggunakannya akan menyedot banyak energi listrik.

Tak pelak kita akan menanggung biaya yang tidak sedikit untuk keteledoran kita itu. Dengan begitu, anda mesti membatasi secara ketat dalam penggunaan lampu.

Anda mungkin bisa mematikan lampu setiap jam sepuluh sesaat sebelum tidur. Atau sebaliknya. Anda bisa mematikannya di jam sembilan. Tentunya semua tergantung pada penggunaan anda.

4. AC jangan biarkan menyala jika anda ingin menghemat listrik

AC merupakan barang yang memerlukan energi listrik yang besar. Karena itu, jarang sekali orang menggunakannya untuk mendinginkan ruangan yang panas. Namun beberapa orang tidak sadar bahwa penggunaan yang serampangan bisa membuat pengeluaran kita semakin banyak.

Biasanya kita lupa dan cenderung menghambur-hamburkan hawa dingin dari suatu AC. Dengan begitu, saat pembelian kita mesti memilih AC yang memakan energi sedikit.

Atau menaikkan atau off kan secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau sebaliknya. Ini sangat memudahkan anda dan tidak membuat anda kelupaan berapa suhu yang harus dibuat untuk merasakan AC.

5. Matikan seluruh alat elektronik saat tidur sangat ampuh guna menghemat listrik di rumah anda

Kita sudah tidak bisa hidup tanpa elektronik. Keberadaannya menjadi bagian dari hidup kita. Untuk itu, kita benar-benar memerlukannya untuk menunjang kehidupan ini.

Namun begitu, kita mesti memiliki kesadaran bahwa dalam penggunaannya haruslah cerdas. Semisal saat menyalakan televisi, kita harus mengetahui apakah posisi kita mengantuk atau tidak, bila mengantuk segeralah matikan televisi.

Baca juga : Paket Internet Unlimited yang Cocok untuk Rumahan

Karena bila tidak, kita mungkin akan dilihat oleh televisi itu sendiri. Maka saat tidur matikanlah televisi terlebih dahulu. Selain itu matikan handphone anda.

Karena membiarkan handphone anda menyala sama artinya dengan menghambur-hamburkan energi. Kita mestinya mengetahui hal-hal tersebut namun faktanya masih saja banyak yang abai dan tidak mau tahu.

Padahal seandainya kita bisa menhemat penggunaan listrik kita akan bisa menghemat pengeluaran kita. Begitulah cara untuk menghemat listrik dengan mudah. Begitu juga dengan mengecek tagihan listrik anda. Pada intinya gunakanlah listrik dengan sebijak mungkin.