Cara Ngecas HP Android agar Lebih Cepat Terisi

Saat pulang kerja terkadang suka lupa ngecas HP, bangun pas subuh cuma punya waktu sebentar untuk ngecas HP karena jam 6 sudah harus persiapan untuk pergi ke kantor.

Nah di waktu yang sempit ini kita harus tricky agar saat charge handphone bisa lebih cepat terisi. Minimal saat di kendaraan menuju kantor, smartphone masih bisa digunakan, kalau bisa sampai kantor malah.

Beberapa smartphone terkini memang sudah mendukung fitur fast charging. Nah gimana klo HP kita belum support dengan fitur fast charging tersebut? Hm. Kita bisa gunakan trik berikut ini agar ngecas HP lebih cepat penuh.

1. Aktifkan Mode Pesawat Terbang

Aktifkan Mode Pesawat Terbang

Salah satu penyebab baterai handphone cepat habis salah satunya adalah karena koneksi jaringan. Apa lagi di tempat yang jaringannya jelek, kadang naik dan turun. Hal ini yang mengkonsumsi banyak tenaga baterai HP.

Solusinya kamu bisa menghidupkan mode pesawat terbang selama proses ngecas HP agar cepat penuh. Kecepatan cas hp bisa lebih cepat 25% saat kamu mengaktifkan mode pesawat terbang ini (airplane mode).

Cara mengaktifkan airplane mode ini yaitu, scroll down menu yang ada di android kamu, lalu pilih gambar pesawat (airplane mode). Setelah baterai penuh, jangan lupa untuk menonaktifkan fitur airplane mode agar HP kamu bisa terkoneksi dengan internet kembali.

2. Matikan Smartphone Kamu untuk Ngecas HP yang Optimal

Matikan Smartphone Kamu untuk Ngecas HP yang Optimal

Cara kedua ini cukup simpel, tinggal kamu matikan saja HP kamu saat ngecas. Namun perlu diingat bisa saja cara kedua ini lebih memakan konsumsi daya baterai lebih besar karena HP harus start dari awal. Fitur seperti enkripsi kartu SD salah satu yang memakan daya baterai HP cukup banyak.

3. Gunakan Kabel Data Terbaik untuk NgeCas HP

Gunakan Kabel Data Terbaik untuk NgeCas HP

Kualitas kabel data yang digunakan untuk cas HP dapat mempengaruhi kecepatan saat kamu ngecas. Di dalam kabel yang kamu gunakan untuk ngecas, ada beberapa warna kabel, seperti merah, hijau, putih, dan hitam.

Kabel yang berwarna putih dan hijau digunakan untuk transfer data, sedangkan untuk kabel merah dan hitam digunakan untuk cas hp. Agar proses cas hp lebih cepat, kamu harus menggunakan kabel yang original atau yang berkualitas baik.

Umumnya kabel yang palsu atau berkualitas buruk, hanya memiliki kemampuan hantar arus (ampere) yang rendah. Hal ini yang membuat proses cas smartphone menjadi lebih lama.

4. Hindari Cas HP Melalui Pengisian Nirkabel

Hindari Cas HP Melalui Pengisian Nirkabel

Faktanya teknologi terbaru yang berupa wireless charging belum memasuki tahap sempurna. Buat kamu yang butuh ngecas cepat, sebaiknya hindari pengisian nirkabel ini.

Karena perbedaan waktunya bisa 50% antara yang cas HP melalui kabel lebih cepat penuh dibandingkan dengan yang cas melalui wireless. Alasannya sederhana karena akan lebih efisien energi yang ditransfer melalui kabel ketimbang melalui wireless.

Mungkin butuh waktu beberapa tahun kedepan mungkin wireless charging bisa lebih cepat daripada yang sudah ada saat ini. Semoga empat tips di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Kalau ada saran cara cepat ngecash HP, boleh di share di kotak komentar di bawah artikel ini ya.