Cara Optimisasi WordPress untuk Blogger Pemula

Seperti yang anda ketahui bahwa WordPress merupakan salah satu platform digital yang pada mulanya dikhususkan bagi pengguna internet yang memiliki hobi dalam hal menulis.

Sebab di awal kemunculannya, WordPress sendiri banyak dipergunakan sebagai salah satu platform blogging oleh seluruh kalangan baik pelajar maupun pekerja.

Seiring dengan berkembangnya zaman, WordPress menjadi salah satu platform yang sangat diminati karena ragam plugin yang bisa dipergunakan dengan mudah dan tanpa ada biaya sedikitpun.

Sehingga saat ini banyak para generasi muda menggunakan WordPress sebagai platform yang digunakan untuk tujuan professional seperti penulis profesional, toko online, dan lain-lain.

Oleh karena itu tips optimisasi WordPress menjadi sangat penting sebab dapat mempengaruhi jumlah pengunjung di laman WordPress milik anda.

Beberapa Tips Optimisasi WordPress Yang Sederhana

Salah satu dampak yang akan anda rasakan ketika menerapkan berbagai tips optimisasi WordPress adalah pertambahan pengunjung WordPress anda.

Hal ini biasa dikenal dengan peningkatan traffic karena pengunjung tidak butuh waktu yang lama hanya untuk mengakses konten yang ada di laman WordPress pribadi anda.

Tak jarang penurunan traffic yang siginifikan disebabkan karena masalah seperti waktu pemuatan konten yang cukup lama. Sehingga pengunjung akan langsung menekan tombol kembali sebelum sempat masuk ke laman WordPress anda.

Selain itu optimisasi ini juga berguna untuk mempercantik tampilan WordPress anda karena proses ini akan bersinkronisasi dengan semua plugin yang anda gunakan.

Sebelumnya kami juga sudah membahas beberapa tips optimisasi agar website anda bisa berkembang, dan artikel ini memiliki korelasi dengan artikel sebelumnya, buat yang belum baca bisa membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu ya. 

Yuk kita lanjutkan:

1. Memilih hosting plan yang tepat dan cepat

Pada umumnya ketika anda baru memulai bisnis yang memanfaatkan fitur digital seperti WordPress maka memang disarankan untuk memilih hosting plan yang tidak terlalu membutuhkan biaya yang tinggi.

Hosting plan sendiri merupakan suatu tempat dimana nantinya keseluruhan data yang terdapat pada WordPress anda akan disimpan. Seringkali optimal atau tidaknya kinerja laman WordPress anda dipengaruhi oleh pemilihan hosting plan yang kurang tepat.

Biasanya hal ini dikarenakan pengguna WordPress memilih shared hosting plan atau hosting plan yang digunakan bersama-sama. Sehingga akan banyak data yang disaring sebelum akhirnya mendapatkan data milik anda.

Ketika anda menjalankan laman fotografi atau sejenisnya maka sekiranya anda perlu memilih hosting plan pribadi agar kinerja lebih cepat dibandingkan lama WordPress sejenis lainnya.

Selain itu tips optimisasi WordPress yang juga bisa anda terapkan adalah menggunakan fitur GTMetrix untuk mengoptimalkan kinerja WordPress.

Dongkrak kecepatan wordpress anda dengan tips meningkatkan pagespeed berikut ini.

2. Gunakan tema WordPress yang ringan.

Tema menjadi salah satu hal terpenting yang harus anda terapkan ketika memiliki sebuah laman WordPress apalagi yang diperuntukkan untuk tujuan bisnis dan profesional.

Tetapi sayangnya saat ini banyak pemilik laman WordPress yang menggunakan tema dengan ukuran yang besar. Biasanya tema-tema tersebut menerapkan pola gambar yang terlalu banyak dan variasi warna yang terkesan membludak di laman anda.

Tanpa anda sadari, penggunaan tema tersebut ternyata berdampak buruk bagi kinerja WordPress anda. Sehingga selalu pastikan menggunakan tema yang sederhana tanpa gambar yang terlalu banyak menjadi salah satu tips optimisasi WordPress yang paling mudah untuk anda terapkan.

3. Menyeleksi penggunaan plugin di WordPress

Hingga saat ini tidak banyak pemilik laman WordPress yang menyadari bahwa penggunaan plugin yang tidak diatur dengan baik menjadi salah satu penyebab buruknya kinerja laman WordPress.

Beberapa plugin memang disarankan untuk digunakan seperti dalam hal keamanan, tema, dan percepatan kinerja WordPress. Tetapi terlalu banyak plugin yang tidak memberikan pengaruh banyak ternyata mampu menurunkan kinerja WordPress anda.

Bahkan sampai ke tingkat yang sulit untuk ditoleransi. Meskipun begitu ada salah satu plugin yang dapat membantu anda menerapkan tips optimisasi WordPress ini yakni P3 Profile dan Yoast.

Plugin ini akan menyediakan informasi mengenai seberapa besar beban setiap plugin yang anda gunakan. Sehingga anda bisa melakukan proses seleksi dengan tepat.

Jangan menggunakan plugin / script yang sekiranya bisa membuat situs anda dipenalti oleh Google (Cara Black SEO). Contohnya plugin untuk membuat link otomatis, membuat keyword yang berlebihan, dst-nya.

4. Selalu kosongkan tempat sampah

Perlu anda ketahui bahwa versi Wordpres terbaru yakni WordPress 2.9 telah menambahkan sebuah fitur tempat sampah yang memiliki sistem kinerja persis seperti tempat sampah pada komputer anda.

Berbagai data dapat anda hapus dari laman WordPress anda dan secara otomatis masuk ke tempat sampah ini. Beberapa jenis data yang dapat dihapus yakni gambar, laman, postingan, media, dan lain-lain.

Setelah masuk ke dalam kotak sampah anda masih tetap bisa melakukan perintah penyimpanan kembali untuk file yang tidak sengaja terhapus. Tetapi semakin banyak data yang tersimpah di tempat sampah semakin banyak pula ruangan yang diambil pada basis data WordPress anda.

Oleh karena itu membersihkan tempat sampah secara berkala wajib selalu anda terapkan sebagai salah satu tips optimisasi WordPress. Hindari juga menggunakan artikel yang asal copy-paste dari internet!

5. Kurangi penyimpanan beberapa fitur

Beberapa fitur seperti komentar spam,ping back, dan jalur pencarian balik ternyata dapat mengambil ruang penyimpanan data yang cukup besar pada WordPress anda.

Selain itu ketika anda membuat sebuah postingan maka WordPress akan secara otomatis menyimpan versi lama sebelum anda mengunggahnya.

Biasanya versi lama ini disebut sebagai dokumen revisi karena bisa anda revisi jika dibutuhkan karena file ini akan terus tersimpan di dalam database WordPress anda.  Sehingga hal tersebut tentunya dapat memperlambat kinerja laman anda karena banyaknya data yang sama yang tersimpan.

Oleh karena itu anda bisa menggunakan salah satu plugin yakni WP Optimize sebagai tips optimisasi WordPress yang praktis. Dimana nantinya WP Optimize yang akan membersihkan file serupa yang tertumpuk.

6. Gunakan ukuran foto yang tepat

Menggunakan gambar pada setiap konten yang anda unggah di laman WordPress anda memang akan meningkatkan jumlah pengunjung yang mengakses laman anda.

Selain itu, konten anda akan lebih sering muncul karena konten bergambar akan lebih disukai oleh pembaca. Tetapi gambar yang anda simpan di WordPress tentunya membutuhkan ruangan besar untuk penyimpanan sehingga hal ini bisa memperlambat proses untuk memuat laman anda.

Tips optimisasi WordPress yang bisa anda terapkan dalam hal ini adalah menggunakan plugin WP Smush it yang dapat mengkonversi gambar yang akan anda unggah.

Plugin ini dapat membuang meta data pada file JPEG dan merubah file GIF menjadi PNG. Tetapi pastikan juga anda menggunakan plugin Lazy Load yang hanya akan memuat gambar apabila pembaca mengakses laman dimana gambar dimuat.

7. Pergunakan iklan dengan bijak

Iklan merupakan salah satu komponen penting yang memang dapat membantu sebuah website untuk benar-benar menjalankan fungsi bisnis secara keseuluruhan.

Bagi para pengguna dunia digital, memanfaatkan iklan dapat menjadi pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan. Tapi tetap pergunakan iklan dengan sangat bijak karena iklan yang terlalu banyak di laman anda terbukti memberikan dampak yang buruk bagi kecepatan kinerja WordPress itu sendiri.

Sebab informasi data iklan ini selalu diambil dari server pihak ketiga yang tentunya butuh proses yang lebih panjang. Oleh karena itu tips optimisasi WordPress untuk mengatasi hal ini adalah selalu gunakan iklan yang memang benar-benar memberikan dampak yang paling signifikan saja agar tidak berlebihan.

8. Tidak menggunakan tautan media sosial

Salah satu cara mempromosikan laman WordPress yang anda miliki adalah dengan menggunakan tombol atau tautan berbagi ke media sosial. Hal tersebut terbukti mampu meningkatkan pengunjung laman karena saat ini pengguna media sosial sangatlah banyak.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa adanya tombol ini ternyata mampu membuat waktu memuat laman WordPress anda menjadi lebih lama. Sebab server WordPress perlu mengambil data media sosial yang berasal dari layanan eksternal.

Sehingga tips optimisasi WordPress untuk mengatasi hal ini adalah pertimbangkan untuk tidak menggunakan tautan untuk laman WordPress yang sudah berkembang pesat.

9. Menggunakan layanan compression

Salah satu tips optimisasi WordPress yang bisa anda coba adalah dengan mengaktifkan fitur Gzip Compression. Fitur ini memungkinkan halaman WordPress yang anda miliki untuk dibuka pada laman browser dengan ukuran 70% dari aslinya.

Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memuat laman anda akan lebih singkat. Untuk dapat menggunakan fitur ini maka anda hanya perlu masuk ke laman pengaturan pada WordPress anda, selanjutnya ubah nilai Gzip dari 0 menjadi 1 untuk memanfaatkan fitur ini.

10. Menggabungkan CSS dan Javascript

Pada dasarnya setiap anda membuka laman HTTP maka anda telah melakukan panggilan ke file CSS dan Javascript. Sehingga semakin banyak permintaan tersebut maka semakin lambat juga kinerja yang akan dimiliki oleh laman WordPress anda.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan aplikasi PHP5 Minify sebagai salah satu tips optimisasi WordPress untuk mengatasi hal ini. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menggabungkan beberapa file CSS dan Javascript.

Selain itu anda juga mungkin membutuhkan plugin yang mampu mengecilkan ukuran file CSS dan Javascript dimana anda dapat mencoba menggunakan WP Minify dan Better WordPress Minify.

11. Mengaktifkan Browser Catching.

Anda mungkin menyadari bahwa beberapa jenis file yang ada di laman WordPress anda jarang mengalami perubahan seperti Javascript, CSS, logo, dan lain-lain.

Sehingga anda perlu untuk menggunakan beberapa tips optimisasi WordPress untuk mengatasi ukuran file yang tida berubah ini. Anda bia mengaktifkan fitur browser cacthing yang akan mempercepat waktu loading situs anda.

Sebab fitur ini mampu untuk menyimpan salinan data dalam cache lokal.

12. Gunakan Cache plugin

Menggunakan cache plugin menjadi salah satu tips optimisasi WordPress yang patut anda coba karena fitur ini mampu untuk menonaktifkan perintah PHP atau MySQL yang bisa memperlambat kinerja WordPress anda. Anda bisa menggunakan beberapa plugin seperti WP Super Cache, W3 Total Cache, dan lain-lain.

13. Gunakan CDN

CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network yang dapat mempersingkat waktu memuat laman anda. Sebab CDN dapat mengambil data dari server terdekat dan segera mengirimkannya ke laman anda.

Setelah mengetahui macam-macam tips optimisasi WordPress maka tentunya anda sudah tidak kesusahan lagi dalam meningkatkan kinerja laman anda.

Salah satu CDN gratisan yang bisa anda gunakan yaitu CDN dari Photon – Jetpack, maupun layanan seperti Cloudflare

Demikian artikel ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.