Transfer File Tanpa Kabel USB Lebih Cepat, Mudah, dan Aman

Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti pernah melakukan transfer file dari smartphone ke PC atau sebaliknya, dan cara yang paling umum digunakan adalah dengan memanfaatkan kabel data.

Dengan adanya kabel, kita bisa dengan mudah memindahkan beragam macam file, mulai dari dokumen, foto, video, lagu mp3, atau aplikasi-aplikasi tertentu.

Meski tergolong mudah, transfer menggunakan kabel data atau kabel USB sebenarnya memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah kecepatan transfer yang tidak maksimal.

Baca juga : Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SDCard

Memakai kabel juga dianggap kurang praktis karena Anda harus membawa kabel USB ke mana-mana agar bisa melakukan transfer data sewaktu-waktu.

Kabar baiknya, kini Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa kabel hanya untuk berbagi data. Bagi Anda pengguna smartphone, khususnya perangkat Android, ada cara yang jauh lebih mudah untuk memindahkan file dari ponsel ke PC/ laptop, yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi yang sudah banyak tersedia di Google Play Store.

5 Aplikasi Transfer File dari Smartphone ke PC Tanpa Kabel

Saat ini ada banyak aplikasi transfer data yang bisa Anda temukan di Play Store, namun ada beberapa aplikasi yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna Android.

Berikut adalah 5 aplikasi transfer data yang bisa Anda unduh untuk memudahkan proses pemindahan file dari perangkat yang berbeda.

1. SHAREit – Kirim dan Berbagi File Lebih Mudah dengan Aplikasi Ini

SHAREit adalah salah satu aplikasi transfer data terbaik dan paling populer di Google Play Store. Setidaknya sudah ada 500 juta pengguna Android yang telah mengunduh aplikasi ini untuk memindahkan file, baik antar Android maupun dari Android ke PC dan sebaliknya.

Keunggulan SHAREit:
  • Penggunaannya tanpa koneksi internet sehingga Anda bisa memindahkan file kapan saja dan di mana saja.
  • Anda bisa mentransfer berbagai macam file seperti foto, video, dokumen, lagu, aplikasi games, dan masih banyak lagi.
  • SHAREit menawarkan kecepatan transfer hingga 20MB/s bahkan 200 kali lebih cepat dari Bluetooth.
  • Pemindahan file bisa dilakukan di berbagai platform, mulai dari ponsel, PC, tablet, Android, Windows, iOS, dll.
  • Bila Anda berganti ponsel, SHAREit bisa memindahkan seluruh data dari ponsel lama ke ponsel yang baru, baik itu berkas SMS, daftar kontak, serta aplikasi lainnya.

2. Xender – Transfer & Bagi File Tanpa Data Selular

Xender juga termasuk aplikasi terbaik dan terpopuler dalam hal transfer data, bahkan aplikasinya sudah diunduh 100 juta kali di Google Play Store. Dengan Xender, Anda bisa memindahkan berbagai macam file dalam waktu yang sangat singkat, baik dari smartphone ke PC atau sebaliknya.

Keunggulan Xender:
  • Sangat praktis karena tidak membutuhkan kabel data dan koneksi internet. Xender nantinya akan menciptakan jaringan Wi-Fi sendiri untuk mentransfer data.
  • Xender mampu memindahkan file dengan sangat cepat. Kecepatan transfer tertinggi bisa mencapai 10Mb/s dan 200 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth.
  • Anda bisa memindahkan berbagai macam file, mulai dari dokumen, musik, foto, video, hingga aplikasi. Besarnya ukuran file juga tidak dibatasi.
  • Transfer data bisa dilakukan antar perangkat dan sistem operasi. Xender mendukung pemindahan file antar ponsel, komputer, tablet, Android, iOS, maupun Windows.
  • Xender bisa memindahkan seluruh data dari ponsel lama ke ponsel baru dengan satu langkah mudah.

3. Zapya – Berbagi File dengan Konsep Sharing yang Menyenangkan

Aplikasi transfer file berikutnya yang juga cukup populer di kalangan pengguna Android adalah Zapya. Zapya menawarkan pemindahan data yang mudah, cepat, dan praktis.

Sebagai aplikasi transfer cross-platform, Zapya mampu memindahkan file di perangkat apa saja dengan sistem operasi apapun.

Keunggulan Zapya:
  • Tidak memerlukan koneksi internet, baik jaringan Wi-Fi atau penggunaan data seluler.
  • Bisa digunakan di perangkat apa saja, baik ponsel, PC, maupun tablet.
  • Tidak ada batasan ukuran file sehingga Anda bisa mentransfer data jenis apapun.
  • Zapya menawarkan kecepatan transfer 200 kali lebih cepat dari Bluetooth dan benar-benar mengalahkan kecepatan BlueTooth/ NFC/ AirDrop.
  • Anda bisa berbagi data ke banyak teman atau perangkat sekaligus. Zapya memiliki fitur Group Sharing sehingga Anda bisa dengan mudah mentransfer data ke banyak orang dalam waktu singkat.

4. ShareCloud – Berbagi Banyak File dengan Sekali Klik!

ShareCloud atau yang juga dikenal sebagai Share Apps ini merupakan aplikasi transfer data yang sudah digunakan oleh jutaan pengguna Android. Tak hanya mampu memindahkan berbagai macam file, ShareCloud juga menawarkan cara transfer yang praktis dan cepat.

Keunggulan ShareCloud:
  • Dapat memindahkan data dengan sangat cepat menggunakan Bluetooth.
  • Pemindahan data sama sekali tidak membutuhkan internet. ShareCloud bisa berbagi file dengan menciptakan hotspot-nya sendiri untuk memudahkan penggunanya.
  • Mampu memindahkan berbagai jenis data dan bisa dilakukan di perangkat apapun.
  • ShareCloud memiliki fitur berbagi file foto atau video secara langsung ke email, Google Drive, atau berbagai media sosial (Facebook, Twitter, WhatsApp, dll).

5. CM Transfer – Mudahnya Berbagi File dengan Teman Dekat Anda

CM Transfer adalah salah satu aplikasi transfer data terbaik yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Seperti aplikasi-aplikasi lainnya, CM Transfer juga menawarkan beberapa kelebihan yang mencakup kemudahan penggunaan hingga kecepatan transfer yang tinggi.

Keunggulan CM Transfer:
  • Transfer dan terima data tidak butuh koneksi internet. Mudah dilakukan dan gratis tanpa biaya.
  • Anda bisa mentransfer data apapun, termasuk seluruh kontak yang ada di ponsel Anda.
  • Tidak ada batasan jenis data yang bisa ditransfer sehingga Anda dapat berbagi file apa saja, mulai dari foto (JPG, JPEG, PNG, GIF, dll), video (AVI, MP4, MPG, 3GP, dll), musik (MP3, WAV, WMA, dll), dokumen (PDF, DOC, XLS, dll), hingga aplikasi-aplikasi lainnya.
  • Kecepatan transfer file yang tinggi hingga 10 MB/s bahkan 160 kali lebih cepat dari Bluetooth.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan transfer file tanpa menggunakan USB. Kalau anda sendiri masih menggunakan kabel USB atau sudah menggunakan cara di atas untuk berbagi file? Yuk sharing!

Bagikan juga tulisan di atas melalui akun sosial media yang anda miliki, baik di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn dan Path untuk teman-teman anda di sana.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari blog ini? Anda bisa subscribe artikel di blog ini dengan cara memasukkan alamat email di kotak berlangganan artikel yang ada di bawah tulisan ini.

Semoga bermanfaat! 🙂