Tips Tuning Gitar untuk Pemula dengan Kualitas Profesional

Punya hobi main musik, terutama alat musik gitar? Bagi pemula tuning gitar itu bukan perkara mudah. Perlu latihan tuning agar ketika dimainkan gitar tidak terdengar cempreng. Mau kunci gitarnya sebagus apapun mainnya, kalau gitar tidak di tuning terlebih dahulu. Ya bagai sayur tanpa garam kata mbak inul (ga ada hubungan sama tulisan ini si).

Kurang pas dan kurang enak didengar jadinya. Saya pernah belajar tuning gitar manual ketika les dulu, pakai feeling si kata orang. Ya, hasilnya alhamdulillah suara gitar akustik jadi seperti bas betot. Hehe. Maklum masih pemula dulu. Sekarang juga masih newbie kok. 😛

Sekarang dengan kecanggihan teknologi kita bisa mengandalkan perangkat seperti smartphone Android untuk tuning gitar. Kurang lebih dari segi fungsi tidak kalah dengan tuner digital. Anda hanya perlu mensetting gitar dan menyesuaikan dengan aplikasi yang bernama Guitar Tuna.

Dari lagu-lagu pop sampai lagu heavy metal juga bisa Anda sesuaikan. Tidak hanya gitar tetapi alat musik seperti ukulele dan biola juga bisa di tuning dengan menggunakan aplikasi yang satu ini. Selain aplikasi guitar tuna, aplikasi serupa untuk tuning gitar, yaitu Tabs. Saya pernah mengulas aplikasi Guitar Tabs pada tulisan berikut: “Aplikasi Guitar Pro untuk Android“.

Saya sendiri lebih menyukai guitar tuna dibandingkan tabs dari segi tampilan dan fitur, ini dalam konteks tuning gitar ya. Tapi kalau soal belajar gitar dari kunci lagu, tab, video tutorial bermain gitar, tutorial dasar bermain gitar, dan masih banyak lagi tips bermanfaat seputar alat musik gitar, pemenangnya yaitu aplikasi Tabs (di luar konteks tuning gitar).

Sebelum menggunakan aplikasi ini, perhatikan juga senar dan bagian kepala atau tuning pegs, terutama senar di gitar-gitar yang sudah berumur tua. Karena bisa jadi proses tuning malah membuat senar gitar terputus. Atau karena jarang di tuning bagian kepala atau tuning pegs menjadi keras untuk diputar. Jangan dipaksa, gunakan pelumas.

Proses tuning gitar sebenarnya tidak perlu sering dilakukan. Tergantung intensitas Anda bermain gitar dan dalam kondisi tertentu saja. Kalau semakin sering bermain gitar durasinya bisa satu minggu atau dua minggu sekali saja cukup.

Kalau kondisi tertentu misalnya beberapa jam sebelum manggung. Ketika latihan terakhir sebelum pentas atau show Anda bisa tuning gitar. Disesuaikan dengan kebutuhan Anda saja. Semoga tips sederhana di tulisan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas Anda dalam bermain musik.


Bantu share tulisan di atas jika bermanfaat menurut Anda untuk orang lain melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path.

Ingin mendapatkan tulisan dari situstarget.com ekslusif melalui alamat email Anda? Daftarkan email dan nama lengkap anda melalui kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Gratis.