Menimba ilmu di bangku universitas memang menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di fase ini, kita akan banyak bertemu dengan banyak kawan atau bahkan mengalami kejadian yang semakin menambah wawasan keilmuan kita. Tentu tidak terbatas pada ranah akademis saja.
Namun menjadi mahasiswa tidak selamanya menyenangkan. Maka tidak heran kalau “Makhluk paling bokek sedunia” adalah julukan yang disematkan dengan lekat kepada mereka yang masih berstatus mahasiswa.
Apa pasal? Ya, karena secara ekonomi sebagian besar mahasiswa memang masih bergantung pada orang tuanya. Jangankan uang kuliah yang duitnya bisa sampai puluhan juta, untuk bayar kos dan makan sehari-hari saja masih minta.
Kebutuhan kita sebagai mahasiswa memang tidak sedikit. Seringnya, uang bulanan dari orang tua bahkan tidak cukup untuk membayar buku-buku atau membayar ongkos cetak laporan yang ajaibnya tidak pernah murah.
Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Eits, tidak perlu risau tidak usah galau, tips mendapatkan uang saku tambahan ini wajib Anda terapkan:

1. Mencari Pekerjaan Paruh Waktu

Ya, mencari pekerjaan paruh waktu alias menjadi freelancer adalah solusi pertama dan yang paling utama yang bisa Anda terapkan. Selain bisa menambah uang jajan, freelance merupakan jenis pekerjaan yang waktunya fleksibel sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah.
Pekerjaan paruh waktu seperti apa sih yang cocok dijalani mahasiswa? Pada dasarnya semua pekerjaan bisa disiasati. Yang harus diingat sebelum mulai bekerja, diskusikan dulu dengan pemilik usaha tempat Anda akan bekerja. Jujurlah bahwa Anda sedang mencari pekerjaan yang tidak mengganggu jadwal kuliah.
Jenis pekerjaan paruh waktu yang umum dijalani mahasiswa di antaranya adalah menjadi pengajar di bimbingan belajar, pelayan rumah makan, pengantar koran, pramuniaga di toko, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Manfaatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Setiap orang pasti mempunyai keterampilan dan kapasitas pengetahuan yang berbeda dengan yang lainnya. Nah, Anda bisa memanfaatkan celah ini dan menyulapnya menjadi rupiah.
Misalkan Anda sangat suka dengan bahasa Inggris dan dunia penerjemahan, keterampilan Anda ini sangat bisa lho Anda manfaatkan agar bisa mendatangkan pundi-pundi tambahan uang saku.
Contoh lain, jika kebetulan Anda memiliki bakat di bidang menari tradisional, Anda pun bisa bergabung di sanggar-sanggar sebagai pelatih profesional. Bukankah pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar? Nah, jangan sia-siakan bakat yang Anda miliki!

3. Mendapatkan Uang Saku Secara Online

Mendapatkan uang hanya dengan mengandalkan teknologi internet sekarang bukan lagi barang baru lho. Dari semua jenis pekerjaan paruh waktu yang disebutkan di atas, barangkali bekerja secara online adalah jalur yang paling gampang.
Dengan usaha online ini, Anda tidak perlu repot-repot ke sana ke mari, cukup duduk di depan komputer atau menyimak layar telepon genggam saja. Adakah pekerjaan yang bisa dijalani dengan sistem berbasis internet seperti ini?
Banyak sekali, antara lain: menjadi penulis lepas, menerjemahkan, berjualan, blogging, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda tinggal pilih mana yang cocok dan sesuai dengan kepadatan jadwal sebagai seorang mahasiswa.

4. Menulis Opini di Surat Kabar untuk Menambah Uang Saku

Ini khusus buat kalian yang suka dan punya hobi menulis. Sekadar info saja, saat ini dunia literasi sedang maju-majunya lho. Jika sedikit saja kita mau dan jeli melihat peluang, sesungguhnya kita bisa memanfaatkan hobi kita untuk mendulang rupiah dari kegiatan menulis ini. Menulis yang bagaimana?
Tentu menulis yang menghasilkan. Tidak sebatas pada kegiatan menulis konten sesuai permintaan klien, cobalah untuk sesekali menulis opini atas realitas yang sedang hangat diperbincangkan.
Jangan lupa kirimkan tulisan Anda ke media atau surat kabar yang Anda anggap potensial bisa menayangkan tulisan tersebut. Selain bakat menulis semakin terasah, Anda juga akan semakin dikenal masyarakat, dan tentu saja rekening bank tidak akan lagi kering seperti yang sudah-sudah. Bagaimana? Tertarik kan? Coba saja.

5. Menyewakan Barang yang Tidak Terpakai

Punya barang yang masih bagus, tidak terpakai, dan tidak tahu mau dikemanakan? Coba saja disewakan kepada orang lain. Selain bermanfaat, menyewakan barang juga akan menambah uang jajan.
Tentu saja tidak semua barang bisa disewakan ya. Beberapa yang bisa Anda manfaatkan contohnya adalah kamar kosong yang tidak dipakai, play station, baju kebaya, dan lain sebagainya.
Apa pun itu, selama masih bisa diberdayakan dan dijadikan sumber penghasilan, manfaatkan!

6. Berhematlah

Poin terakhir ini memang agak janggal kalau disebut tips. Tapi tidak apalah, toh masih ada pengaruhnya juga kan antara kebiasaan berhemat dengan kecepatan habisnya uang saku di dompet? Sebagai mahasiswa, barangkali kebiasaan berhemat akan sedikit susah dilakukan.
Cetak laporan yang jumlahnya sampai puluhan lembar, biaya buku yang tidak pernah murah, ajakan makan dari teman yang kalau ditolak membuat kita merasa tidak enak, atau bahkan bujukan diskon di pusat perbelanjaan dekat kampus?
Pada dasarnya semua bujuk rayu untuk hidup boros itu bisa kita atasi dan siasati. Asal kita tahu celahnya. Ya, berhemat. Hemat berbeda dengan pelit. Sekali dua kali, mengiyakan ajakan teman untuk makan di luar tidak jadi masalah sepertinya, yang membuat jatah bulanan Anda cepat kandas adalah terlalu sering hangout bersama teman-teman.
Meski terkesan sepele, usut punya usut ternyata kebiasaan ini adalah penyumbang utama “kebobrokan” dompet para mahasiswa. Karenanya, mulai sekarang kurangilah jalan-jalan tidak perlu dan makan di luar. Agar lebih hemat, Anda bisa memasak sendiri. Selain sehat, biayanya juga hemat, dan tidak bikin kantong sekarat.
Sudah dulu ya, semoga tips mendapat uang saku tambahan di atas bermanfaat buat kalian, para mahasiswa yang tengah berjuang di jalan ilmu. Aamiin.  😆

Beberapa Artikel yang Menarik untuk Dibaca:

  1. Mengenal Investasi Emas Murni
  2. Tips Investasi Dinar Emas untuk Pemula
  3. Ingin Kaya di Usia Muda? Investasi Emas Saja
  4. Ini Dia Negara-Negara Pemilik Emas Terbanyak di ASEAN
  5. Peran dan Manfaat Emas dalam Berbagai Segi Kehidupan Manusia


Bantu sebarkan tulisan di atas jika bermanfaat untuk teman-teman Anda sesama mahasiswa di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Klik tombol share di bawah ini untuk membagikan tulisan di atas. Semoga kebaikan yang Anda lakukan bisa berdampak besar bagi orang lain.  🙂
Jika tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari TheGold.Asia? Daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda di kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Lakukan konfirmasi pendaftaran dengan cara mengecek email usai mendaftarkannya dan klik link konfirmasi pendaftaran.
Setiap ada tulisan terbaru dari TheGold.Asia, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui alamat email yang telah didaftarkan sebelumnya. Ingin berbagi tulisan atau request tulisan juga bisa. Tinggal Anda balas saja pesan yang telah kami kirimkan sebelumnya. InsyaAllah dibalas secepatnya.  😆