Saat ini masih adakah di antara pembaca blog The Target yang menggunakan windows Aspal (Asli tapi Palsu)? Pasti masih ada ya? Baik, mungkin sebagian ada yang masih menggunakan windows aspal dan sebagian yang lain mulai mempersiapkan diri untuk migrasi OS (Operating System) ke versi Linux. Pembahasan kita kali ini tentang Ubuntu Gratisan vs Windows Aspal.

Ada kebiasan lama yang hari ini, sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan kebiasan tersebut oleh sebagian orang yang menggunakan OS Windows aspal ke versi OS gratisan dari kalangan Linux. Alasannya berbagai macam, mulai lebih aman dibandingkan menggunakan OS Windows aspal, mendapatkan dukungan komunitas dari tim pengembang, dan yang tidak kalah penting, yaitu kemampuan linux Ubuntu bisa dibilang sama dengan OS Windows.

Saran saya apabila Anda belum bisa membeli sistem operasi yang asli dan resmi, Anda bisa menggunakan ubuntu sebagai alternatif sistem operasi laptop atau komputer Anda. Mengapa? Karena bisa dibilang OS Windows yang menggunakan crack, sudah bisa dipastikan tidak akan mendapatkan dukungan dari tim pengembang Microsoft.

Alih-alih mau pakai sistem operasi yang berbayar dengan cara “gratisan”, faktor keamanan jadi terabaikan. Meskipun Anda menggunakan Antivirus terbaik, Firewall terbaik sekalipun kalau sistem operasinya tidak ditambal, celah keamanan tetap masih ada.

Antivirus dan Firewall tidak bisa menjamin keamanan dari laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi windows aspal loh. Lain hal jika Anda menggunakan Linux Ubuntu, Anda mendapatkan dukungan penuh dari tim pengembang selama beberapa tahun. Atau istilah yang dikenal dengan LTS (Long Term Support).

Sehingga Anda akan mendapatkan update terbaru dari Linux Ubuntu Anda secara berkala. Memangnya bagaimana jika windows aspal tetap di update? Apakah bisa? Jawabannya bisa, tetapi pasti akan muncul pesan-pesan error yang menyatakan bahwa windows tersebut tidak resmi alias bajakan.

Beberapa sistem operasi windows bajakanpun ada yang memblokir akses sistem update service. Sehingga Anda tidak bisa memperbaharui sistem operasi Anda. Saran dari saya, jika Anda memiliki uang lebih tidak ada salahnya Anda menggunakan sistem operasi windows yang resmi dan original.

Namun jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan sistem operasi gratisan tetapi tetap powerful seperti linux ubuntu. Semoga artikel Ubuntu Gratisan vs Windows Aspal ini bisa bermanfaat. Besok kita bahas ya cara untuk install ubuntu via USB Drive.