Adobe Flash secara resmi telah dihentikan dukungan pembengannya oleh tim Adobe. Bagi kamu pengguna Mac maupun Windows yang masih menginstal Adobe Flash, sebaiknya kamu uninstal Adobe Flash dari komputer kamu sekarang.

Pengumuman resmi ini ada pada situs Adobe, 31 Desember 2020 adalah hari “masa kadaluarsa” Adobe Flash. Pada bagian kenapa saya harus menghapus Adobe Flash terdapat informasi penting sebagai berikut:

Flash Player may remain on your system unless you uninstall it. Uninstalling Flash Player will help secure your system since Adobe does not intend to issue Flash Player updates or security patches.

Sekarang saatnya menghapus Adobe Flash dari komputer, mudah kok. Sebelum itu, cek terlebih dahulu melalui website ini apakah Adobe Flash di komputer kamu aktif atau tidak.

Status Adobe Flash Player Nonaktif

Jika statusnya nonaktif seperti gambar di atas, kamu tidak perlu uninstal. Namun syaratnya yaitu kamu harus menggunakan Google Chrome dan atau Microsoft Edge terbaru, Windows 8 atau Windows 10.

Baca juga : 7 Cara Backup Data Komputer Khusus untuk Pemula

Hapus Adobe Flash di Windows

Tutorial berikut ini hanya berlaku bagi mereka yang masih menggunakan Windows 8 ke bawah. Download terlebih dahulu program uninstaller Adobe Flash di link berikut ini.

Tutup terlebih dahulu semua browser, setelah proses download selesai. Baru kemudian, proses instalasi. Program uninstaller tidak akan bekerja apabila ada program lain yang menggunakan Adobe Flash.

Klik dua kali pada program uninstaller flash player yang sebelumnya telah di download, akan muncul pesan “Do you want to allow the following program to make changes to this computer?“, klik Yes.

Tahap terakhir tinggal menghapus file dan folder Adobe Flash.

Uninstal Adobe Flash di MacOS

Pertama buka jendela Finder, pilih Applications, dan buka Utilities (atau cari aplikasi Adobe Flash Player Install Manager). Buka Adobe Flash Player Install Manager, klik uninstal.

Kamu akan mendapatkan konfirmasi apabila proses uninstal telah berhasil dilakukan. Proses penghapusan Adobe Flash juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner atau Clean My Mac.

Atau bisa juga menggunakan program uninstaller Adobe Flash khusus untuk MacOS berikut ini:

Jangan lupa bagikan tulisan di atas kepada sesama pengguna Windows maupun MacOS, bisa jadi Adobe Flash yang terinstal di komputer teman kamu menjadi celah keamanan bagi dia.

Yuk bantu sebarkan kebaikan, informasikan bahwa dia harus uninstal Adobe Flash dikomputernya sekarang. Bantu sebarkan di Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, Line, dan Telegram ya.