Tips Update WordPress Terbaru dengan Cara yang Benar dan Aman

Seperti yang anda ketahui bahwa di awal kemunculannya WordPress merupakan salah satu blog engine atau platform yang dipergunakan sebagai blog saja.

Tetapi seiring dengan berkembangnya zaman yang mempengaruhi bidang teknologi, saat ini WordPress sudah mengembangkan perannya sebagai sebuah CMS atau Content Management System sebagai bagian dari update WordPress terbaru.

Sehingga makin banyak konten creator dan para profesional yang menggunakan WordPress untuk kepentingan pekerjaan yang bersifat formal.

Perlu anda ketahui bahwa platform ini resmi diliris 15 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2003, dimana WordPress sendiri dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Asal Usul Nama WordPress

Nama WordPress sendiri digunakan sebagai usulan dari Christine Selleck yang merupakan temen dekat dari Matt Mullenweg. WordPress menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan saat ini berkat kemudahannya dan juga berbagai fitur menarik yang disediakan serta dapat digunakan secara gratis.

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah WordPress sendiri memiliki dua alamat terbuka yang berbeda dari segi kegunaannya. Alamat yang pertama adalah WordPress.com yang biasanya digunakan secara personal untuk membuat blog pribadi tanpa perlu pengaturan yang rumit.

Biasanya WordPress.com ini digunakan untuk kepentingan yang berkisar seputar hobi atau pekerjaan yang sifatnya non-formal seperti reviewer. Sedangkan untuk WordPress.org biasanya diguanakan oleh pengguna yang lebih profesional lagi yang ingin memiliki platform dan sever pribadi.

Baru-baru ini WordPress meluncurkan versi terbarunya yakni WordPress 5.0 yang sangat menarik.

Klasifikasi WordPress 5.0

Seperti yang anda ketahui bahwa berdasarkan review pengguna rata-rata WordPress mendapatkan penilaian yang baik. Hal tersebut dikarenakan WordPress menyediakan berbagai macam tema dan plug in yang bisa digunakan secara gratis.

Di mana sebagian besar tema tersebut membantu anda dalam menciptakan tampilan halaman website yang menarik bagi pengunjung. Selain itu plug in gratis yang disediakan juga sangat berguna untuk meningkatkan kinerja halaman website anda seperti misalnya plug in untuk keamanan data website, peningkatan kinerja website, pembuangan sampah-sampah data secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Sehingga tidak heran jika WordPress masih menjadi salah satu platform unggulan yang digunakan oleh semua orang. Baru-baru ini terdapat update WordPress terbaru yang semakin menunjukkan kualitas WordPress sebagai salah satu platform terbaik.

Sejak dahulu WordPress dikenal sebagai salah satu platform yang fleksibel karena mudah untuk disesuaikan dengan keinginan pemiliknya baik dari segi tampilan maupun kinerjanya.

Beberapa bulan yang lalu WordPress baru saja meluncurkan versi terbarunya yang bertajuk WordPress 5.0 dengan berbagai macam keunggulan yang menyertainya.

Berikut beberapa keunggulan versi terbaru WordPress ini, diantarnya :

  1. Sistem editor terbaru. Sistem editor ini dinamakan dengan Gutenberg yang memang sangat disesuaikan untuk mengedit sebuah halaman website yang didominasi oleh tulisan di dalamnya. Pembaharuan ini bertujuan untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin membutuhkan kerapian dalam tampilan website. Hampir keseluruhan hal dalam pengeditan berubah dengan adanya pembaharuan ini yang menggantikan sistem klasik terdahulu.
  2. Memiliki blok konten. WordPress 5.0 hadir dalam tampilan yang tercipta dari perpaduan minimalis modern sehingga saat ini tersedia blok konten. Sehingga tampilan halaman website menjadi lebih rapi dan sederhana dibandingkan dengan sekedar tulisan yang terkadang tidak terlalu enak dilihat.
  3. Tema terbaru. Seperti yang anda ketahui WordPress 5.0 lebih condong ke arah tampilan blok-blok konten. Sehingga diterbitkanlah tema terbaru yang bertajuk twenty nineteen yang mampu beradaptasi dengan blok konten WordPress.

Keunggulan WordPress 5.0

Seperti yang anda ketahui bahwa pada dasarnya WordPress memang telah menjadi salah satu platform besar yang banyak dipergunakan oleh profesional. Seiring dengan berkembangnya zaman, tentunya pihak developer platform ini tidak ingin WordPress ditinggalkan oleh para pengguna karena tidak mampu mengikuti perkembangan zaman.

Oleh karena itu platform ini mengadakan pembaharuan sistem yang disebut dengan WordPress 5.0 yang fokus kepada kemudahan pelanggan dalam menciptakan berbagai hal yang diinginkan. Berikut beberapa keunggulan WordPress yang baru yang sangat berbeda dari pembaharuan-pembaharuan sebelumnya, yakni :

  1. Perubahan fokus WordPress. Melalui pembaharuan ini WordPress menyadari bahwa saat ini masih banyak pengguna yang sangat setia menggunakan platform ini. Sehingga hal tersebut dijadikan sebagai sebuah motivasi untuk tim pengembang platform ini dalam melakukan berbagai pembaharuan sistem. Untungnya saja, pembaharuan yang dilakukan oleh tim pengembang platform ini berfokus ke masa depan yang lebih modern yang tentunya terus menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat digital di era modern ini.
  2. Peningkatan sistem WordPress Rest API. Meski banyak yang belum mengetahui sistem ini, ternyata perannya dalam platform ini terbilang sangat penting. Sebab pada dasarnya sistem ini membantu pengembang untuk menciptakan dan menambahkan lebih banyak fitur yang bisa digunakan di halaman website. Selain itu melalui sistem ini pengembang juga mampu mempermudah melakukan pengiriman data atau menarik data dari situs website anda untuk kepentingan perbaikan dan pengembangan.
  3. Kemudahan dalam membuat tema. Salah satu keunggulan dari platform WordPress adalah tema website yang beragam. Tidak dapat dipungkiri jika sebuah tema menjadi salah satu daya tarik dari sebuah halaman website yang bisa menarik pengunjung. Kesalahan dalam menggunakan tema bisa berdampak fatal pada eksistensi website itu sendiri. Sehingga mengatasi hal tersebut WordPress merilis sebuah pembaharuan sistem dimana setiap pengguna website dibebaskan untuk bisa membuat tema sesuai dengan keinginan masing-masing tanpa harus mengikuti pakem dari tema yang terkesan kaku dan tidak fleksibel.

Sistem Gutenberg Editor

Seperti yang anda ketahui bahwa pada dasarnya sistem pengeditan pada halaman WordPress sedikit membutuhkan waktu. Sebab pada versi WordPress yang lama, anda akan membutuhkan banyak pengkodean dan pengaturan yang bisa berbeda-beda tergantung dari konten yang akan anda atur.

Sehingga hal tersebut tentunya menyulitkan para pengguna WordPress dalam melakukan berbagai penyesuaian jika memang telah dibutuhkan. Tetapi bagi anda yang masih setia menggunakan WordPress, maka anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut.

Karena pada pembaharuan ini and akan lebih mudah melakukan pembaharuan sebab sistem ini mengacu pada konten blok yang digunakan.

Pada WordPress 5.0 konten-konten yang biasanya muncul di halaman sebuah website sudah ditampilkan pada halaman beranda dalam bentuk blog.

Fitur Gutenberg Editor Ini Bisa Dibilang Konsepnya Sangat Minimalis

Sehingga tampilan mengalami perubahan drastis dari dominasi kata menjadi desain yang lebih modern dan futuristik. Selain itu Gutenberg editor ini juga memungkinkan anda melakukan pengaturan konten dari satu halaman saja dan tidak terpisah-pisah.

Sehingga merapikan website anda bukan sebagai sebuah hal yang rumit lagi melainkan menjadi menarik karena anda bisa dengan bebas menyesuaikannya dengan keinginan anda.

Intinya terdapat banyak hal yang berubah dengan adanya editor Gutenberg ini tetapi anda tidak perlu khawatir sebab update WordPress terbaru memiliki visi yang lebih modern dan demi kemudahan pengguna WordPress.

Selain itu dari segi add ons tambahan yang dimiliki oleh WordPress seperti tema dan plugin, anda juga tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Seperti yang anda ketahui pada update WordPress terbaru dirilis juga sebuah tema yang dinamakan dengan twenty ninenteen yang merupakan tema paling kompatibel dengan editor terbaru ini atau tema default yang digunakan pada WordPress terbaru.

Selain itu tema-tema seperti atomic blocks juga dirancang agar sesuai dengan Gutenberg editor yang fokus kepada blok konten. Dari segi plugin, mungkin ada beberapa plugin lama yang sudah tidak perlu anda gunakan lagi tetapi sebagian besar plugin untuk fungsi kinerja website tentunya masih bisa anda gunakan.

Tetapi tidak menutup kemungkinan seiring dengan berjalannya waktu semua plugin WordPress mampu beradaptasi dengan editor terbaru ini.

Cara Mudah Update WordPress 5.0

Setelah mengetahui berbagai macam keunggulan pada update WordPress terbaru ini, maka tentunya anda akan menjadi lebih tertarik untuk segera beralih menggunakan WordPress versi terbaru. Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai cara memperbaharui WordPress anda. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa anda terapkan, yakni :

1. Melakukan Backup Data

Menyimpan cadangan data website anda secara menyeluruh merupakan langkah yang tidak boleh anda lupakan sebelum melakukan pembaharuan sistem. Sebab bisa saja saat proses pembaharuan beberapa data mungkin akan rusak atau hilang secara otomatis karena tidak sesuai dengan sistem yang terbaru.

Oleh karena itu anda bisa menyimpan data cadangan pada server yang berbeda. Selain itu anda juga bisa menggunakan plugin BackUpBuddy yang mampu menyimpan keseluruhan data dari website anda.

2. Lakukan percobaan

Jika anda kurang yakin dengan proses pembaharuan menuju WordPress 5.0, maka anda bisa memanfaatkan situs pementasan / localhost agar tidak merugikan situs utama anda.

Sebab seringkali ditengah-tengah proses pembaharuan sistem tidak berjalan dengan lancar. Sehingga bisa saja membuat kinerja WordPress anda semakin buruk dan merusak beberapa pengaturan non-default yang anda terapkan sebelumnya.

Anda juga bisa membuat percobaan load testing untuk mengetahui kemampuan server hosting anda. Sebagai simulasi saat traffic membeludak, apakah server akan down atau tetap aman.

3. Lakukan pengecekan tema dan plugin

Seperti yang anda ketahui bahwa pada WordPress Gutenberg sistem editor mengalami perubahan yang cukup siginifikan. Sehingga hal tersebut juga berpengaruh pada jenis tema yang cocok dengan sistem ini atau sistem blok konten.

Sehingga pastikan halaman website anda telah menggunakan tema yang setidaknya kompatibel agar anda tidak perlu melakukan pengaturan ulang saat website sudah menggunakan versi terbaru WordPress.

Selain itu pastikan juga shortcodes plugin yang anda gunakan masih akan kompatibel dengan pembaharuan yang akan anda jalankan.

4. Lakukan pembaharuan.

Setelah semua proses pengecekan selesai, maka sekarang anda bisa memulai proses pembaharuan. Caranya cukup mudah dimana anda hanya perlu mengklik tombol “Update” pada kolom WordPress Admin Dashboard.

Setelah itu secara otomatis laman website anda akan melakukan pembaharuan sistem ke WordPress 5.0. Jangan pernah mengganggu proses pembaharuan ini dengan menjalankan perintah lainnya di website anda.

Sebab hal tersebut bisa berpotensi mengagalkan proses yang sedang berjalan dan memberpesar kemungkinan kerusakan pada data-data yang ada di dalam website anda.

Setelah melakukan proses pembaharuan tersebut selalu memastikan kinerja WordPress anda untuk tetap dalam keadaan yang prima. Selain itu, saat website sudah berhasil diperbaharui maka anda perlu memahami cara kerja Gutenberg editor yang memang memiliki perbedaan siginifikan dengan sistem editor sebelumnya.

Jangan menyerah jika anda merasa kesulitan sebab wajar saja bila hal ini membutuhkan waktu yang cukup panjang. Demikian artikel mengenai WordPress 5.0 ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.