Pastikan Membeli Domain Jangan Asal Murah, Bisa-bisa Dapat "Domain Murahan" Bahaya!

Waspada beli domain web murah meriah adalah pembahasan kita kali ini. Saya akan berbagi pengalaman kepada Anda para pembaca setia blog The Target Community mengenai jebakan-jebakan yang biasanya para penyedia hosting nakal lakukan dalam mempromosikan domain murah.

Memang ada yang salah ya dengan promosi domain murah? Bagi mereka yang baru ingin membeli domain website, entah itu untuk keperluan personal blog, komunitas, maupun perusahaan. Anda harus berhati-hati dengan yang namanya promosi terkait domain murah.

Dibilang murah bisa kisaran harganya antara 40-70 ribu rupiah, di bawah itu sudah murah sekali. Normalnya harga domain itu antara 90-250 ribu rupiah. Tergantung juga si domain apa yang Anda pilih. Tapi klo TLD (Top Level Domain) jarang harganya yang di atas 250 ribu.

Lalu apa hubungannya dengan promosi domain murah? Jadi beberapa promosi domain murah, ada yang dimanfaatkan oleh penyedia hosting untuk menaikkan harga yang tinggi di tahun-tahun berikutnya. Jadi misalnya Anda beli domain awalnya Rp. 30.000,- untuk domain ekstensi .com (dot com).

Tahun berikutnya ketika Anda perpanjang. Anda akan dikenakan biaya yang lebih tinggi. Dalam arti, harga domain tersebut bisa dibilang "tidak wajar". Nah itu yang pertama, yang kedua. Ada juga promosi domain murah akan tetapi Anda tidak diberikan DNS Management. Sehingga Anda tidak bisa mengotak-atik domain yang sudah Anda beli.

Klo Udah Gitu Nyesel Beli Domain Murahan Kan?

Dan Anda diharuskan untuk membeli hosting dari mereka. Artinya Anda tidak dapat membeli hosting di luar. Atau ada juga yang ketiga, Anda tidak diperbolehkan untuk transfer domain selama satu tahun ke penyedia hosting yang lain.

Cara-cara terselubung ini banyak ditemukan di kegiatan promosi domain murah. Hal-hal di atas itulah yang perlu Anda wapadai. Lebih baik tanya terlebih dahulu tentang fitur yang akan Anda dapatkan apabila membeli domain murah ke penyedia layanan domain web tersebut. Pastikan Anda mendapatkan akses DNS Management, dapat melakukan transfer domain kapan saja Anda mau, dan harga yang wajar dan pantas ketika perpanjang domain.

Kurang lebih itu yang bisa saya sampaikan, jika Anda berkenan. Bagikan tulisan ini di sosmed yang Anda miliki. Sehingga teman-teman yang lain juga, yang ingin membeli domain web. Tidak terjebak dengan promosi "domain murahan" asal cuma murah meriah.