Apakah Anda adalah seorang pemula yang baru mencoba menabung atau berinvestasi emas? Jika iya, cobalah sedikit luangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini. Kami akan membahas tentang tips aman berinvestasi emas dengan mewaspadai peredaran emas palsu yang tersebar luas di pasaran.

Biasanya bagi mereka yang masih pemula dalam menabung atau berinvestasi emas, belum memiliki banyak referensi toko-toko emas yang terpercaya untuk Anda beli. Betul? Jika Anda suka membeli emas di pasaran. Ada baiknya Anda lebih mewaspadai emas yang Anda beli. Karena sekarang ini sudah banyak emas palsu yang beredar di pasar atau toko-toko emas.

Emas palsu adalah logam emas yang telah dicampur dengan berbagai logam campuran seperti besi, tembaga, perak, kuningan, dan lain-lain. Adapun harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibandingkan emas yang asli. Namun ada juga yang lebih mahal atau bahkan harganya sama dengan emas yang asli namun ternyata emas itu palsu.

Tips yang bisa Anda lakukan guna menghindari emas palsu adalah dengan tiga hal berikut ini:

1. Tips Membeli Emas Ketika dalam Perjalanan atau Ketika di Luar Negeri

Waspadai emas palsu via panoramio.com

Waspadai emas palsu via panoramio.com

Ketika Anda sedang berpergian ke luar kota atau ke luar negeri. Berhati-hatilah dalam membeli barang-barang berharga. Misalnya pada saat mudik atau pulang kampung Anda ingin membeli emas perhiasan di kota destinasi tujuan. Ada baiknya Anda bertanya dengan penduduk atau warga sekitar tentang reputasi dari toko emas yang ada di kota tersebut.

Atau jika Anda sedang berpergian umrah atau haji dan ingin membeli emas. Jangan sekali-kali membeli emas pada penjual yang tidak memiliki toko (perseorangan), atau membeli pada toko yang belum Anda kenal. Cara mengenal toko dengan reputasi yang baik sangat mudah.

Anda bisa bertanya kepada tour leader, KBRI, jama’ah yang sudah sering berpergian ke tempat tersebut, WNI yang bekerja di sana, atau ke para mahasiswa, bisa juga melalui searching di internet mengenai toko emas yang memiliki reputasi yang baik di kota tujuan Anda.

2. Jangan Tergiur dengan Emas Batangan, Koin, atau Perhiasan yang “Murah Meriah”

Waspadai Peredaran Emas Palsu via beritadaerah.co.id

Waspadai Peredaran Emas Palsu via beritadaerah.co.id

Jika Anda menemukan seseorang menjual harga emas di bawah harga pasar dalam kuantitas yang banyak. Anda harus lebih hati-hati. Entah alasan butuh uang cepat dan seterusnya. Kami menyarankan agar Anda tidak gegabah dalam membeli emas apalagi dengan penjual yang baru saja Anda kenal.

Tidak ada istilah “aji mumpung”, maksudnya mumpung yang seperti ini: mumpung jualnya murah, mumpung orangnya lagi butuh duit, mumpung dapat emas banyak dengan harga murah, dan lain-lain.

Karena seandainya orang tersebut memang butuh uang. Dia bisa saja menjual emas tersebut ke bank atau pegadaian. Jadi waspadai jika seseorang menawarkan Anda emas perhiasan atau emas koin, atau emas batangan dengan harga murah. Apalagi emas-emas yang masih jomblo. 😛

3. Arisan Emas dengan Anggota yang Belum Anda Kenal Dekat

Waspada Arisan Emas yang Belum Anda Kenal Anggotanya via storitie.wordpress.com

Waspada Arisan Emas yang Belum Anda Kenal Anggotanya via storitie.wordpress.com

Jika Anda adalah penggemar arisan maka sudah tidak asing lagi dengan kata arisan emas ya? Di sini maksudnya bukan arisan yang dapetnya emas-emas loh! Hehe. 😀 Tapi beneran memang emas koin atau emas batangan dengan berat gram yang ditentukan sesuai kesepatan seluruh anggota yang ikut arisan emas.

Arisan emas sebenarnya adalah salah satu cara menabung emas juga. Menyambung artikel yang sebelumnya ditulis tentang Tips Menabung Emas untuk Pelajar, ada baiknya ketika Anda ingin memulai arisan emas. Anggota yang ikut arisan adalah orang-orang yang memang benar Anda kenal dekat. Bisa dari lingkungan tempat tinggal, tempat bekerja, memiliki ikatan keluarga, dan seterusnya.

Apabila memungkinkan membuat aturan main, sebelum arisan dimulai. Itu jauh lebih baik. Misalnya penunjukan toko tempat membeli emas untuk arisan, lalu aturan-aturan arisan pada umumnya, dan seterusnya. Sehingga meminimalisir peredaran penggunaan emas palsu yang merugikan anggota arisan tentunya.

Semoga tips tentang mewaspadai emas palsu ini bisa bermanfaat. Jika Anda memiliki informasi lebih mengenai emas palsu. Mohon kirimkan komentar Anda di bawah artikel ini.

Iklan