Cara Pakai WhatsApp Web untuk Pengguna Komputer

Apa itu WhatsApp web?  Bisa dibilang ini adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh tim pengembang WhatsApp untuk para penggunanya, agar chatting di WhatsApp tidak perlu dan harus menggunakan smartphone sepanjang waktu.

Kesibukan seperti aktivitas kantor atau kuliah terkadang membuat kita lebih sering menggunakan device seperti Laptop / komputer dibandingkan smartphone. Kalau di tempat kerja kebanyakan megang HP bisa dikira lagi ga sibuk / kerja malah.

Di satu sisi, komunikasi dengan orang luar juga paling banyak menggunakan whatsApp ketimbang aplikasi chatting lain semisal Facebook Messanger, Line, maupun Telegram.

Nah kamu bisa memanfaatkan whatsApp web ini agar tetap terhubung dengan teman, keluarga, maupun tim. Chatting dengan mereka tidak perlu lagi menggunakan smartphone, bisa melalui komputer / laptop.

In case, kalau smartphone kamu ketinggalan di rumah dan hanya membawa laptop. Kamu masih bisa terhubung dengan mereka di WhatsApp, melalui web whatsapp ini. Gimana caranya dan ada kah syarat sebelum menggunakan layanan ini?

Apa yang Dibutuhkan untuk Menggunakan Layanan Web WA ini?

Sebelum kita jauh membahas bagaimana cara menggunakan web WA ini. Ada beberapa hal yang kamu harus ketahui sebelum menggunakan layanan whatsApp web ini, seperti:

  1. Kamu memerlukan smartphone, baik itu android / iPhone yang sudah terinstal aplikasi whatsapp terlebih dahulu, dan terkoneksi dengan internet. Pastiin paket internet kamu aktif dan memiliki kuota ya.
  2. Laptop atau komputer yang kamu gunakan sudah terpasang browser terbaru, seperti Google Chrome.
  3. Koneksi internet dibutuhkan, baik smartphone kamu sendiri maupun laptop / komputer yang kamu gunakan. Jadi dua-duanya harus punya koneksi internet.
  4. Smartphone kamu juga harus memiliki fitur kamera, karena diperlukan saat memindari QR Code WhatsApp nantinya.
  5. Gunakan versi whatsapp terbaru, di smartphone kamu. Download whatsApp untuk Android dan iOS di sini gratis.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / Laptop

Fitur web wa ini bukan berarti menggantikan aplikasi whatsapp yang ada di smartphone ya. Website hanya menampilkan beberapa pesan terbaru yang ada di smartphone. Istilahnya hanya mirrong saja.

Karena faktanya ada beberapa hal yang tidak bisa kamu lakukan di whatsapp web ini seperti:

  1. Kamu tidak bisa mengirim pesan broadcast di WA
  2. Kamu juga tidak bisa menerima panggilan telepon suara maupun video call dari web WA.
  3. Update status, ganti wallpaper, dan share location juga tidak bisa
  4. Kamu hanya diperbolehkan mengakses web whatsapp di satu browser dengan waktu yang tidak bisa bersamaan.
  5. Semua file akan di download otomatis seperti gambar dan video, saat menggunakan web WA ini.

Sekarang saatnya menggunakan layanan web ini.

1. Langkah Pertama Menggunakan WhatsApp Web

Ketik di browser kamu alamat berikut ini web.whatsapp.com. Saat pertama kali akses akan ada gambar QR Code yang nantinya perlu kamu scan menggunakan aplikasi whatsApp yang ada di smartphone kamu.

2. Scan QR Code untuk Menggunakan WhatsApp Web

Kamu buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kamu, lalu pilih Menu > WhatsApp web untuk memulai memindai QR Code yang ada di halaman website.

3. Gunakan Kamera Smartphone untuk Scan QR Code

Kamu bisa menggunakan kamera di smarphone untuk memindai QR Code. Jika berhasil. Tampilan di website akan menampilkan seluruh percakapan whatsApp yang ada di smartphone kamu.

4. Bagaimana Cara Logout di Layanan Web WA ini?

Kamu bisa klik menu > logout pada web WA. Itu cara mudah yang pertama. Cara mudah berikutnya yaitu kamu bisa logout melalui smartphone dengan cara pilih menu > whatsapp web > pilih device yang harus di logout.

Nanti akan ada muncul pesan yang kurang lebih artinya seperti ini “Apakah anda akan logout dari device berikut ini?”, Ada opsi cancel dan Logout, tinggal pilih logout. Selesai.

5. Alternatif Web WA, Kamu bisa Menggunakan Aplikasi WA untuk Windows dan MacOS

Nah klo saat mengakses web WA ternyata kamu ada kendala. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi WA untuk komputer / laptop dengan sistem operasi Windows maupun MacOS, yang kamu bisa unduh pada halaman WhatsApp Download.

Tips Keamanan Saat Menggunakan Layanan Web WA ini

Pastikan kamu menggunakan layanan web wa pada komputer / laptop yang memang kamu sendiri gunakan. Bukan semisal, komputer warnet, perpustakan, ataupun komputer yang diakses oleh banyak orang.

Sering-seringlah untuk mengecek dengan device apa saja, whatsapp kamu pernah terhubung. Jika ragu, jangan sungkan untuk mengklik logout all device demi keamanan dan privasi akun whatsapp kamu.