Menggunakan wordpress 2Step Authentification kelihatannya menjadi pilihan yang bagus untuk saat ini guna melindungi akun wordpress Anda, yang password-nya dicuri atau tercuri oleh orang lain. Kita tidak akan berbicara banyak mengenai cara mencuri password-nya tetapi lebih bagaimana cara melindungi agar password akun yang tercuri password-nya tersebut tidak berarti apa-apa bagi mereka.

WordPress 2Step Authentification merupakan verifikasi menggunakan smartphone yang Anda miliki. Awalnya berasal dari layanan aplikasi Google Authenticator, lalu merambat kemana-mana dan salah satunya adalah wordpress. Artinya begini jika Anda biasanya login dengan menggunakan username dan password saja. Maka step berikutnya adalah memasukan kode yang tertera pada aplikasi Google Authenticator baru bisa login.

Permasalahan yang sering kali terjadi adalah ketika smartphone yang dimiliki error sehingga data-data aplikasi hilang, lalu ada juga karena nomor yang didaftarkan hilang seperti pada kasus provider 3 yang tidak bisa mengembalikan kartu yang sudah masa aktif dan masa tenggangnya. Mengapa nomor kita perlu didaftarkan? Yaitu tadi, karena apabila nomor rusak atau hilang, verifikasi bisa menggunakan SMS sebagai penggantinya atau bisa juga menggunakan backup code.

Sekarang bagaimana caranya kita menggunakan WordPress 2Step Authentification untuk mengamankan akun wordpress yang kita miliki?

1. Menggunakan Plugin Google Authenticator

Menggunakan Plugin Google Authenticator via wordpress.org

Menggunakan Plugin Google Authenticator via wordpress.org

Sebelum menggunakan plugin ini pada website Anda, jangan lupa untuk men-download aplikasi Google Authenticator pada playstore. Jika sudah men-download aplikasi dan menginstallkan pada smartphone Anda. Maka lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menggunakan tiga aplikasi berikut ini:

  1. Google Authenticator for WordPress
  2. iThemes Security Pro

2. Menggunakan Plugin Authy 2-Factor Authentication

Wordpress 2Step Authentification menggunakan Authy via pulsosocial.com

WordPress 2Step Authentification menggunakan Authy via pulsosocial.com

Kegunaan dari aplikasi ini sama dengan aplikasi Google Authenticator punya Google. Sebelum menggunakan 2Step Authentification pada wordpress, Anda perlu menginstall aplikasi Authy 2-Factor Authentication terlebih dahulu di smartphone Anda. Aplikasi untuk Android dapat di-download melalui playstore di sini. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini karena tampilannya lebih baik dari punya om Google. 😛

Setelah menginstall aplikasi ini pada smarphone maka tugas berikutnya adalah menginstal plugin pada wordpress. Berikut ini link untuk mendownload Authy sebagai wordpress 2step authentification. Oh ya Authy ini bisa disingkron ke desktop/laptop Anda dengan menggunakan aplikasi Google Chrome. Bagaimana jika smartphone saya hilang atau rusak? Anda bisa kok mensingkron data-datanya ke smartphone yang baru.

3. Menggunakan Clef  Sebagai WordPress 2Step Authentification

Menggunakan Clef sebagai WordPress 2Step Authentification via read.navize.com

Menggunakan Clef sebagai WordPress 2Step Authentification via read.navize.com

Jika Anda tidak mau repot-repot lagi memasukan username dan password kedalam kotak masuk wordpress, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Clef. Clef akan mengubah kotak masuk Anda menjadi seperti barcode. Tugas Anda hanya perlu men-scan barcode yang muncul dengan aplikasi Clef yang ada di smartphone Anda. Bagaimana cara melakukannya? Pertama, install aplikasi Clef pada smartphone Anda.

Jika sudah lakukan juga di instalasi wordpress Anda, instal plugin Clef pada wordpress Anda. Oh ya dengan aplikasi ini Anda juga bisa login dan logout secara remote melalui smartphone yang Anda miliki. Ketiganya aplikasinya gratis dan bisa Anda pakai cuma-cuma. Ditunggu komentar Anda. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat ya.:)