Yahoo Diretas, Ada Ancaman Khusus Bagi Akun Yahoo Mail Anda

Apakah Anda termasuk pengguna dari Yahoo? Belum lama ini perusahaan yang baru di akuisisi oleh Verizon memberitakan bahwa sebanyak 500 juta akun berhasil dicuri.

Saat ini hal yang bisa Anda lakukan adalah segera mengganti password akun yahoo Anda. Saya menyarankan agar Anda menggunakan password manager untuk membuat kata sandi yang kuat.

Kata sandi yang kuat umumnya tidak mudah dihapal. Panjang karakter kata sandi yang kuat berkisar antara 75 hingga 100, dengan kombinasi huruf, angka, dan berbagai simbol.

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur 2FA (2Step Authentication) sehingga meminimalisir si pencuri walaupun mendapat password yahoo Anda, ia tidak bisa langsung mengakses akun yahoo Anda karena ada otentikasi tambahan.

Belum lama yaitu kasus Dropbox yang berhasil diretas. Publik harus semakin selektif dalam memilih penyedia jasa dalam hal surat elektronik, penyimpanan komputer awan, dan layanan gratis lainnya.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur otentikasi tambahan 2FA pada akun Yahoo? Berikut ini adalah panduannya:

  1. Rubah password Anda pada Account Info > Account Security
  2. Pilih Change Password. Masukan password yang baru, konfirmasikan lagi, dan klik continue setelahnya.
  3. Beri centang pada Two-step verification.
  4. Masukan nomor handphone Anda dan verifikasi nomor tersebut.
  5. Jika berhasil maka 2FA Yahoo Anda telah aktif

Kasus yahoo diretas ini termasuk salah satu kasus yang terbesar di dunia. Karena yahoo adalah perusahaan besar penyedia jasa email yang sampai saat ini menawarkan 1 Terabytes (1000 GB) ruang penyimapan pada Yahoo Mail.

Rivalnya yaitu Mbah Google dengan layanan gratisnya untuk Google Mail hanya memberikan ruang penyimpanan pada e-mail sebesar 15GB. Jadi bisa dibayangkan perbedaan antara keduanya.

Kasus ini semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua, agar secara periodik tertentu mengganti password setiap akun e-mail. Ribet? Berarti Anda belum menggunakan layanan password manager.

Mohon sebarkan ke teman-teman Anda mengenai informasi ini melalui sosial media yang Anda miliki, baik itu melalui Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, Path, dan lainnya. Klik tombol share untuk membagikannya.