Semakin Tumbuh Bisnis Anda, Semakin Anda Membutuhkan Karyawan

Sebenarnya kapan si kita sudah boleh merektrut karyawan? Jawabannya sebenarnya Anda sendiri yang mengetahuinya. Artikel ini ada kaitannya dengan tulisan saya sebelumnya yang berjudul Mengenal Good dan Bad Problem.
Jika hari ini masalah yang Anda hadapi selama bisnis yaitu Good Problem, Anda bisa cek terlebih dahulu keuangan Anda apakah cukup untuk merekrut seorang karyawan dan menggaji mereka selama beberapa bulan kedepan.
Idealnya Anda memiliki kas untuk menggaji calon karyawan Anda adalah sebesar 6 bulan kedepan dari gaji mereka saat akan direkrut.
Karena biasanya masa recovery untuk bangkit kembali setelah mendapatkan bad problem itu antara 3 hingga 6 bulan.
Baca juga : 7 Alasan Kenapa Hampir Setiap Bisnis Pertama Itu Selalu Gagal
Selain itu juga, Anda perlu perhitungkan juga kira-kira ketika Anda merekrut seorang karyawan. Ia bisa dikategorikan ga sebagai aset perusahaan atau malah menjadi beban?
Contoh misalnya Anda mendapatkan banjir order dari para customer. Baik online, maupun offline Anda sudah tidak dapat lagi dapat handle karena yang order dari pagi hingga malam terus berdatangan dan banyak yang membeli produk Anda.
Seminggu si masih okey, karena Anda masih semangat dan semua terasa bisa di-handle sendirian. Namun beberapa bulan kemudian Anda malah drop dan jatuh sakit.
Alhasil kegiatan bisnis menjadi terganggu. Lantas jika Anda lakukan evaluasi dan hasilnya pendapatan dari usaha/bisnis Anda sudah cukup untuk menggaji karyawan dan sekiranya ia bisa menjadi aset yang berbaharga bagi usaha Anda.
Baca juga : Sebagai Entrepreneur atau Pedagang kah Saya?
Tinggal bismillah aja dan mulailah membuat kriteria dasar dari calon karyawan Anda. Soal ini saya akan bahas pada artikel berikutnya. So, jika Anda bertanya hari ini kepada diri Anda sendiri: “Yakin udah butuh karyawan?” Semoga dari artikel ini Anda sudah bisa menjawabnya sendiri.
Menurut anda apa indikator terbaik jika usaha/bisnis yang anda lakukan ternyata sudah butuh tim atau orang baru? Yuk diskusikan hal ini dan kirimkan komentar anda di bawah artikel ini, ditunggu ya!