Yoast SEO Plugin untuk SEO WordPress, hari ini saya akan menulis pengalaman saya menggunakan plugin Yoast SEO untuk SEO WordPress. Sebelumnya saya pernah mencoba All in One SEO Pack untuk SEO WordPress yang saya pakai. Namun hari ini saya sudah beralih menggunakan Yoast SEO Plugin untuk SEO WordPress yang saya pakai.

Tertarik mencoba menggunakan All in One SEO Pack untuk SEO WordPress sebelumnya karena total download dari plugin yang sudah mencapai satu juta lebih orang pernah melakukan instalasi plugin tersebut. Karena ketenarannya membuat saya tertarik menggunakan plugin All in One SEO Pack. Namun kali ini saya migrasi menggunakan Yoast SEO Plugin untuk SEO WordPress.

Tentunya ada alasan mengapa saya lebih menyukai menggunakan Yoast SEO Plugin dibandingkan All in One SEO Pack untuk SEO WordPress yang saya pakai. Berikut ini ada tiga alasan mengapa saya lebih memilih Yoast SEO Plugin dibandingkan All in One SEO Pack berdasarkan pengalaman saya. Jika Anda punya pengalaman yang berbeda silahkan sampaikan pengalaman Anda di kotak komentar di bawah artikel ini ya. 🙂

1. Indikator yang Menarik tentang Kualitas SEO Anda

Yoast Memiliki Indikator Kualitas SEO via socialmediatoday.com

Yoast Memiliki Indikator Kualitas SEO via socialmediatoday.com

Jika Anda sudah memasang Yoast SEO Plugin untuk SEO WordPress yang Anda miliki, nanti pada halaman posts ketika Add New, lalu pada bagian atas tombol Publish ada indikator berwarna abu-abu, merah, kuning, dan hijau. Indikator tersebut menandakan kualitas dari artikel Anda apakah sudah memenuhi standar SEO atau belum. Berwarna abu-abu yang berarti Anda belum mengeset apapun pada WordPress SEO by Yoast.

Sedangkan berwarna merah yang artinya banyak PR yang harus Anda benahi dari artikel yang akan Anda publish, kuning berarti ada sedikit hal yang perlu Anda sempurnakan, dan hijau artinya kualitas dari artikel Anda sudah baik. Anda dapat melihat rekomendasi apa-apa saja yang perlu Anda perbaiki atau disempurnakan untuk posts yang akan dipublish melalui tab Page Analysis pada WordPress SEO by Yoast. Sayangnya fitur ini tidak terdapat pada All in One SEO Pack.

 2. Verifikasi data yang lebih mudah untuk Alexa, Bing, Google, dan Yandex

Verifikasi untuk webmaster tools menjadi lebih mudah via rafichowdhury.com

Verifikasi untuk webmaster tools menjadi lebih mudah via rafichowdhury.com

Jika Anda menggunakan tool webmaster di atas, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk verifikasi data satu per satu. Pada bagian General Setting di Yoast WordPress SEO. Anda cukup memasukan informasi verifikasi di sana. Lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan Anda harus memverifikasinya satu per satu dan memakan banyak waktu untuk melakukan itu. Kalau tidak salah fitur All in One SEO Pack tidak memilikinya.

Jika Anda memiliki akun social media, agar lebih mudah terindex di search engine. Anda juga bisa memasukan informasi profil Anda di Yoast SEO Plugin bpada bagian Social – WordPress SEO by Yoast. Sosial media mulai dari Fanspage Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Myspace, Pinterest, Youtube, dan Google Plus. Bagi Anda yang tertarik membuat viral content jangan lewatkan fitur dari Yoast SEO Plugin ini.

 3. Anda tidak perlu menginstall Google XML Sitemaps

Anda tidak perlu menggunakan plugin Google XML Sitemaps via pkseoservices.com

Anda tidak perlu menggunakan plugin Google XML Sitemaps via pkseoservices.com

Dahulu saya masih memerlukan plugin Google XML Sitemaps dan All in One SEO Pack. Sekarang ini saya menggunakan Yoast SEO dan saya sudah uninstal plugin Google XML Sitemaps. Karena fitur yang ada pada Google XML Sitemaps sudah ada pada Yoast SEO. Jika Anda melakukan perbandingan antara review satu dengan yang lain. Maka pastikan juga kebutuhan Anda sesuai dengan hasil perbandingan review yang ada di dunia maya.

Menurut saya penggunaan All in One SEO Pack lebih simpel dan sederhana karena tidak ada indikator apapun di sana. Namun, menggunakan Yoast SEO akan menjadi lebih menarik ketika Anda bisa melakukan riset keyword dan memasukan kata-kata ajaib kedalamnya. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, tetapi untuk saya pribadi saya lebih suka menggunakan Yoast SEO. Bagaimana dengan Anda? 🙂